HIME DARUMA BONEKA TRADISIONAL EHIME
09-10-2018
HIS Travel
HIME DARUMA BONEKA TRADISIONAL EHIME
Jepang
Sebarkan Artikel

Tahukah kamu di mana letak kota Matsuyama? Matsuyama merupakan ibukota Prefektur Ehime yang sudah dikenal wisatawan. Saat kamu mengunjungi Matsuyama, kamu mungkin akan menemukan hime daruma di beberapa sudut yang biasanya digunakan untuk menghias toko dan rumah. Daruma terkenal sebagai boneka versi laki-laki berbentuk bulat yang sering dijadikan cinderamata oleh wisatawan. Nah, hime daruma ini merupakan Daruma versi wanita yang unik dan menjadi ikon untuk Kota Matsuyama. Boneka ini disebut hime daruma yang merupakan asal kata dari hime, yang berarti 'putri', mengacu pada seorang wanita yang memiliki hubungan khusus dengan Matsuyama.

Sumber gambar: en.matsuyama-sightseeing.com

Legenda boneka ini adalah tentang Permaisuri legendaris Jingu Kogo yang disebut-sebut telah menaklukkan Korea. Permaisuri ini mengunjungi sumber mata air panas Dogo (Dogo Onsen) di Matsuyama bersama suaminya Kaisar Chūai, di sanalah Jingū menemukan fakta bahwa dia hamil. Kemudian dia membuat boneka dan menawarkannya kepada dewa-dewa setempat untuk mendoakan agar persalinannya berlangsung lancar dan aman, serta meminta pengasuhan yang baik untuk anaknya. Meskipun legenda kehamilannya begitu legendaris, yaitu ia hamil selama tiga tahun, lahirlah seorang anak laki-laki yang kemudian menjadi Kaisar Ōjin. Kuil Isaniwa yang berdiri di atas bukit di belakang Dogo Onsen dikatakan telah menjadi situs budaya tempat Kaisar Chūai dan permaisuri Jingū mandi.

Sumber gambar: jpninfo.com

Hime daruma yang asli terbuat dari kayu, tetapi saat ini hadir juga dalam dua jenis yaitu papier-mâché dan brokat. Jenis papier-mâché umumnya dicat dengan warna merah terang seperti boneka tradisional daruma versi laki-laki, sementara wajahnya terbuat dari keramik putih, kemudian dilukis dengan tangan untuk menunjukkan bibir merah dan mata yang hitam. Jenis papier-mâché biasanya sering diberikan kepada wanita hamil sebagai jimat untuk kelahiran yang lancar dan diberi pemulihan yang cepat.

Sementara untuk brokat dibuat sebagai pasangan yang mewakili Permaisuri Jingu dan suaminya Chūai. Permaisuri memakai brokat merah, sementara Kaisar memakai warna biru atau emas. Jenis ini sering diberikan sebagai hadiah pernikahan.

Hime daruma memiliki ukuran yang ringan dan mudah dibawa sehingga cocok dijadikan souvenir yang unik dari Matsuyama. Hime daruma terdiri dari berbagai ukuran. Selain itu, kamu dapat menemukan hime daruma digunakan sebagai motif untuk aksesori ponsel, dompet, sapu tangan dan souvenir lainnya.

Sumber gambar: en.japantravel.com

Dogo Arcade merupakan tempat yang cocok untuk membeli hime daruma atau di Minotaya (港 や) yang berada di Ropeway Dori. Lihat informasi wisata belanja dan budaya Matsuyama selengkapnya di sini.

Sebarkan Artikel