Yuk, Ketahui 6 Fakta Tentang Kota Izmir Sebelum Berwisata Ke Turki!
18-09-2018
HIS Travel
Yuk, Ketahui 6 Fakta Tentang Kota Izmir Sebelum Berwisata Ke Turki!
People & Culture
Sebarkan Artikel

Liburan ke kawasan Euroasia selalu membawa kesan tersendiri. Rupanya Turki yang berada di kawan euroasia pun turut masuk ke dalam daftar negara destinasi wisata pilihan orang Indonesia. Tetapi, kota wisata di Turki tak melulu soal Istanbul, Antayla dan Konya. Ada satu kota yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Izmir.

Izmir adalah kota yang memiliki beragam pesona. Kota yang terletak di bagian paling barat Turki ini juga merupakan ibu kota dari Provinsi Izmir. Memiliki julukan sebagai “The Pearl of Aegean” pastinya membuat Izmir meyimpan banyak fakta. Jadi, apa saja fakta tentang kota Izmir? Penasaran? Yuk simak terus 6 fakta tentang kota Izmir yang telah H.I.S Travel rangkum khusus untuk Anda!

 

1. Fakta Tentang Kota Izmir Yang Pertama, Kota Besar Yang Metropolitan


Image source : https://www.flickr.com/photos/fengwei888/37157307415/in/photostream/

Sebagai salah satu kota besar, tak heran bila Izmir pun menjadi kota metropolitan. Kota terbesar dan terpadat ketiga di Turki ini ternyata cukup banyak dihuni oleh orang asing alias pendatang lho! Populasi orang asing yang lumayan banyak juga turut mempengaruhi gaya komunikasi masyarakat Izmir.

Bila Anda baru pertama kali ke Izmir dan belum lancar berbahasa Turki, jangan merasa khawatir. Sebab, populasi orang asing yang cukup banyak memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa inggris.

Selain itu, ada pula restoran asing, seperti restoran China yang menawarkan masakan-masakan khas asia yang bisa mengobati kerinduan Anda.

 

2. Fakta Tentang Kota Izmir Yang Kedua, Moda Transportasi Yang Cukup Lengkap


Image source : https://www.flickr.com/photos/30389998@N03/41435339322/

Populasi Izmir yang hampir mencapai 2.848 juta jiwa sepertinya menjadi bekal bagi pemerintah Turki untuk menyiapkan moda transportasi yang lengkap. Hampir semua moda transportasi tersedia di Izmir, mulai dari bus kota (eshot), kereta bawah tanah (metro), kereta untuk perjalanan jarak jauh (izban), dan transportasi laut (vapor).

Tak hanya modanya yang lengkap, tetapi tariff yang dikenakan juga sangat murah! Bagi masyarakat umum, tariff yang dikenakan hanya sebesar 2,60 TRY (sekitar Rp 6.200.,-) untuk sekali  perjalanan. Sedangkan untuk untuk mahasiswa, traiffnya lebih murah lagi, yakni 1,50 TRY (sekitar Rp 3.600,-).

Kabar baiknya lagi, penumpang diberikan kesempatan untuk transit secara gratis dalam waktu 90 menit! Pasalnya, semua moda transportasi yang ada sudah saling terintegrasi satu sama lain menggunakan sebuah kartu yang digunakan untuk tap saat hendak naik kendaraan.

 

3. Fakta Tentang Kota Izmir Yang Ke Tiga, Kota Eksotis Yang Sarat Akan Sejarah


Image source : https://www.flickr.com/photos/126250149@N08/19527701905/

Izmir dahulunya bernama Smyrna. Sebelum berganti menjadi Izmir, Smyrna pernah menjadi bagian dari Yunani dan Romawi kuno.  Ikon sejarah di Izmir sendiri adalah Ephesus, sebuah kota tua dari abad romawi kuno.

Sebagai salah satu situs sejarah penting di Turki, Ephesus sampai mampu menarik minat wisatwan dengan sebesar 1,5 juta orang per tahunnya. Di Izmir Anda dapat pula mengunjungi bukti-bukti sejarah dari masa lalu. Seperti halnya masa yunani kuno, romawi kuno, selcuk dan bahkan masa dinasti ottoman.

