Ingin Mengajukan Visa? Ketahui Dulu Hal-Hal Ini!
22-02-2020
HIS Travel
Ingin Mengajukan Visa? Ketahui Dulu Hal-Hal Ini!
Tips
Sebarkan Artikel

Ketika ingin liburan ke luar negeri tentu saja kita membutuhkan dokumen-dokumen penting. Jika travel mates sedang berencana liburan atau pergi ke luar negeri maka travel mates harus menyiapkan paspor dan juga visa. Karena dokumen itu sangatlah penting sehingga travel mates bisa berpergian ke negara itu dengan aman dan nyaman. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai visa. Ingin mengajukan visa? Ketahui dulu hal-hal ini!

Apa itu visa?

Image result for visa

image source : The Jakarta Post

Sebelum kami memberitahu anda mengenai bagaimana cara mengajukan visa, pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu informasi mengenai apa itu visa sehingga anda bisa mengerti apa itu visa. Visa sendiri merupakan dokumen penting yang resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara lewat satu perwakilannya. Bisa dibilang jika visa ini merupakan salah satu tanda dari sebuah negara bahwa negara tersebut telah mengijinkan seseorang masuk ke wilayah yang sesuai dengan tujuan yang sebelumnya telah ditentunkan.

Lalu mungkin banyak dari anda yang ebrtanya, apa sih bedanya dengan paspor? Sama-sama dokumen resmi yang digunakan untuk pergi ke luar negeri. Jika paspor dikeluarkan dari negara pemohon, sedangkan visa sendiri dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi. Jadi travel mates sudah paham akan apa perbeadan dari paspor dan visa?

Jenis-jenis visa

Image result for visa

image source : ALG24

Setelah mengetahui apa itu visa, maka pada poin kali ini kami akan memberikan informasi mengenai apa saja jenis-jenis visa. Visa ternyata memiliki beberapa jenis yang dibedakan menurut kebutuhan dan juga waktu untuk mendapatkannya. Visa dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • eVisa

eVisa atau visa elektronik ini bisa kita dapatkan dengan cara mengajukan pendaftaran dan data diri secara online. Selain itu pembayaran dari visa elektronik ini juga bisa dilakukan dengan mudah, yaitu bisa dibayar dengan online atau menggunakan kartu kredit. Jika pengajuan eVisa sudah diapprove, maka selanjutya eVisa bisa dikirim ke email si pendaftar dalam bentuk soft copy.

  • Bebas Visa

Ada juga yang namanya bebas visa, bebas visa artinya travel mates bisa pergi ke negara tersebut tanpa menggunakan visa. Jika bebas visa, maka untuk bisa pergi ke negara tersebut maka hanya dibutuhkan paspor dan juga data diri. Namun beberapa negara biasanya akan meminta beberapa dokumen tambahan seperti tiket pulang pergi.

  • Visa on Arrival

Jenis visa yang selanjutnya adalah visa on arrival. Visa ini baru bisa travel mates urus ketika travel mates telah tiba di negara tujuan. Pembayaran pun juga akan dilakukan di negara tujuan. Nantinya bagian imigrasi di negara tujuan tersebut akan memberikan cap ataupun stiker approve saat travel mates telah tiba di tempat tujuan.

  • Visa sebelum kedatangan

Next, jenis visa terkhir adalah visa sebelum kedatangan. Visa ini biasanya diurus dan juga didapatkan sebelum travel mates sampai di negara tujuan. Untuk melakukan pembuatan visa maka biasanya diajukan di kantor kedutaan besar negara tujuan atau terkadang beberapa travel agent juga akan memberikan bantuan.

Syarat yang diperlukan untuk mengajukan visa

Image result for visa

image source : Blibli.com

Ingin mengajukan visa? Ketahui dulu hal-hal ini! Untuk bisa mengajukan visa maka travel mates tentu saja harus mengikuti syarat-syarat yang diajukan dan menyiapkan dokumen untuk melakukan pembuatan visa. Berikut adalah beberapa dokumen yang travel mates butuhkan untuk membuat visa :

  • KTP (asli serta fotokopi)
  • Paspor(asli serta fotokopi)
  • Foto
  • Fromulir permohonan (bisa didapatkan dari website resmi negara yang bersangkutan)
  • Bukti pembayaran visa
  • Surat keterangan kerja / belajar
  • Surat keterangan sponsor (surat rekomendasi dari pihak di negara tujuan)
  • Jadwal perjalanan
  • Tiket pesawat
  • Surat keterangan kesehatan
  • Dokumen keuangan seperti slip gaji atau buku tabungan (asli serta fotokopi)

Langkah-langkah pembuatan visa

Image result for visa

image source : The South African

Setelah travel mates mengetahui apa saja syarat yang diperlukan untuk membuat dokumen visa. Pada kesempatan kali ini kami akan memberitahu informasi kepada travel mates mengenai langkah-langkah pembuatan visa. Berikut adalah informasi mengenai langkah membuat visa :

1. Mencari informasi mengenai persyaratan dokumen dan melakukan pendaftaran untuk reservasi jadwal dan verifikasi dokumen

2. Mempersiapkan dokumen yang menjadi persyaratan

3. Menyerahkan dokumen dan mengikuti wawancara

4. Proses pengambilan visa

Ingin mengajukan visa? Ketahui dulu hal-hal ini! Sekarang travel mates sudah mengetahui kan apa saja syarat yang diperlukan untuk melakukan pengajuan visa dan sudah tahu bagaimana proses pembuatannya juga. Jika travel mates ingin berlibur ke luar negeri dengan nyaman dengan berbagai pilihan paket tour, maka travel mates bisa menggunakan jasa HIS Travel Indonesia~ Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi travel mates ya~

Sebarkan Artikel