Ingin Liburan ke China? Yuk Pelajari Dulu Budayanya!
24-04-2019
HIS Travel
Ingin Liburan ke China? Yuk Pelajari Dulu Budayanya!
Tips
Sebarkan Artikel

Sering mendengar peribahasa dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung kan? Pasti semua travel mates sudah mengetahui apa makna dari peribahasa yang cukup sering kita dengar ini bukan? Artinya adalah dimanapun kita berada, maka kita harus menghormati dan menghargai adat istiadat di tempat tersebut. Sama halnya ketika kita akan berlibur ke sebuah negara, yang tentu saja memiliki adat istiadat dan budaya yang berbeda dengan adat negara kita. Nah, travel mates mungkin ada yang ingin berlibur ke negeri China. Eits, sebelum terbang kesana tentu saja kita harus mengetahui apa budaya di China kan? Yuk pelajari dulu!

1. Tips saat mencoba makanan di street food

Hasil gambar untuk china street food

image source : Saving Room for Dessert

Salah satu hal yang harus kita coba ketika sedang berada di China adalah tentu saja mencoba makanannya. Seperti yang kita ketahui banyak sekali jenis makanan yang bisa kita coba di China, dan karena itulah kita tidak boleh melewatkan yang namanya street food ketika berada disana. Street food dengan berbagai macam jenis makanan yang lezat bisa dengan mudah kita temukan dimana-mana. Namun kami sarankan supaya travel mates tidak memilih yang sembarangan ya, sebaiknya periksa dulu tempat jual yang akan travel mates pilih. Apakah itu halal atau tidak? Dan untuk mengetahui mana yang enak dan terjamin atau tidak, caranya adalah dengan melihat antreannya, jika travel mates meliht antrean pada vendor street food tersebut maka bisa dipastikan makanan itu lebih aman dan terjamin ya!

2. Minim personal space

Hasil gambar untuk crowded china

image source : Alizila.com

Hal kedua yang harus travel mates perhatikan adalah di China kita akan memiliki personal space yang sangat minim! China adalah salah satu tempat di dunia ini yang ramai dan penuh sesak. Oleh karena itu penduduk lokal China sudah terbiasa memiliki personal space yang lebih kecil dibandingkan dengan orang luar atau orang barat. Jadi jangan banyak mengeluh atau kaget ketika travel mates harus berdesak-desakan atau mungkin kemungkinan terburuknya adalah sampai terdorong ketika mengantri di stasiun atau mengantre makanan. Bersabar ya!

3. Jangan malu jika makan di restaurant China

Hasil gambar untuk chinese restaurant

image source : Tao Dumplings Chinese Restaurant

Budaya ketiga yang harus travel mates pahami sebelum berlibur ke Negeri China adalah janganlah menjadi malu ketika travel mates sedang makan di restaurant China. Berbeda ketika kita makan di restaurant Indonesia atau Barat yang mungkin pelayannya tanggap, pelayan dan juga pramusaji di Tiongkok tidak proaktif sehingga ketika travel mates membutuhkan sesuatu maka jangan sungkan untuk mengangkat tangan, dan bila diperlukan maka travel mates bisa menelpon fuyian. Selain itu penyajiannya juga berbeda dari restaurant barat konvensional, jadi jangan kaget apabila saat makan menu utama, dan dessert datang bersamaan ya. Hal seperti ini memang hal yang biasa di China.

4. Mengambil foto di China

Gambar terkait

image source : Saffron Consultants

Hal keempat yang perlu juga travel mates ketahui mengenai budaya sebelum melakukan tur ke China adalah budaya dalam mengambil foto. Mungkin banyak dari travel mates yang belum mengetahui dengan jelas jika banyak sekali orang China yang suka dengan fotografi. Jadi, janganlah kaget ketika ada orang lokal yang mencoba mengambil foto travel mates. Bahkan nantinya mungkin akan ada beberapa warga lokal yang meminta berfoto bersama travel mates. Selain itu apabila travel mates ingin memotret seseorang atau mungkin gedung pemerintahan jangan lupa untuk meminta izin kepada yang bersangkutan atau yang berwenang ya!

Itu tadi beberapa budaya di China yang mungkin belum travel mates ketahui, sebenarnya masih banyak lagi budaya atau kebiasaan yang harus kita pahami sebelum pergi kesana. Jadi kami sarankan untuk menggali banyak informasi sebelum melakukan traveling ya. Jika ingin berlibur ke China dengan aman maka gunakanlah jasa HIS Travel Indonesia. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat ya travel mates!

Sebarkan Artikel