Ini Dia Cara Membedakan Bunga Plum, Sakura, dan Peach
28-02-2020
HIS Travel
Ini Dia Cara Membedakan Bunga Plum, Sakura, dan Peach
Jepang
Sebarkan Artikel

Ngomong-ngomong soal Jepang, pasti banyak sekali yang bisa kita bahas dari Negri Sakura ini. Mulai dari keindahan alamnya, kemudian bagaimana budaya daan etika masyarakatnya serta teknologinya yang sudah sangat maju. Tentu kita pasti mengenal bunga sakura, walau mungkin belum pernah melihatnya secara langsung namun tentu saja travel mates tahu bagaimana bentuknya. Namun ternyata ketika musim semi tiba, ada bunga lain yang juga mekar dan wujudnya sangat mirip dengan bunga sakura. Yaitu bunga plum dan bunga peach, bahkan orang Jepang saja sering salah membedakan bunga-bunga ini. Ini dia cara membedakan bunga plum, sakura, dan peach!

Bunga Ume / Bunga Plum

Image result for ume flower

image source :  Savvy Tokyo

Jenis bunga pertama yang akan dibahas adalah bunga plum atau yang dikenal juga sebagai bunga Ume. Kalau dilihat sekilas dari fotonya memang sangat mirip dengan bunga sakura bukan? Bunga plum ini akan mekar lebih dulu dibandingkan dengan bunga sakura. Selain menjadikan bunga sakura sebagai salah satu tontonan, rupanya masyarakat lokal Jepang juga mengadakan kegiatan untuk melihat mekarnya bunga Plum atau yang dikenal sebagai Ume Kansho ini. Biasanya akan muncul sejak udara masih dingin dan menimbulkan semangat untuk menyambut musim semi. Bunga Ume atau Bunga Plum ini mekar sekitar bulan Januari hingga Maret.

Bunga ini memiliki karakteristik yaitu memiliki kelopak bunga yang bentuknya bulat dan tidak memiliki tangaki bunga, bunga plum ini akan langsung mekar di tangkai pohon. Bunga Plum ini memiliki berbagai warna mulai dari warna putih, pink gelap, dan pink muda. Seringkali dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan mempunyai makan yang indah dan sederhana.

Bunga Sakura

Image result for sakura flower

image source :  Unsplash

Ini dia cara membedakan bunga plum, sakura, dan peach! Selanjutnya kita akan mengetahui bagaimana karakteristik dari bunga Sakura. Bunga sakura ini merupakan bunga yang cukup terkenal dan populer di Jepang, bahkan orang-orang dari luar negeri pun tahu bahwa bunga ini populer di Jepang. Biasanya saat musim bunga Sakura, semua orang Jepang akan merayakan Hanami. Bunga sakura mekar mulai dari bulan Maret hingga April. Jumlah kelopak dari bunga Sakura ini bermacam-macam ya, dan warnanya juga berbagai warna. Namun warna yang terkenal biasanya merah muda pucat.

Bunga ini memiliki tangkai bunga yang cukup panjang dan dalam satu cabang pun terdapat banyak bunga. Yang membedakan bunga sakura dengan bunga lainnya, di bagian tengahnya terdapat potongan seperti berbentuk hati. Tempat-tempat terkenal di Jepang yang bisa travel mates kunjungi untuk melihat bunga Sakura adalah Goryokaku Tower di Hokkaido, Taman Sumida di Tokyo, dan Taman Senkoji di Hiroshima.

Bunga Momo / Bunga Peach

Image result for momo flower

image source :  IroMegane

Bunga lainnya yang mirip dengan bunga Plum dan juga Bunga Sakura adalah Bunga Peach atau yang dikenal juga sebagai Bunga Peach. Bunga ini Momo atau Bunga Peach ini mulai mekar pada awal hingga pertengahan bulan Maret. Biasanya ketika bunga peach mekar akan ada festival di Jepang yang dikenal sebagai Momo No Sekku. Peach bahkan dianggap sebagai kekuatan yang bisa menangkal hal buruk sehingga ketika dilangsungkan festival Hinamatsuri peach dijadikan sebagai hiasan sehingga anak-anak perempuan bisa tumbuh sehat.

Karakteristik dari bunga peach atau bunga Momo ini adala mereka punya bunga yang bentuknya runcing ataupun tajam. Selain itu mereka punya tangkai bunga yang sangat pendek dan bunganya mekar di sepanjang cabang pohon.

Sekarang apakah travel mates sudah bisa membedakan bunga plum, bunga sakura, dan bunga peach yang hampir mirip itu? Ini dia cara membedakan bunga plum, sakura, dan peach! Jika ingin pergi ke Jepang untuk melihat keindahan ketiga bunga itu secara langsung maka travel mates bisa menggunakan jasa HIS Travel Indonesia. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk travel mates ya!

Sebarkan Artikel