5 Festival Bunga di Australia Untuk Menyambut Musim Semi
09-02-2018
HIS Travel
5 Festival Bunga di Australia Untuk Menyambut Musim Semi
People & Culture
Sebarkan Artikel

Musim semi adalah musim yang sangat indah. Musim dimana salju mulai mencair dan bunga-bunga mulai bermekaran di seluruh wilayah Australia. Udara pun mulai terasa lebih hangat dan inilah saatnya bagi warga Australia untuk keluar dari rumah mereka masing-masing.

Di Australia, musim semi berlangsung mulai bulan September hingga November. Saat musim semi tiba, kamu bisa menjumpai beragam festival di Australia mulai dari festival musik, flora, fauna, budaya, hingga olah raga. Namun, mengingat musim semi identik dengan bunga yang berwarna-warni, festival musim semi di dominasi oleh festival bunga.

Bahkan, beberapa festival bunga di Australia memiliki sejarah yang dimulai lebih dari setengah abad lalu dan mampu menarik banyak orang setiap tahunnya. 

Pastinya, jalanan dan taman-taman kota di Australia akan penuh sesak dengan festival yang semarak dan menyenangkan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjelajahi beberapa festival musim semi terbaik yang ada di Australia?

Berikut ini adalah lima festival bunga tahunan Australia yang harus kamu masukkan ke dalam daftar liburan musim semi!

1. Floriade
Festival bunga Floriade di Australia merupakan festival bunga tahunan dengan aneka kuntum bunga yang berwana-warni dan beraroma harum, lengkap dengan pemandangan musim semi Canberra yang menakjubkan.

Hampir 500 ribu pengunjung membanjiri Canberra pada minggu kedua September hingga akhir Oktober, tepatnya setelah perayaan Hari Buruh Canberra, untuk melihat hamparan bunga di taman Commonwealth yang indah.

Menampilkan lebih dari satu juta bunga, Floriade berhasil mendapatkan gelar festival bunga terbesar di Belahan Bumi Selatan yang mencakup program holtikultura, pertunjukan musik, dan beragam hiburan lainnya.

Bahkan, ada juga beberapa wahana bermain yang akan menambah keseruan kamu jika berkunjung ke festival bunga Floriade Australia.

Festival bunga Australia
Image source : tfehotels.com

2. Kings Park Festival
Kings Park Festival, sebelumnya dikenal sebagai Festival Wildflower Perth, berlangsung di Kings Park dan Botanic Garden setiap bulan September.

Sejak tahun 1964, tradisi Kings Park Festival selalu dilangsungkan setiap musim semi tiba dan terdapat 25.000 tanaman serta puluhan spesies bunga liar tumbuh di sepanjang daratan Australia Barat selama musim semi.

Meskipun sudah berlangsung sejak lima puluh tahun silam, kemeriahan Kings Park Festival tidak pernah redup. Jumlah spesies tanaman yang ditampilkan semakin banyak, bahkan ditampilkan pula tanaman hias di dalam toples yang unik. Selain pertunjukan flora, ternyata ada juga pertunjukan musik akustik, pameran, workshop, karya seni, dan beragam kegiatan lainnya.

Festival bunga Australia
Images source : superadrianme.com

3. Tesselaar Tulip Festival
Festival bunga tulip Tesselaar menampilkan lebih dari 1 juta tulip dengan 150 varietas yang berbeda. Festival ini merupakan salah satu festival bunga Australia yang bertempat di Dandenong Ranges, tak jauh dari Melbourne.

Festival bunga tulip Tesselaar biasanya digelar selama bulan September, dan akan menjadi destinasi menyenangkan bagi para pecinta bunga. 

Dengan tema seperti 'Dutch weekend', 'Children's week' dan 'Yarra Ranges week', serta pertunjukan live entertainment, beberapa kios makanan dan minuman, maka festival ini bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Tempat ini juga didukung oleh hiburan musik, wahana bermain, dan tema yang berbeda-beda setiap harinya sehingga menambah daya tarik festival ini.

Festival bunga Australia
Image source : tulipfestival.com.au

4. Toowoomba Carnival of Flowers
Dengan julukan 'Garden City', tak heran jika Toowoomba memiliki festival bunga tahunan yang meriah. Karnaval bunga Toowoomba adalah perayaan besar-besaran yang berkaitan dengan beragam jenis flora. Selama 10 hari berturut-turut, karnaval ini mengusung tema yang berbeda-beda, termasuk makanan dan anggur, musik, fashion, dan seni.

Berbagai pilihan pameran di karnaval bunga Toowoomba akan memberikan kesempatan bagus bagi kamu untuk melihat beragam jenis bunga dari seluruh dunia. Yang jelas, karnaval ini mampu menarik ribuan pengunjung untuk datang ke Queensland setiap tahunnya.

Kamu juga bisa menjadi bagian dari sejarah yang penuh warna dan bergabung dengan warga setempat untuk mengikuti Grand Central Floral Parade yang terkenal di jalanan Toowoomba.

Pertunjukan yang spektakuler, karakter karnaval yang unik, pejalan kaki yang tumpah ruah, dan mobil-mobil berhiaskan bunga adalah juaranya.

Festival bunga Australia
Image source : travelwithboys.com

5. Renmark Rose Festival
Kota Renmark di Australia Selatan menjadi sangat meriah setiap bulan Oktober berkat festival bunga mawarnya yang sangat indah. Sudah 23 tahun Renmark Rose Festival selalu digelar di sana dan terdapat berbagai macam acara yang tersebar di sejumlah tempat.

Festival ini berawal dari keinginan untuk mempromosikan Renmark sebagai pusat bunga mawar Australia, dan selama 10 hari kota di Australia Selatan tersebut akan menggelar festival bunga mawar secara berturut-turut.

Ada sejumlah taman terbuka yang bisa kamu kunjungi selama festival berlangsung. Namun yang paling utama adalah Ruston's Rose Garden, yang menampung koleksi bunga mawar dari seluruh wilayah Australia.

Jika kamu mengunjungi festival bunga yang satu ini, kamu tidak akan berhenti mengagumi deretan mawar dan berbagai kegiatan menarik lainnya yang ditawarkan di sana.

Festival bunga Australia
Image source : southaustralia.com

Jika kamu tertarik untuk datang langsung ke salah satu festival bunga di Australia, yuk persiapkan perjalanan wisata kamu bersama HIS! H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. 

Top image source : shoalhavensolosisters.com.au

Sebarkan Artikel