7 Fakta Unik Cappadocia Turki, Yang Indahnya Istimewa
16-09-2018
HIS Travel
7 Fakta Unik Cappadocia Turki, Yang Indahnya Istimewa
People & Culture
Sebarkan Artikel

Berwisata ke Eropa adalah salah satu impian warga dunia. Banyak sekali objek wisata yang dapat dijelajahi di Eropa, terlebih setelah Turki yang secara hukum politik mengajukan diri untuk bergabung ke lingkaran teritori benua biru itu. Meskipun memiliki letak geografis yang separuh negrinya sempat tergolong ke benua Asia, ternyata terdapat tempat seperti Cappadocia yang akan kami bahas di artikel tentang 7 fakta unik Cappadocia berikut ini.

Penasaran dengan fakta unik Cappadocia Turki? Simak terus artikel dari tim H.I.S Travel yuk! Simak hingga tuntas ya Travel mates! Selamat menyimak!

 

1. Dataran Unik Cappadocia Yang Awal Mulanya Terbentuk Oleh Erosi


Image source : https://www.flickr.com/photos/31764269@N00/3402607638/

Menurut penduduk setempat, daratan Cappadocia tercipta karena adanya erosi bebatuan vulkanik yang berasal dari endapan abu tebal yang menjadi batuan tuff. Sifat batuan tuff ini sendiri cukup lembut. Bahkan, penduduk setempat memanfaatkan sebagian bongkahan nya untuk dipahat dan dijadikan tempat tinggal dan tempat persembunyian di masa lalu. Keren ya fakta unik Cappadocia yang satu ini?

Sementara itu, bongkahan-bongkahan besar yang tergeletak begitu saja di alam selama puluhan ribu tahun juga terkikis secara perlahan oleh angin dan air. Beberapa diantaranya ada yang menjelma ke dalam sebentuk jamur yang disebut sebagai “fairy chimneys”, dan sebagian lain menjadi debu dan tercampur dengan tanah.

 

2. Luas Wilayahnya Yang Mencakup Hingga 3 Provinsi di Anatolia Tengah Turki


Image source : https://www.flickr.com/photos/theuncommontravelers/32989151706/

Meskipun terbentuk oleh erosi batuan debu vulkanik, nyatanya nama Cappadocia sendiri diambil dari kata Persian kuno Katpaktukya yang memiliki makna Kuda yang indah. Dan cakupan wilayahnya sendiri meliputi sekitar 5.000 Kilometer persegi yang membentang di wilayah Keyseri, Nevshir dan Nigde, yang tidak lain dan tidak bukan merupakan jantung dari negara Turki.

Fakta unik Cappadocia yang satu ini tidak dapat ditemukan di wilayah Turki yang lain. Oleh karenanya tak heran, bila tempat ini cukup populer di kalangan wisatawan.

 

3. Terdapat Kota Bawah Tanah Yang Bersejarah


Image source : https://www.flickr.com/photos/rogerrocket49/4758824011/

Sejak dulu, kota ini sudah dipadati oleh penduduk asli Turki. Mungkin karena itulah pemerintah setempat sampai membuat camp pengungsian bawah tanah untuk menjaga keselamatan penduduk saat dalam kondisi perang.

Fakta unik Cappadocia ini bukan sekedar isapan jempol semata. Disini terdapat pemukiman bawah tanah Ozkonak yang berbeda dari kota bawah tanah lain karena memiliki beberapa fitur pertahanan yang cukup mumpuni.

 

4. Meskipun Berlahan Tandus, Namun Nampak Cantik Dan Tetap Dapat Ditanami


Image source : https://www.flickr.com/photos/39997856@N03/16196367951/

Bila Anda mencintai dunia fotografi, Anda mungkin akan tertarik untuk mampir ke daerah ini. Disini terdapat banyak spot ciamik yang menanti, meskipun tanah dan lahan nya memiliki sifat yang agak tandus.

