Liburan di Nagano-Niigata, Hanami di Tempat-Tempat ini, Yuk!
20-03-2020
HIS Travel
Liburan di Nagano-Niigata, Hanami di Tempat-Tempat ini, Yuk!
Jepang
Sebarkan Artikel

Sudah mendekati bulan April nih, Travel Mates! Bagian timur Jepang sudah mulai bermekaran bunga sakura, lho! Kalian yang punya rencana berlibur ke Jepang, jangan sampai melewatkan pengalaman seru hanami ya. Apa sih hanami itu? Hanami adalah kegiatan melihat dan menikmati mekarnya sakura yang rutin dilakukan oleh masyarakat Jepang setiap musim semi. Biasanya mereka juga sekaligus piknik di bawah pohon sakura bersama teman dan keluarga. Tidak lupa juga menyiapkan tikar yang digunakan untuk alas duduk di bawah pohon sakura serta membawa bekal makanan, sehingga dapat menikmati keindahan bunga sakura sambil makan-makan dan berbincang dengan orang-orang terdekat.

Lalu, dimanakah tempat-tempat untuk hanami? Hanami bisa dilakukan di mana saja asalkan ada pohon sakura yang bermekaran dan kita bisa duduk di bawahnya. Di setiap sudut kota di Jepang dipastikan ada taman tempat untuk melakukan hanami. Nah kali ini, ada rekomendasi tempat-tempat hanami di bagian timur Jepang, tepatnya di daerah Nagano dan Niigata, yang mungkin masih sedikit jarang dikunjungi oleh wisatawan asing.

1. Oide Park, Area Hakuba Valley, Prefektur Nagano

Salah satu tempat yang paling direkomendasikan kali ini adalah Oide Park, di area Hakuba Valley di prefektur Nagano. Kenapa sih tempat ini menjadi tempat yang paling direkomendasikan? Tempat ini adalah tempat yang sangat indah dengan pemandangan bunga sakura yang membaur dengan pemandangan putihnya salju yang ada di area pegunungan Hakuba yang dapat terlihat dengan jelas dari Oide Park.

Pemandangan yang seperti ini sangat jarang didapatkan di setiap daerah di Jepang, hanya di beberapa daerah saja yang memiliki musim semi di bulan April dan dekat dengan pegunungan alpen Jepang. Akses menuju Oide Park juga sangat mudah, yaitu kalian dapat berjalan kaki dari Stasiun Hakuba, Oide Park berada di sepanjang pinggir sungai Hime.

2. Garyo Park, Prefektur Nagano

Garyo Park terletak di kota Suzaka di Prefektur Nagano, dan memiliki keindahan alam naturalnya sejak ratusan tahun lalu. Saat musim semi, sekitar 600 pohon sakura bermekaran di taman ini. Garyo Park juga memiliki area kolam yang di sekitarnya ditanam sekitar 160 pohon sakura berjenis somei yoshino, yaitu jenis bunga sakura yang memiliki 5 kelopak di setiap bunganya. Setiap tahun, bunga sakura di Garyo Park mulai bermekaran di pertengahn bulan April, kemudian saat sudah mencapai puncak kemekaran bunga sakura, akan diadakan berbagai macam festival di sekitar taman tersebut. Pada saat malam hari, lampu-lampu di bawah pohon sakura akan dinyalakan, sehingga para pengunjung juga bisa menikmati yozakura, yaitu kegiatan menikmati bunga sakura di malam hari di mana bunga-bunga sakura seperti menyala berwarna merah muda karena pancaran cahaya dari bawah pohon. Selain menikmati bunga sakura, terdapat pilihan lain di sekitar taman ini, yaitu Suzaka Zoo yang terletak 30 meter dari Garyo Park.

3. Takada Castle, Prefektur Niigata

Nah, rekomendasi tempat hanami yang selanjutnya bergeser ke Prefektur Niigata, yaitu Takada Castle yang terletak di kota Joetsu. Sebenarnya, Takada Castle sudah menjadi tempat yang sangat populer untuk melakukan hanami setiap musim semi sejak ratusan tahun yang lalu. Takada Castle merupakan kastil yang sudah dibangun sejak zaman Edo, dan telah menjadi tempat populer akan bunga sakura sejak zaman itu.

Di area Takada Castle, terdapat sekitar 4000 pohon sakura yang bermekaran di musim semi, menciptakan pemandangan yang indah antara bunga sakura dan kemegahan kastil tersebut. Di area kastil juga terdapat pohon-pohon sakura yang dibentuk seperti terowongan sepanjang 300 meter yang disebut dengan “Sakura Road”. Di tempat ini kalian juga dapat menikmati yozakura di malam hari. Lampu-lampu di bawah pohon sakura akan dinyalakan dan kalian juga bisa melihat kemegahan Takada Castle di malam hari karena terdapat lampu dan ribuan lentera-lentera yang menerangi istana. Untuk menemani hanami atau yozakura, di sepanjang jalan taman Takada Castle terdapat ratusan booth makanan, jadi jangan khawatir jika kalian tidak sempat menyiapkan perbekalan untuk hanami.

Nah, dari rekomendasi-rekomendasi di atas, Travel Mates mau ber-hanami di mana nih? Tentunya tempat-tempat tersebut akan lebih mudah diakses menggunakan JR East Nagano, Niigata Area Pass! Jadi, jangan sampai kelewatan acara-acara seru saat musim semi di Jepang, ya!

Sebarkan Artikel