Beberapa destinasi di Izmir akan memudahkan kita untuk mengetahui sejarah dari masa lalu. Banyaknya reruntuhan bangunan dan peninggalan yang kini menjadi sejarah, menjadikan Izmir sebagai kota tua yang eksotis.

 

4. Fakta Tentang Kota Izmir Yang Ke Empat, Pesona Pantai Yang Tak Terlupakan


Image source : http://picssr.com/photos/ibrahimsusan/interesting?nsid=76288822@N04/

Letaknya yang langsung berbatasan dengan Laut Aegea membuat Izmir dikenal sebagai kota pantai. Keindahan pesona pantai di kawasan ini tidak perlu diragukan lagi, seperti halnya pantai Ilica Halk Plaji yang berada di daerah Cesme. Bahkan pantai Ilica Halk Plaji harus masuk ke daftar wajib yang Anda kunjungi setibanya di Izmir.

Sejuknya hembusan angina laut, jernihnya air serta pasirnya yang putih membuat pantai ini cocok sekali untuk berjalan-jalan, bermain air atau sekadar berfoto ria. Meskipun pantai Ilica tergolong dalam pantai umum, kebersihan pantai ini masih sangat terjaga. Lokasinya pun cukup dekat dari pusat kota, yakni hanya diperlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam saja.

 

5. Fakta Tentang Kota Izmir Yang Ke Lima, Beberapa Universitas Terbaik di Turki Bermarkas di Izmir!


Image source : http://erasmus-turkiye.blogspot.com/

Bukan hal asing lagi jika turgi menjadi tujuan banyak pelajar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Letaknya yang strategis dan standar pendidikan yang tinggi membuat Turki menjadi pilihan tempat untuk belajar. Sudah tahukah Anda bila Izmir menjadi markas beberapa universitas terbaik di Turki?

Pilihan universitas terbaik di Izmir banyak sekali jumlahnya, mulai dari universitas negeri sampai swasta. Di Izmir sendiri ada beberapa universitas yang masuk ke dalam rangking Top 100 Univeristy of Turkey, antara lain Ege Universitesi, Izmir Yuksek Teknoloji Enstitusu (IYTE) dan lain-lain. Jadi, sambil liburan ke lokasi wisata Anda juga bisa mampir ke universitas-universitas yang ada di sini, baik untuk mencari informasi pendidikan atau sekadar jalan-jalan kan?

 

6. Fakta Tentang Kota Izmir Yang Terakhir, Yakni Kota Paling Sekuler di Turki


Image source : https://www.flickr.com/photos/aktugan/4965768782/

Sejauh ini kita mengetahui Turki sebagai negara dengan nuansa religius yang kental. Mayoritas penduduknya yang beragama islam, membuat Turki sebagai salah satu destinasi wisata rohani yang patut dikunjungi. Maka tak heran bila banyak sekali ikon-ikon religi yang menjadi daya tarik, misalnya Sultan Ahmet Blue Mosque.

Tapi, tahukan Anda? Ternyata di Izmir sebagian besar masyarakatnya menganut sekulerisme. Sekulerisme sendiri merupakan paham yang memisahkan kehidupan duniawi dan kehidupan akhirat. Hal ini membuat hal-hal tentang religius bukan menjadi sesuatu yang dapat ditawarkan oleh Izmir. Meskipun begitu, tentunya hal ini dapat membuat Anda memilah dengan bijak hal-hal yang baik selama berada di negeri orang.

 

Nah, kini Anda sudah mengetahui 6 fakta menarik kota Izmir. Tentunya fakta-fakta yang ada dapat menjadi pertimbangan Anda untuk melancong ke Izmir. Semoga liburan Anda menyenangkan, dan sampai jumpa lagi di artikel H.I.S Travel yang selanjutnya!

Top image source : https://www.flickr.com/photos/fengwei888/37157307415/in/photostream/

Sebarkan Artikel