Tempat yang berpasir memang membuat siapapun akan kesulitan untuk bercocok tanam. Namun, para pemuda setempat secara turun temurun menggali lubang burung merpati diatas susunan batu, dan memanfaatkan kotoran nya guna dijadikan media tanam ditengah cuaca Cappadocia yang memang lumayan panas dan kering.

 

5. Memiliki Jadwal Penerbangan Yang Cukup Banyak


Image source : https://www.flickr.com/photos/abecon/5997535381/

Ingin berlibur ke daerah ini? Jangan khawatir! Jadwal penerbangan ke kota ini bisa dibilang hampir selalu tersedia kok! Bahkan, di musim liburan, dari kota Istanbul saja sampai terselenggara 3 jadwal penerbangan dalam sehari. Cukup ramai bukan?

Maskapai penerbangan yang melayani juga cukup berkualitas. Tak tanggung-tanggung, maskapai Turkish Airlines turut singgah di wilayah ini guna memenuhi kebutuhan para wisatawan baik lokal ataupun domestik. Fakta unik Cappadocia ini memang memudahkan siapa saja untuk berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini.

6. Masih Berdirinya Gereja Buckle Yang Bersejarah


Image source : https://www.flickr.com/photos/thereshegoesagain/3716234824/

Sedari era peperangan masih berkecamuk, daerah Cappadocia ini sering dijadikan sebagai tempat pelarian umat kristiani yang melarikan diri dari serangan bangsa Arab dan memberi nama kota Goreme yang bila diterjemahkan memiliki artian “Anda tidak dapat melihat disni”.

Sejak saat itu pula, pembangunan gereja Tokali Kilise yang juga sering disebut sebagai Gereja Buckle didirikan dan dijadikan sebagai pusat perlindungan utama aktivitas kebiaraan di Buzantine Cappadocia.

Hingga kini gereja yang bersejarah ini masih kokoh berdiri di Cappadocia. Bahkan, gambar mural di gereja tersebut juga masih terlihat dalam kondisi bagus sejak pembuatan nya di era zaman pertengahan awal.

 

7. Memiliki Objek Wisata Hot Air Balloon


Image source : https://www.flickr.com/photos/paapoopa/4384420137/

Ingin mendapatkan pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke Turki? Kalau begitu, Anda harus mencoba objek wisata yang satu ini! Betapa tidak? Dengan hot balloon, Anda dapat melihat lokasi ini dari ketinggian yang memungkinkan Anda untuk melihat pemandangan wilayah Cappadocia dari sudut yang lebih baik.

Jangan hanya sekedar melihatnya dengan mata kepala saja ya! Anda juga harus mengabadikan momen keren ini agar dapat menjadi bahan kenang-kenangan saat sudah kembali ke Indonesia nanti!

Oleh karenanya, kami amat menyarankan kepada Anda untuk membawa kamera yang memiliki besaran resolusi yang mumpuni. Bilapun ada, lensa tele dan wide juga boleh untuk Anda bawa ke atas balon udara besar nanti!

Namun, selain kamera, Anda juga harus mempersiapkan uang tambahan ya! Berdasarkan catatan kami, biaya untuk menikmati wahana wisata ini berkisar pada angka tariff 200 USD. Meskipun begitu, ada travelers yang bilang kalau tarif segitu sebenarnya dapat ditawar kok! Jadi, tak perlu khawatir!

Meskipun memerlukan biaya yang tidak sedikit, berwisata ke Turki pasti akan meninggalkan kesan yang berbeda dari negri yang lain nya. Saat berwisata ke Turki nanti, jangan lupa untuk mengajak teman, pasangan, dan keluarga Anda ya! Bersama mereka, liburan Anda pasti akan terasa lebih menyenangkan!

 

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang 7 fakta unik Cappadocia Turki yang indahnya istimewa. Semoga artikel fakta unik Cappadocia ini dapat memberikan gambaran lebih jelas saat hendak merancanakan liburan ke Turki bersama H.I.S Travel di moment liburan Anda kali ini ya! Terimakasih telah menyimak, sampai jumpa lagi!

Top image source : https://www.flickr.com/photos/paapoopa/4384420137/

Sebarkan Artikel