8 Fakta Unik Paris Yang Harus Kamu Tau
12-11-2018
HIS Travel
8 Fakta Unik Paris Yang Harus Kamu Tau
City Travel
Sebarkan Artikel

Berwisata ke Paris adalah mimpi dari setiap wisatawan yang mengetahui tentang pesona kota Paris yang begitu romantis. Kamu yang mengaku sebagai Traveler sejati, pasti tau kan tentang pesona ibukota Prancis yang terkenal itu? Bila tau, apa kamu yakin sudah mengetahui tentang 8 fakta unik Paris berikut ini?

Ingin tau apa saja fakta uniknya? Simak terus yuk artikel singkat tentang fakta unik Paris yang harus kamu tau dari tim H.I.S Travel Indonesia berikut ini! Selamat menyimak ya Travel Mates! 

 

1. Paris Tak Hanya Dibelah Oleh Sungai Seine

image source : https://www.flickr.com/photos/37149125@N04/41576757405/

Fakta unik Paris yang pertama adalah, kota ini tidak hanya dilalui oleh sungai Seine. Tidak percaya? Tengok saja sejarah panjang yang dimiliki oleh kota ini. Dulunya, ada sungai kecil yang bernama LaBievre yang juga sempat membelah kota ini seperti halnya sungai Seine.

Meskipun sempat mengalir secara alami, sungai ini kemudian terpaksa ditutup pada tahun 1912 seiring dengan tingkat pencemaran nya yang parah. Meskipun begitu, sebenarnya La Bievre ini masih melewati terowongan bawah tanah Paris loh! Hanya saja, tentu tak akan seindah zaman dahulu.

 

2. Fakta Unik Paris Yang Menyebutkan Bahwa Dulu Hanya Ada Sekitar 12 Distrik Di Kota Ini Merupakan Sebuah Fakta

image source : https://www.flickr.com/photos/125270717@N05/14435856480/

Pernah mendengar rumor soal masalalu kota Paris yang awalnya hanya terdiri dari 12 distrik saja? Bila pernah, kamu beruntung karena rumor tersebut adalah fakta yang menjadi bagian dari sejarah. Ke 12 distrik tersebut memang benar-benar ada hingga tahun 1759.

Seiring dengan berjalannya waktu, wajah kota ini terus mengalami perubahan. Hingga kini, diketahui terdapat 20 distrik yang dibangun secara terkonsep dengan bentuk meliuk bagaikan sebuah spiral. Pembagian distrik ini sendiri sudah disesuaikan dengan pengaturan yang dibuat pada tahun 1859 loh!

 

3. Tugu Bastille Bukan Memperingati Bastille, Fakta Unik Paris Yang Harus Kamu Paham

image source : https://www.flickr.com/photos/76146175@N00/3497423683/

Di Paris, mungkin Travel Mates sempat melewati Tugu Bastille di Place de la Bastille yang ketinggiannya mencapai 47 meter. Meskipun penampilannya terbilang cukup monumental, tugu ini tidak dibangun untuk memperingati revolusi Perancis loh!

Melainkan, untuk memperingati Revolusi Juli tahun 1830 yang juga disebut sebagai Tiga Hari Kemenangan. Saat itu terjadi pergolakan besar di Perancis. Buah dari pergolakan ini adalah keberhasilan dalam menggulingkan Raja Charles X.

Dulunya, lokasi tugu ini berdiri adalah bekas kuburan masal 800 korban perang yang berlangsung antara 1830 hingga 1848. Oleh karenanya, kamu pasti masih bisa menjumpai ukiran nama-nama korban perang tersebut di tugu Bastille saat berkunjung kesini secara langsung.

 

4. Ada Lebih Dari Satu Arc de Triomphe

image source : https://www.flickr.com/photos/132920569@N02/27231215709/

Dalam Bahasa setempat, Arch memiliki arti semacam gapura. Disana, gapura ini dijadikan sebagai sebentuk symbol untuk memperingati kemenangan. Sebagai raja yang berkuasa saat itu, Raja Louis XIV yang membangun Istana Versailes membangun beberapa Arc di kota Paris.

