Festival Musim Semi di Cina
17-01-2020
HIS Travel
Festival Musim Semi di Cina
People & Culture
Sebarkan Artikel

Tak terasa sudah menginjak tahun baru tahun 2020 ya travel mates. Salah satu negara di kawasan Asia yang memiliki banyak pengunjung tiap tahunnya adalah Cina. Nah kali ini kita juga akan membahas informasi tentang negara China ya travel mates, jadi buat travel mates yang akan pergi liburan ke Cina bisa tahu apa saja yang harus dipersiapkan dan harus kemana saja. Karena ini bulan Januari, di Cina akan diadakan festival musim semi. Kepo dan pengen tahu bagaimana festival musim semi di Cina? Yuk baca informasinya sampai tuntas!

Apa yang dilakukan saat Festival musim semi di Cina?

Image result for spring festival in china

images source : YouTube

Mungkin banyak dari travel mates yang bertanya-tanya, saat musim semi di sana apa saja sih yang dilakukan oleh masyarakatnya? Nah sebenarnya Chinese New Year atau perayaan tahun baru Cina dikenal juga sebagai festival musim semi atau Lunar New Year oleh masyarakat Cina. Dimana festival musim semi atau yang lebih kita kenal sebagai Tahun Baru Cina di Indonesia ini sendiri merupakan festival terbesar di Cina dan disana diadakan selama 7 hari. Biasanya selama kurang lebih 2 minggu akan diadakan berbagai macam jenis perayaan, dan juga berbagai macam event yang identik dengan warna-warni ceria khususnya merah.

Mengapa di Cina merayakan Festival Musim Semi?

Image result for spring festival in china

images source : HelloTravel

Festival musim semi di Cina merupakan salah satu festival yang sangat penting bagi masyarakat lokal. Lalu mengapa sih orang-orang di Cina merayakan festival musim semi? Jelas masyarakat lokal, festival musim semi merupakan salah satu hari libur yang sangat penting di Cina dan harus dirayakan. Biasanya ketika Festival Musim Semi diadakan di Cina, akan dipasang dekorasi dimana-dimana dan mayoritas warna dari dekorasi tersebut adalah merah karena budaya dari Cina. Warna merah sendiri melambangkan sebagai warna yang bisa membawa kebahagiaan, kekayaan, dan juga bisa menghindarkan dari kekuatan jahat dan juga nasib buruk. So, ketika travel mates berlibur ke Cina di saat Festival Musim Semi maka jangan kaget ya kalau seluruh sudut kota disulap dengan dekorasi berwarna merah!

Kebiasaan yang dilakukan saat Festival Musim Semi

Nah karena kita sudah tahu apa sih itu festival musim semi di Cina, sekarang saatnya travel mates juga mengetahui apa saja yang dilakukan saat festival musim semi di Cina ini. Ngapain aja ya?

1. Membersihkan rumah dan mendekorasi rumah

Image result for china lunar new year tradition

images source : CedCommerce

Biasanya ketika festival musim semi akan datang, orang-orang Cina akan mulai mendekorasi rumah mereka dan juga membersihkan rumah mereka. Biasanya hal ini akan dilakukan setengah bulan sebelum festival musim semi datang. Orang-orang cina biasanya akan memasang lentera merah di depan rumahnya dan juga akan memasang dekorasi lainnya yang identik dengan warna merah.

2. Makan bersama keluarga besar

Image result for china lunar new year tradition

images source : Chinese New Year

Untuk merayakan tahun baru Cina atau festival musim semi Cina biasanya akan diadakan family reunion dinner atau makan malam bersama keluarga besar. Biasanya akan disajikan banyak jenis makanan, di makan malam keluarga besar ini memiliki maksud untuk semakin meningkatkan tali persaudaraan.

3. Memberikan angpao

Image result for china lunar new year tradition

images source : British Council Learn English

Ini yang paling terkenal dan juga mungkin sudah travel mates ketahuui, saat tahun baru Cina biasanya orang-orang yang sudah menikah akan memberikan angpao yang berisi uang. Mulai dari anak yang masih bayi, anak kecil, hingga remaja yang belum menikah akan diberikan uang yang dibungkus angpao yang biasanya identik juga dengan warna merah.

4. Menonton kembang api bersama

Image result for china lunar new year tradition

images source : Mynewsdesk

Yang selanjutnya, perayaan tahun baru Cina ini akan semakin semarak karena biasanya akan menonton kembang api bersama dengan keluarga. Kembang api di Cina saat festival musim semi akan dinyalakan pada pukul 00:00 hingga pukul 00:30.

Nah itu tadi berbagai macam festival musim semi yang dirayakan di Cina. Jika travel mates merasa penasaran dengan perayaan festival musim semi di Cina maka bisa datang ke Cina pertengahan hingga akhir januari nanti. Yuk liburan ke Cina bersama HIS Travel Indonesia, semoga artikel yang kami berikan bisa berguna dan membantu!

 

Sebarkan Artikel