Penasaran Dengan Makanan Kesukaan Doraemon, Dorayaki?
06-11-2015
HIS Travel
Penasaran Dengan Makanan Kesukaan Doraemon, Dorayaki?
Food
Sebarkan Artikel

Untuk para pecinta anime di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan kue kesukaan Doraemon yang namanya Dorayaki (どらやき, ドラ焼き). Kalau melihat Doraemon yang memakan Dorayaki dengan lahapnya, tanpa sadar kamu juga ingin ikut mencobanya, kan? Dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang. dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi) yang bentuknya bundar dan sedikit tembam.

Image source : http://fl201211.blogspot.co.id/

Dorayaki terdiri dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah, mirip seperti Taiyaki (cek di sini https://his-travel.co.id/blog/article/detail/mencoba-camilan-berbentuk-ikan-taiyaki). Tetapi selain dari bentuknya, Dorayaki juga berbeda dengan Taiyaki dari segi teksturnya. Tekstur dorayaki yang lembut mirip dengan kue Jepang yang disebut Kastela karena adonannya mengandung madu.

Di Indonesia sendiri, panganan ini mulai diperkenalkan bersamaan dengan adanya anime Doraemon. Tokoh robot kucing dengan berbagai alat canggih yang sangat menyukai kue Dorayaki. Dorayaki juga dikenal dengan sebutan Obanyaki.

Di Jepang, Obanyaki memiliki bentuk yang hampir sama dengan Dorayaki, tetapi bentuknya lebih tebal dibandingkan dengan Dorayaki. Obanyaki juga biasanya dipanggang di depan pembeli dan dijual secara langsung, sedangkan Dorayaki sudah dipanggang sebelumnya baru dijual ke dalam bentuk yang sudah dikemas.

Pada awal pembuatannya, Dorayaki hanya terdiri dari satu lembar kue bundar dengan pinggiran yang dilipat sedikit sehingga berbentuk segi empat, namun sekarang berubah menjadi dua lembar dan berbentuk bundar. Pada tahun 1914, Dorayaki diperkenalkan oleh perusahaan kue Usagiya dan menjadi panganan yang populer di seluruh Jepang.

Bahan yang digunakan biasanya terdiri atas tepung terigu, baking powder, gula pasir, madu, telur ayam, susu dan air. Selain isi selai kacang merah, Dorayaki saat ini sudah dibuat dengan berbagai varian isi yang rasanya tidak kalah lezatnya. Ada isi teh hijau (green tea), cokelat, selai kacang, keju, stroberi, srikaya, dan lainnya.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Sebarkan Artikel