Ingin Membuat Paspor? Ini Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengajukan Permohonan Pembuatan Paspor!
20-02-2020
HIS Travel
Ingin Membuat Paspor? Ini Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengajukan Permohonan Pembuatan Paspor!
Tips
Sebarkan Artikel

Siapa disini yang suka berlibur ke luar negeri? Nah untuk bisa berpergian atau liburan ke luar negeri maka yang harus travel mates lakukan adalah tentu saja mengurus paspor. Karena paspor merupakan dokumen yang travel mates butuhkan untuk bisa ke luar negeri. Pada kesempatan kali ini HIS Travel Indonesia akan memberikan informasi mengenai paspor. Ingin membuat paspor? Ini hal yang perlu diketahui sebelum mengajukan permohonan pembuatan paspor!

Apa itu paspor?

Image result for paspor

image source : SUKABUMIUPDATE.com

Yang pertama-tama kita akan mengetahui apa itu paspor. Paspor merupakan salah satu dokumen resmi yang berisi data identitas pemiliknya dan berlaku sebagai salah satu syarat untuk dapat melakukan perjalanana antar negara. Biasanya paspor ini akan diperiksa di bandara keberangkatan dan juga kedatangan. Setelah paspor travel mates diperiksa maka akan diberi cap oleh petugas masuk bandara ataupun keluar bandara. Jadi paspor merupakan hal yang penting dan wajib dimiliki oleh travel mates sehingga travel mates bisa keluar masuk ke negara lain.

Jenis-jenis paspor?

Image result for paspor

image source : TripZilla

Setelah membahas mengenai apa itu paspor, maka pada kesempatan kali ini HIS Travel Indonesia juga akan memberikan informasi mengenai jenis paspor sehingga travel mates yang ingin mengurus paspor tahu bagaimana cara mengurusnya dan tahu apa saja jenisnya. Pada umumnya paspor ini sendiri dibagi menjadi dua, yaitu paspor biasa dan juga paspor elektronik (e-paspor).

Perbedaannya? Hampir tidak ada. Mungkin hanya terletak pada microchip di e-paspor yang berisi data biometrik si pemegang berupa bentuk wajah dan juga sidik jari sehingga mudah dikenali lewat pemindai. E-paspor ini bisa dibilang lebih memiliki banyak keuntungan karena lebih dimudahkan saat mengurus visa karena datanya mudah untuk divalidasi.

Namun e-paspor ini juga harus disimpan dan dirawat dengan baik karena e-paspor tidka boleh dilipat dan jgua tidak boleh terkena cairan ataupun tidak boleh disimpan di tempat yang memiliki suhu sangat panas atau lembab. Jadi apakah travel mates ingin membuat e-pasport atau pasport yang biasa saja?

Syarat mengajukan paspor

Image result for paspor elektronik

image source : The Backpacker's Blog - WordPress.com

Ingin membaut paspor? Ini hal yang perlu diketahui sebelum mengajukan permohonan pembuatan paspor! Tentu saja travel mates harus tahu bagaimana cara mengajukannya bukan, untuk mengajukan pasport maka travel mates harus menyediakan beberapa persyaratan sehingga dapat membuat atau mengajukan pasport biasa ataupun e-pasport! Berikut adalah beberapa dokumen yang harus travel mates siapkan!

  • KTP elektronik (asli serta fotokopi)
  • Kartu Keluarga (asli serta fotokopi)
  • Akta Kelahiran (asli serta fotokopi)
  • Ijazah (asli serta fotokopi)
  • Paspor lama (untuk pengajuan e-paspor)

Tahapan mengajukan pasport

Jika kita sudah tahu apa itu pasport, apa saja jenisnya dan juga syarat yang diperlukan maka kali ini kami menyediakan informasi mengenai apa saja sih tahapan yang perlu travel mates lakukan untuk mengajukan pasport. Simak ulasannya di bawah ini :

1. Mendaftar secara online untuk mendapatkan antrian online serta untuk mendapatkan jadwal serta nomor antrian.

2. Datanglah sesuai dengan jadwal yang diterima saat melakukan antrian online

3. Melengkapi form yang telah diberikan dan melakukan pemeriksaan kelengkapan persyaratan berupa dokumen

4. Gunakan pakaian yang berkerah serta formal untuk melakukan pengambilan foto serta seidik jari. Sebisa mungkin untuk menghindari pakaian berwarna putih karena biasanya backgroundnya berwarna putih.

5. Tahap yang kelima adalah biasanya wawancara serta verifikasi berkas. Petugas akan menanyakan beberapa pertanyaan seperti apa alasan membuat pasport dan juga negara mana yang travel mates akan tuju setelah ini

6. Melakukan pembayaran untuk pasport

7. Pasport diterbitkan dan biasanya bisa diambil setelah 3 hingga 4 hari kerja

Itu dia yang bisa kami sampaikan kepada travel mates mengenai pasport. Ingin membuat paspor? Ini hal yang perlu diketahui sebelum mengajukan permohonan pembuatan paspor! Jika ingin berlibur ke luar negeri atau ke Jepang maka travel mates bisa menggunakan jasa HIS Travel Indonesia karena kami memberikan pelayanan yang terjamin dan baik pastinya!

Sebarkan Artikel