Ingin Berkunjung ke Onsen di Jepang? 5 Hal Ini Wajib Kamu Ikuti!
21-01-2020
HIS Travel
Ingin Berkunjung ke Onsen di Jepang? 5 Hal Ini Wajib Kamu Ikuti!
People & Culture
Sebarkan Artikel

Seperti yang sudah pernah dibahas di beberapa tulisan sebelumnya, salah satu hal yang dilakukan oleh orang Jepang untuk melepas penat adalah dengan berendam di onsen. Bagi Travel Mates yang kurang familiar dengan onsen, onsen adalah pemandian air panas yang banyak ditemukan hampir di semua tempat di Jepang. Pemandian air panas ini pun ada dua yaitu pemandian air panas umum dan pemandian air panas alami.

Pemandian air panas umum biasanya juga dikenal dengan sebutan bath house dan pemandian air panas alami merupakan onsen yang menggunakan air alami dari mata air panas misalnya yang ada di Ginzan Onsen. Meskipun ada dua jenis, pada dasarnya onsen adalah pemandian air panas dimana pengunjung akan berendam bersama dengan orang lain atau berendam dengan menggunakan air yang sama.

Oleh sebab itu, ada beberapa poin tata cara berendam di onsen yang harus kamu ikuti. Yuk simak ulasan di bawah ini.

  1. Pastikan kamu bukan orang yang termasuk dalam list berikut ini

Ada beberapa pengunjung yang tidak diperbolehkan untuk masuk ke onsen di Jepang. Pengunjung tersebut adalah:

  • Pengunjung yang memiliki tato.
  • Pengunjung yang memiliki penyakit jantung, ginjal, atau paru.
  • Pengunjung yang mabuk.
  • Pengunjung wanita yang sedang menstruasi.

 

2. Bersihkan badan sebelum masuk ke air panas tempat berendam

Sumber: commons

Penting sekali bagi Travel Mates yang ingin berendam di onsen untuk membersihkan badan di area yang disediakan untuk mandi dan mencuci rambut sebelum berendam. Apabila Travel Mates berkunjung ke private onsen di mana hanya Travel Mates beserta keluarga yang dapat berendam di sana, tetap saja harus mandi dan mencuci rambut sebelum masuk ke air panas untuk berendam. Hal ini harus dilakukan karena air panas untuk berendam tidak diganti dan air onsen tidak diberikan disinfektan seperti air kolam renang. Jadi, penting sekali untuk memastikan tubuh kita bersih dari kuman untuk menjaga kebersihan air.

 

3. Jangan memakai baju renang ketika berendam di onsen

Sumber: commons

Onsen merupakan pemandian air panas yang mengharuskan pengunjungnya untuk tidak memakai apapun kecuali handuk yang disediakan untuk berendam. Hal ini mungkin aneh bagi orang Indonesia untuk berendam bersama orang lain tanpa busana. Tetapi bagi orang Jepang ini adalah hal yang biasa mereka lakukan. Di onsen, tempat berendam untuk perempuan dan laki-laki dipisah. Jadi, Travel Mates dihimbau untuk tidak berpakaian ketika berendam. Disediakan handuk yang dapat digunakan untuk menutup tubuh ketika berjalan menuju area berendam dan handuk tersebut juga dapat dipakai untuk berendam.

 

4. Jangan berendam terlalu lama

 

Berendam memang menyenangkan dan menenangkan tubuh. Namun, apabila dilakukan terlalu lama akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Onsen di Jepang memiliki suhu air lebih dari 40 derajat celcius yang dapat berbahaya bagi tubuh apabila Travel Mates berendam terlalu lama. Ada beberapa kasus dimana orang Jepang sampai pingsan karena berendam terlalu lama di onsen.

Disarankan untuk berendam tidak lebih dari 20 menit. Travel Mates dapat keluar dari area berendam untuk duduk nonton tv, minum air putih, atau menikmati snack yang tersedia sebelum kembali berendam lagi. Apabila Travel Mates ingin menghabiskan waktu yang agak lama di onsen, pastikan ada jeda dalam berendam sehingga suhu tubuh Travel Mates tetap stabil.

5. Mandi dan pastikan tubuh kering ketika akan kembali ke area ganti baju

Sumber: livejapan.com

Setelah puas berendam dan merasa rileks, pastikan Travel Mates kembali ke area untuk membersihkan tubuh. Mandi dan cuci rambut untuk memastikan tubuh tetap bersih. Setelah itu pastikan tubuh sudah kering sebelum berjalan ke area ganti baju. Apabila tubuh Masih basah, tentu saja area ganti baju akan menjadi basah dan kemungkinan akan menjadi kotor pula. Area ganti baju biasa dikenal sebagai dressing room yang merupakan area kering dimana Travel Mates meletakkan barang-barang berharga dan tas di loker yang tersedia di dressing room.

Di dressing room juga biasanya tersedia pengering rambut dan sisir yang dapat Travel Mates pergunakan sesuai kebutuhan. Jangan lupa kembalikan ke tempatnya semula setelah selesai menggunakan barang-barang yang ada di dressing room. Setelah selesai berpakaian kembali, Travel Mates harus memastikan tidak ada barang yang tertinggal sebelum meninggalkan dressing room.

 

Oh iya, mayoritas onsen di Jepang memang dipisah antara tempat berendam untuk perempuan dan laki-laki, tetapi ada juga beberapa pemandian air panas yang hanya memiliki satu area untuk berendam. Untuk memastikan bahwa Travel Mates mengunjungi pemandian air panas yang dipisah tempat perempuan dan laki-lakinya, Travel Mates dapat langsung bertanya ke H.I.S. Travel Indonesia. Selain itu, ada banyak hal lain seperti tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan di website H.I.S Travel Indonesia.

 

 

 

 

Sebarkan Artikel