Hidangan Musim Dingin Khas Jerman ini Ternyata Lezat-Lezat!
15-02-2019
HIS Travel
Hidangan Musim Dingin Khas Jerman ini Ternyata Lezat-Lezat!
Food
Sebarkan Artikel

Eropa selalu menjadi primadona para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan, terlebih untuk wisatawan Indonesia yang ingin menikmati suasana musim dingin di akhir tahun dan awal tahun ini. 

Namun untuk tetap menjaga agar tubuhmu tetap bugar sembari menikmati dinginnya cuaca di Eropa, makanan selalu menjadi pilihan terbaik. Untuk kamu yang sedang berpergian di Jerman di musim dingin, berikut ini hidangan musim dingin khas Jerman yang lezat dan tentunya, akan membuat tubuhmu segar dan hangat!

 

Eintopf 

image source : eatsmarter.de

 

Eintopf merupakan makanan tradisional negara Jerman yang dibuat dengan cara direbus. Sesuai namanya, cara memasak eintopf ini menggunakan satu buah kuali dengan mencampurkan berbagai bahan seperti kentang, daging, sayur dan bahan makanan lainnya. Varian dari hidangan ini sangat beragam, karena kamu bisa bebas menggunakan bahan apapun. Makanan khas keluarga-keluarga di Jerman ini ternyata sangat cocok dijadikan hidangan khas musim dingin, lho.

 

Glühwein 

image source : www.grandtravelingmama.com

 

Makanan khas ketika natal ini merupakan hidangan yang hampir selalu ada di setiap rumah di Jerman. Bahkan ketika kamu mengunjungi pasar tradisional pada saat Natal, German Weihnachtsmarkt, aroma khas dari glühwein akan selalu tercium. glühwein terbuat dari campuran wine merah, rempah-rempah, jeruk citrus, dan gula. Meminumnya akan membuat tubuhmu tetap terasa hangat.

 

Grünkohleintopf - Kale stew

image source : www.generation-yes.de

 

Kale merupakan jenis sayuran yang termasuk ke dalam 'superfood', dan masyarakat Jerman di musim dingin mengandalkan bahan makanan ini untuk membuat rebusan yang dicampur dengan kentang dan diberi topping sosis. Sehat dan lezat, itulah Grünkohleintopf. Kalau kamu tidak ingin repot-repot memasaknya sendiri, kamu bisa dengan mudah menemukan hidangan ini di pasar (market) ketika musim dingin berlangsung.

 

Kohlrouladen 

image source : frischgekocht.billa.at

 

Kohlrouladen merupakan hidangan tradisional Jerman yang disajikan dalam bentuk kukusan kol yang diisi dengan daging dan rempah-rempah, baru kemudian digulung. Setelah itu, gulungan kol yang sudah diberi isi tersebut akan dimasak dengan kaldu atau saus tomat hingga bumbu meresap. 

 

Sauerbraten 

image source : www.foodnetwork.com

 

Hidangan berbahan utama daging sapi ini merupakan salah satu makanan khas Jerman yang membutuhkan waktu memasak yang cukup lama, karena dagingnya harus disimpan (marinated) terlebih dulu hingga 10 hari sebelum mulai dimasak. Bumbu yang digunakan ketika daging disimpan tersebut terdiri dari campuran wine atau vinegar dengan bumbu, sehingga daging menjadi sangat lembut. Biasanya disajikan dengan "Rotkohl", kol merah yang dimasak dengan apel, cuka dan rempah-rempah.

 

Nah, dari berbagai makanan khas Jerman di musim dingin tersebut, yang manakah yang sudah pernah kamu cicipi? Bagaimana rasanya menurutmu?

 

top image source : eatsmarter.de

Sebarkan Artikel