Wisata Prancis: Gerbang Kemenangan Arc de Triomphe
24-05-2019
HIS Travel
Wisata Prancis: Gerbang Kemenangan Arc de Triomphe
Tips
Sebarkan Artikel

Wisata ke eropa memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari berbagai belahan dunia. Negara-negara eopa memang sangat identik dengan kotanya yang memiliki bangunan-bangunan yang unik dan memiliki cerita yang menarik didalamnya. Bagi kamu yang ingin mengunjunginya mungkin salah satu kota ini bisa menjadi pilihan yang tepat, yaitu Paris, Kota yang memiliki Menara eifel dan gerbang kemenangan Arc de Triomphe.

Selain Menara Eifell, kurang lengkap rasanya jika mengunjungi Paris tanpa menjalajahi bangunan bersejarah lainnya yang tidak kalah menarik, salah satunya ialah Monumen Arc de Triomphe. Arc de Triompe yang berarti gerbang kemenangan, merupakan monumen yang dibangun sebagai penghormatan terhadap jasa La Grande Armée yang telah memenangkan pertempuran di Austerlitz pada tanggal 2 Desember 1805.

Travel Mates ingin tau lebih lanjut tentang Gerbang Kemenangan Arc de Triomphe ini? Simak terus artikel dari H.I.S Travel Indonesia berikut ini yuk! Selamat menyimak!

 

Gerbang Kemenangan Arc de Triomphe, Bangunan Yang Monumental Dan Kaya Akan Sejarah

image source : https://www.flickr.com/photos/matthiashertwig/45692174631/

Karena sejarahnya yang begitu dikenang, tak heran jika Monumen Arc de Triomphe menjadi salah satu monumen yang paling terkenal di Paris. Bahkan bangunan megah ini telah dinobatkan sebagai monumen Triumphal Arch terbesar di dunia. Monumen Arc de Triomphe didirikan di tengah-tengah Charles de Gaulle atau yang biasa juga disebut dengan Place de I’Etoille, yang terletak di ujung barat dari Champs -  Élysées.

 

Gerbang Kemenangan Arc de Triomphe, Gerbang Kebanggaan Militer Prancis Di Masa Kejayaan

image source : https://www.flickr.com/photos/suki85/2834935541/

Ketika memproklamirkan kemenangannya dihadapan para prajurit. Napoleon menuliskan Je vous ramènerai en France. Vous ne rentrerez dans vos foyers que sous des arcs de triomphe. Kutipan ini mempunyai arti bahwa Napoleon akan membawa kembali para prajuritnya ke Prancis. Jadi, sebelum kembali ke keluarga masing-masing, para prajurit akan melintas dibawah Monumen Arc de Triomphe.

 

Gerbang Kemenangan Arc de Triomphe, Gerbang Yang Memiliki Cerita Pembangunan Tersendiri

image source : https://www.flickr.com/photos/follic/36708318986/

Sejak kemenangan Napoleon di Pertempuran Austerlitz tersebut, pembangunan Monumen Arc de Triomphe telah direncanakan sejak 1806. Adapun proses penyelesaian konstruksi fondasi dasar dari Arc de Triomphe memakan waktu 2 tahun pengerjaan, dan pada saat Napoleon memasuki kota Paris bersama Archduchess Marie-Louise dari Austria pada tahun 1810, ia sudah bisa melihat monumen ini terbentuk dari konstruksi kayunya.

Pembangunan monumen ini diarsiteki oleh Jean-Francois, namun belum sempat menyelesaikan bangunan tersebut karena pada tahun 1811 ia meninggal dunia, dan kemudian dilanjutkan oleh Nicolas Huyot. Pembangunan Arc de Triomphe sempat terhenti ketika kekaisaran Perancis runtuh pada tahun 1814 dan juga pada tahun 1826, namun pada tahun 1836 Arc de Triomphe akhirnya diresmikan oleh Raja Louis-Philippe.

Sayangnya Napoleon sang penggagas monumen tersebut tidak sempat menyaksikan kemegahan dan keindahan dari Arc de Triomphe karena pada tahun 1821 ia meninggal dunia. Tetapi pada 15 Desember 1840 jenazah Napoleon pernah dibawa melewati Monumen Arc de Triomphe pada saat proses pemindahan makamnya di Invalides. Sampai akhirnya Arc de Triomphe diiresmikan tercatat sudah menghabiskan dana mencapai 9,3 juta franc.

 

Gerbang Kemenangan Arc de Triomphe, Bukan Sekedar Gerbang Biasa

image source : https://www.flickr.com/photos/dennisgoodwin/6627640647/

Monumen Arc de Triomphe bukan hanya sekedar bangunan monumen sejarah biasa. Monumen ini memiliki patung-patung yang menggambarkan peristiwa pada masa kekaisaran. Terdapat juga api abadi, namun sayangnya api tersebut telah padam oleh ulah supporter asal Meksiko yang tidak sengaja dilakukannya karena pada saat itu dalam kondisi mabuk pada piala dunia 1998.

Selain api abadi terdapat juga satu makam prajurit yang tak dikenal tepat dibawah monumen Arc de Triomphe yang bertujuan untuk mengenang para korban perang dunia pertama pada 28 Januari 1921, yang pada peristiwa tersebut pasukan dari Prancis harus kehilangan 1,4 juta prajuritnya.

Di bagian atas monumen terdapat museum mini serta miniatur monumen Arc de Triomphe sendiri, sebagai tambahan agar para pengunjung mengetahui lebih jelas sejarah dari monumen tersebut serta proses pembangunannya. Karena bangunannya yang tinggi para pengunjung juga bisa melihat indahnya pemandangan kota Paris dari atas bangunan.

 

Gerbang Kemenangan Arc de Triomphe Dimasa Kini Yang Telah Mengalami Banyak Pembaharuan Disana-sini

image source : https://www.flickr.com/photos/peterwe/7255230002/

Monumen Arc de Triomphe dikeliling oleh lingkaran jalan raya yang besar, jadi apabila kita ingin ke lokasi tidak boleh menyeberangi jalan raya begitu saja. Harus menggunakan jalan bawah tanah untuk dapat kesana.

Untuk informasi bagi para pembaca yang ingin mengamati keindahan Monumen Arc de Triomphe, setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar 9,5 €. Dan apabila ingin bekunjung dengan membawa rombongan minimalnya adalah 20 orang, dan tarif masuknya menjadi 7,5 €. Bagi mahasiswa nantinya akan mendapatkan potongan sebesaar 6 €. sedangkan untuk tujuan tur sekolah biayanya 30 € dan ini maksimal hanya diikuti oleh 35 siswa saja, Apabila pengunjung memiliki Pass Education maka tidk dipungut biaya apapun.

Monumen Arc de Triomphe juga kerap dijadikan tempat ketika ada pawai atau parade yang lewat. Tempat untuk berfoto-foto, dan juga didekat monumen Arc de Triomphe terdapat halte bus wisata tur lokal. Jadi tidak salah bila lokasi ini benar-benar menjadi pusat keramaian dari kota Paris.

 

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Monumen Arc de Triomphe yang populer dan menarik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat ya Travel Mates! Ingin info lebih lanjut seputar wisata Prancis bersama H.I.S Travel Indonesia? Jangan ragu untuk menanyakan ke kami ya! Terimakasih, sampai jumpa!

Sebarkan Artikel