Gerakan Sayonara Kantong Plastik H.I.S Travel Indonesia
22-05-2019
HIS Travel
Gerakan Sayonara Kantong Plastik H.I.S Travel Indonesia
Tips
Sebarkan Artikel

Salah satu komponen yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah plastik. Plastik seolah-olah mejadi salah satu unsur yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Saat ini hampir semua produk di pasaran hadir dalam kemasan plastik, kita bisa melihat mulai dari produk makanan hingga alat elektronik, kebanyakan memiliki unsur plastik dalam kemasannya.

Sementara itu produk konsumsi yang berbasiskan material plastik juga semakin banyak. Oleh sebab itu, bukan menjadi sebuah keanehan jika persoalan limbah plastik menjadi hal yang pelik bukan hanya bagi pemerintahan namun juga secara global. Bahkan menurut World Economic Forum (WEF) pada tahun 2050 produksi plastik di dunia akan mencapai 1.124 juta ton. Dengan angka yang begitu besar sampah plastik juga akan semakin banyak tentunya.

Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan menyebutkan bahwa Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut. Berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik yang di Indonesia telah mencapai 64 juta ton/tahun yang dimana sebanyak 3,2 juta ton. Kesemuanya merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut, dan juga kantong plastik yang terbuang ke lingkungan sebanyak 10 milar lembar per tahun atau sebanyak 85.000 ton kantong plastik.

Namun yang menjadi masalah adalah ketika banyak masyarakat yang tidak memahami dampak yang akan ditimbulkan dari penggunaan plastik yang berlebih ini. Sebagai contoh misalnya sampah-sampah yang ada di laut di dominasi oleh sampah plastik, bahannya yang sulit terurai bahkan hingga 1.000 tahun dapat mengakibatkan rusaknya ekosistem dan bahkan bisa meracuni ikan-ikan yang akan kita konsumsi sehari-hari.

Untuk itu H.I.S Travel Indonesia membuat sebuah gerakan #SayonaraKantongPlastik yang dibuat untuk mendukung kebijakan pemerintah daerah dalam usaha yang dapat mengurangi penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari. Bekerjasama dengan Lawson Indonesia gerakan ini diharapkan akan mampu mengedukasi seluruh lapisan masyarakat agar tidak lagi menggunakan kantong plastik saat melakukan pembelanjaan.

Apa saja kontribusi yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan gerakan ini sehingga mampu mengurangi jumlah sampah plastik untuk menghadapi keadaan krisis plastik yang dapat mengancam kehidupan ekosistem lingkungan? Berikut artikel tips untuk mendukung even Sayonara kantong plastik yang sedang kami adakan. Disimak yuk Travel Mates!

 

1. Bawa Tas Belanja Yang Bisa Dipakai Berulang-ulang, Adalah Cara Paling Mudah Untuk Menerapkan Ucapan Sayonara Kantong Plastik!

image source : https://www.pexels.com/

Kebiasan sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik bisa dimulai dari rumah, seperti mengganti kantong plastik dengan tas belanja. Ini merupakan langkah yang sangat sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja untuk dapat menyelamatkan bumi.

Bisa dibayangkan jika satu orang di Jakarta saja menghasilkan 0,8 kg sampah sehari, maka setiap harinya akan ada 6.000 ton sampah baru setiap harinya. Sampah-sampah ini termasuk kemasan plastik yang kita gunakan dari berbagai produk yang membutuhkan waktu yang lama agar terurai.

Oleh karenanya, usahakan agar membawa tas belanja yang bisa dipakai berulang-ulang ya. Penggunaan tas belanja ini tidak akan merepotkanmu kok! Malahan, akan mempermudah aktivitasmu membawa barang belanjaan, karena tidak perlu pusing dengan plastik-plastik ukuran tanggung yang harus kamu tenteng dengan dua tangan. Ya kan?

 

2. Bawa Botol Minuman Kapanpun Dan Dimanapun Untuk Mendukung Program Sayonara Kantong Plastik

image source : https://www.pexels.com/

Kebiasan kedua yang bisa dilakukan adalah membawa botol minuman sendiri. Kegiatan ini bukan saja mengurangi kerusakan ekosistem lingkungan, namun juga menjadikan kita lebih hemat dengan membawa minuman sendiri.

Seperti yang sering kita lihat di jalanan banyak sekali ditemukan bertebaran botol plastik yang membuat lingkungan terlihat kotor. Bukan hanya itu saja botol plastik yang bertebaran tersebut dapat menyumbat penyerapan air, karena hal itu dapat menggangu penyerapan dan jalannya jalur air kesaluran.

Dan jika sudah tersumbat tentunya akan dapat mengakibatkan banjir, yang lagi-lagi merugikan kita sendiri. Oleh karena itu banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika membawa botol minuman sendiri, selain menghemat biaya juga mengurangi akibat buruk jika botol plastik dibuang secara sembarangan.

Bagaimana, menjadi bagian aktif dalam kegiatan sayonara kantong plastik yang diadakan H.I.S Travel Indonesia tidak terlalu sulit bukan?

 

3. Memilah Sampah Di Rumah Sesuai Jenisnya Juga Bisa Membantu Program Sayonara Kantong Plastik Loh!

image source : http://timnulis.com/

Sampah rumah tangga memang sangat sulit untuk dihindarkan dan bahkan sangat mustahil tentunya, namun rumah tangga juga bisa memiliki peran yang sangat penting dalam pengelolaan sampah melalui pemilahan sampah yang tepat.

Karena selain membuat sampah lebih ramah bagi lingkungan, pemilahan yang baik juga akan memudahkan proses pengolahannya di tempat pembuangan akhir. Apalagi jika sebagian dari sampah-sampah tersebut bisa didaur ulang dan membawa penghasilan bagi teman-teman kita yang mengais rezeki darinya. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita memahami jenis-jenis sampah agar bisa memilahnya secara benar.

Di Indonesia, kesadaran untuk memilah sampah memang masih kurang. Namun, di Jepang, tentu kegiatan ini amatlah wajib untuk dilakukan! Sebab, disana kan memang sudah disediakan berbagai macam jenis tempat sampah, sesuai tipe sampahnya. Oleh karenanya, jangan malas untuk mempelajari cara memilah-milah sampah sebelum kamu kumpulkan di tempat pembuangan sampah ya!

 

Mudah sekali bukan untuk melakukan sebuah perubahan kecil namun berdampak begitu besar bagi kehidupan kita? Saatnya katakan #SayonaraKantongPlastik mulai sekarang. Karena semakin kamu mengurangi kantong plastik saat belanja di Lawson Indonesia, H.I.S Travel Indonesia akan memberikan hadiah paket liburan ke Jepang dan China sebagai apresiasi untuk aksimu dalam mendukung program Sayonara Kantong Plastik.

Sudah siap untuk ikut gerakan #SayonaraKantongPlastik?

Sebarkan Artikel