Dibalik Miringnya Menara Pisa
12-04-2019
HIS Travel
Dibalik Miringnya Menara Pisa
People & Culture
Sebarkan Artikel

Ketika banyak gedung-gedung pencakar langit dunia yang telah berdiri tegak sejak akhir abad ke-19 di kota-kota seperti Philadelphia dan Chicago, Amerika Serikat, Menara Pisa di Italia sudah berdiri dan dalam posisi miring sejak abad ke-12. 


Jika kita flashback kembali, asal usul kemiringan Menara Pisa ini berawal pada Agustus tahun 1173, dimana saat itu pembangunan sebuah menara lonceng di Kota Pisa dimulai. Namun lima tahun kemudian, bangunan menara lonceng yang belum selesai ini mulai menunjukkan kemiringan, Travel Mates. Akhirnya mulai saat itu juga proses pembangunan segera dihentikan. Di tahun 1178 pembangunan mulai dilanjutan untuk menyelesaikan sampai tingkat tiba. Namun tiba-tiba dihentikan kembali karena kali ini menara sudah semakin miring ke selatan. Hal ini karena pondasi dari Menara Pisa mengalami amblas sampai 3 meter. Usul punya usul, hal ini disebabkan oleh lapisan tanah lokasi untuk pembangunan Menara Pisa yang lunak, ditambah lagi bahan dasar pembuatan menara memiliki bobot yang berat. Akhirnya sejak saat itu Menara Pisa yang direncakan berdiri lurus, bentuknya menjadi miring seperti yang Travel Mates seperti sekarang ini.


Namun dibalik miringnya Menara Pisa, banyak cerita dan keindahan yang harus Travel Mates ketahui. Lebih dari 800 tahun berlalu dan menjadi saksi bisu banyak peristiwa bersejarah di Italia, Menara Pisa masih gagah dengan kemiringannya. Walaupun Italia terletak di beberapa garis patahan lempeng bumi, sepanjang delapan abad, Menara Pisa masih kokoh. Dan faktanya tidak satu pun gempa bumi, termasuk empat yang terbesar sejak 1280, berhasil meruntuhkan menara lonceng yang memiliki tinggi 58 meter ini.


Kombinasi yang unik antara kelembekan tanah, kemiringan, dan bahan bangunan, membuat karakteristik Menara Pisa termodifikasi sedemikian rupa sehingga menara tersebut tidak beresonansi dengan gerakan tanah ketika gempa. Dari kombinasi unik tersebut, saat ini hanya Menara Pisa yang berhasil mendapatkan rekor dunia sebagai bangunan yang paling kuat dalam efek DSSI (Dynamic Soil-Structure Interaction).
Bahkan tahu kah Travel Mates, Menara Pisa juga dikatakan oleh para ahli masih bisa bertahan sampai 200 tahun lagi. Padahal kemiringan Menara Pisa pernah mencapai kemiringan 5,5 derajat. Yang dimana dalam prediksi para peneliti Roma seharusnya Menara Pisa runtuh ketika menyentuh sudut kemiringan 5,44 derajat.
Kembali lagi ke Kota Pisa. Selain terkenal dengan Menara Loncengnya yang miring, kota ini mulanya adalah daerah pelabuhan yang kecil namun sangat penting, lho. Karena dulunya Kota Pisa ini ingin menunjukkan betapa pentingnya Kota Pisa kepada dunia. 


Mungkin Travel Mates juga bertanya-tanya, ada apa saja isi dalam bangunan Menara Pisa ini?


Dasar Lantai Menara Pisa
Di dasar lantai Menara Pisa terdapat makam Bonaso Pisano, yang karya seni perunggunya menghiasi bagian dalam Katedral Pisa. Makam Pisano sendiri baru ditemukan pada tahun 1820. 

Empat Buah Lonceng
Lalu ada empat buah lonceng pernah dipasang di pucuk menara. Berat lonceng yang terbesar mencapai 3.600 kilogram, lho. Namun pada akhirnya di awal abad ke-20, lonceng yang paling berat tersebut diturunkan guna menghindari kerusakan pada bangunan.

Bobot Menara Pisa
Sebanyak 294 anak tangga dari kaki bangunan sampai pucuk menara. Menara Pisa sendiri diperkirakan memiliki bobot 14.500 ton dengan tinggi awalnya 60 meter sebelum akhirnya dipangkas.

Pemugaran
Untuk menjaga dan memperindah bangunan Menara Pisa, pada taun 1990 sampai 2001 pemerintah setempat melakukan pemugaran. Pemugaran ini sengaja dilakukan agar bangunan tetap terjaga, dan terawat. Bahkan pemerintah setempat memangkas tinggi menara sebanyak 2 meter agar tidak ambruk.

Pengamatan Para Ilmuwan
Tahukah Travel Mates, jika Menara Pisa ditegakkan, para peneliti mengatakan bagian-bagian dalam menara tetap akan melengkung. Hal ini karena akibat terlalu banyak koreksi yang dilakukan sejak pembangunannya 823 tahun yang lampau.
Itu dia beberapa fakta dibalik miringnya Menara Pisa. Walaupun Menara Pisa tidak sesuai dengan rencana awal, yaitu dibangun secara vertikal. Namun pada akhirnya konstruksi miring ini menjadi semakin indah dengan kemiringannya. Dan menjadi daya tarik minat Travel Mates juga untuk mengunjunginya juga, bukan?

Sebarkan Artikel