Selain Arc de Triomphe, masih ada 1 Arc yang dinamakan Arc du Carrousel di pelataran utama Louvre serta Arc di Porte Saint-Denis. Selain itu, di kawasan kota tua Paris juga berdiri di kawasan Saint Martin. Sekedar informasi, dua arch terakhir dibangun untuk memperingati kemenangan perang dengan negri Spanyol.

 

5. Ada Tiga Patung Liberty!

image source : https://www.flickr.com/photos/43347365@N06/43952961685/

Pernah pergi ke Amerika dan melihat patung liberty yang ada disana? Kalau begitu, mungkin kamu juga harus mampir ke Paris. Karena Fakta unik Paris yang harus kamu tau selanjutnya adalah, terdapat tiga patung Liberty yang berdiri di kota ini.

Ingin tau lokasinya? Mampir saja ke Luxembourg Gardens! Selain itu, ada lagi versi tiruan yang terbuat dari kuningan yang diletakan didepan Arts and Metiers. Dan untuk yang terakhir, dapat kamu jumpai saat berlayar di sepanjang Seine, di ujung Ile de Cygne yang tak jauh dari Menara Eiffel. Untuk yang terakhir, ukurannya memang agak sedikit mini. Namun patung tersebut dirancanng oleh seniman keturunan Italia-Prancis bernama Auguste Bartholdi yang cukup tersohor.

Bila sedang berada di sekitar patung liberty tersebut, jangan lupa untuk berfoto ya! Pasti hasilnya keren!

 

6. Mountmarte Ternyata Berlubang

image source : https://propertylistings.ft.com/

Fakta unik Paris yang selanjutnya mungkin agak mencengangkan bagi sebagian orang. Sebab, ternyata Mountmarte yang merupakan tempat sumber pengambilan batu dimasa lalu memiliki lubang! Setelah ditelusuri secara lebih lanjut, ternyata lubang-lubang tersebut memang merupakan sisa-sisa pekerjaan manusia di zaman romawi kuno dahulu.

Hal ini sebenarnya cukup mudah untuk dipahami. Sebab, dimasa lalu mereka membutuhkan banyak material untuk membangun pilar setinggi 32 meter agar mencegah keruntuhan gereja Sacre Ceour Basilica yang kawasan sekitarnya sering tergenang banjir.

 

7. Menyapa Bonjour Adalah Tatakrama Paling Wajib

image source : https://www.flickr.com/photos/cus73/348228973/

Menyapa bagi sebagian orang mungkin hanya terdengar seperti basa basi saja. Namun di Perancis, menyapa merupakan salah satu hal penting yang ada di dalam kamus tatakrama. Oleh karenanya, sering-seringlah menyapa dengan menggunakan kata “bonjour” saat bertemu dengan orang baru dimana saja ya Travel Mates! Entah itu di toko, bakery, restoran, pasar, bahkan lift sekalipun, tak ada salahnya kok untuk menjadi turis yang ramah!

 

8. Roti Dan Keju Wajib Dihidangkan Setiap Hari

image source : https://www.flickr.com/photos/20436314@N02/3251873929/

Berbeda dengan orang Indonesia, makanan pokok warga Prancis kebanyakan adalah roti dan keju. Oleh karenanya, tak begitu mengherankan bila toko roti dapat kamu temukan dengan mudahnya disini. Terhitung, setidaknya ada sekitar 1.200an toko roti loh yang berjualan di kota ini!

Untuk keju, biasanya dihidangkan sebagai pengganti hidangan penutup, atau bumbu tambahan yang memperkaya citarasa makanan. Bagi kamu yang suka dengan keju dan roti, fakta unik paris yang satu ini pasti membuat kamu makin bersemangat untuk segera berwisata kesana! Ya kan?

 

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang 8 fakta unik paris yang harus kamu tau. Setelah mengetahui tentang 8 fakta unik yang ada di kota Paris tadi, Travel Mates semakin merasa tertarik untuk berlibur ke Paris kan? Bila iya, segera rencanakan moment liburan ke Paris bersama tim H.I.S Travel Indonesia yuk! Bersama kami, liburan ke Paris pasti akan lebih terasa istimewa!

Terimakasih telah menyimak artikel singkat kami, sampai jumpa lagi di artikel kami yang selanjutnya ya!

Sebarkan Artikel