Festival dan Kegiatan Khas Musim Dingin di Jepang Bulan Desember-Februari
11-12-2018
HIS Travel
Festival dan Kegiatan Khas Musim Dingin di Jepang Bulan Desember-Februari
City Travel
Sebarkan Artikel

Biasanya musim dingin di Jepang akan berlangsung pada bulan Desember hingga Februari, oleh karena itu bagi travel mates yang ingin berlibur ke Jepang maka kami sarankan supaya travel mates berlibur pada bulan Desember hingga bulan Februari saja sehingga bisa merasakan bagaimana winter di negeri sakura Jepang. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting mengenai festival dan kegiatan khas musim dingin di jepang bulan Desember-Februari sehingga travel mates bisa mengetahui apa saja kegiatan dan juga festival yang ada selama bulan ini. Tak usah menunggu lama, berikut ini adalah infromasinya untuk travel mates :

1. Omisoka

Gambar terkait

image source : lafujimama.com

Salah satu jadwal kegiatan yang ada di Bulan Desember di Jepang sendiri adalah Omisuka yang jatuh pada tiap tanggal 31 Desember. Omisuka merupakan salah satu kegiatan persiapan sebelum menyambut tahun baru dan biasanya orang Jepang banyak yang akan berlibur dan juga beristirahat pada hari ini. Mereka akan berkumpul di tumah bersama keluarga sambil menyantap Toshikoshi soba. Selain itu pada hari Omisoka ini para masyarakat Jepang akan memohon doa supaya mereka diberi umur yang panjang layaknya mie soba yang memiliki ukuran yang panjang. Jadi ketika berada di Jepang dan mungkin memiliki kerabat disana maka tak ada salahnya kita untuk mengikuti kegiatan Omisoka ini.

2. Namahage

Hasil gambar untuk namahage

image source : Japan Guide

Festival dan kegiatan khas Musim dingin di Jepang Bulan Desember-Februari yang selanjutnya adalah namahage. Namahage sendiri sebenarnya adalah monster yang ada dalam mitologi rakyat Jepang. Tradisi lokal ini diadakan rutin tiap tahun di kota Oga, Kota Katagami, dan juga daerah lainnya yang ada di Prefektur Akita. Monster Namahage ini nantinya akan berkeliling ke rumah-rumah penduduk. Namahage ini sebenarnya adalah para pemuda desa yang mengenakan kostum namahage yang tampak menyeramkan dan bertopeng sambil membawa pisau dan alat lainnya. Tujuannya untuk berkeliling ke rumah-rumah penduduk adalah untuk mengusir roh-roh jahat yang diyakini tinggal di dalam rumah. Jadi jangan takut ya ketika misalnya travel mates berkunjung ke Prefektur Akita dan menemui Namahage!

3. Sapporo Yuki Matsuri

Hasil gambar untuk sapporo snow festival

image source : JAPANISTRY

Selanjuntnya, jika travel mates berada di Jepang selama bulan Desember hingga Februari maka jangan sampai lupa untuk mengunjungi Sapporo Yuki Matsuri atau Festival salju yang diadakan secara rutin tiap tahunnya di Sapporo. Festival salju ini biasanya diadakan tiap bulan Februari di Sapporo, untuk tempatnya biasanya diadakan di Taman Odori yang berada di pusat kota Sapporo. Di festival ini kita berkesempatan untuk menikmati keindahan patung atau pahatan dari balok es, kita juga berkesempatan untuk menikmmati budaya tradisional Jepang. Bagi travel mates yang ingin menikmati musim dingin Sapporo maka wajib untuk datang ke festival yang satu ini.

4. Shogatsu

Hasil gambar untuk shogatsu

image source : Twitter

Mungkin travel mates banyak yang belum tahu, Shogatsu ini adalah nama lain dari bulan Januari atau yang juga bisa diartikan sebagai tahun baru. Pada Shogatsu biasanya masyarakat akan banyak yang pergi ke kuil untuk berdoa memohon keinginan setahun kedepan dan juga untuk mengucapkan rasa syukur dan terima kasih. Selain itu pada kegiatan Shogatsu ini kita juga bisa menikmati makanan yang disebut Osechi Ryori yang merupakan paket makanan lengkap yang berisi sushi, sayuran, seafood, kue, dan juga buah-buahan.

Itu tadi beberapa infromasi yang bisa kami sampaikan kepada travel mates mengenai festival dan kegiatan khas musim dingin di jepang bulan Desember-Februari. Semoga artikel yang kami berikan ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi travel mates semuanya! Jangan lupa liburan bareng HIS Travel Indonesia ya!

Sebarkan Artikel