Ingin Berwisata Ke Jepang? Yuk Ketahui Dulu Jadwal Buang Sampah Di Jepang!
03-04-2019
HIS Travel
Ingin Berwisata Ke Jepang? Yuk Ketahui Dulu Jadwal Buang Sampah Di Jepang!
Jepang
Sebarkan Artikel

Berwisata ke luar negri memang mengasyikan. Selain dapat melepas penat, kita juga berkesempatan untuk mendapatkan pengalaman baru, seperti merasakan kebudayaan dan cara hidup masyarakat setempat. Bahkan, hingga hal-hal sepele semisal jadwal buang sampah di Jepang pun kita jadi sedikit mengerti tentang pola kebiasaan ini saat berwisata kesana, meskipun hanya sebentar saja.

Travel Mates yang pernah ke Jepang dan fokus memperhatikan, pasti masih ingat tentang betapa teraturnya negri sakura yang satu itu. Keteraturan dan ketertiban itu ternyata tidak hanya nampak dari cara mereka mengantri saja. Kedisiplinan warganya juga termasuk hingga ke jadwal buang sampah di Jepang loh!

Anda belum pernah pergi berwisata ke Jepang? Ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang jadwal buang sampah di Jepang? Yuk simak terus artikel singkat dari tim H.I.S Travel Indonesia berikut ini! Selamat menyimak ya, Travel Mates!

 

Jadwal Buang Sampah Di Jepang Memang Sedikit Terdengar Merepotkan. Namun, sebenarnya tidak kok!

image source : https://www.jalan2kejepang.com/

Berbeda dengan Indonesia, Jepang memiliki kebudayaan yang lebih disiplin dalam menjaga keteraturan. Bila di Indonesia masih banyak aturan yang dilanggar, masyarakat Jepang ternyata sudah mempraktikan kebiasaan mendisiplinkan diri sendiri dan lingkungan sejak beberapa generasi terdahulu. Hasilnya, keteraturan tersebut masih terasa efeknya hingga sekarang.

Bagi sebagian orang, membuang sampah memang hal yang sepele untuk dilakukan. Meskipun demikian, dalam cakupan wilayah yang lebih luas, tentu keteraturan akan menciptakan sistem yang lebih praktis dan membuat nyaman semua orang.

Untuk para petugas, jadwal akan membuat job desk mereka menjadi lebih terarah. Sehingga membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih cepat selesai, bila dibandingkan dengan situasi ketika jadwal buang sampah di Jepang belum diciptakan. Dan disisi penduduk, kehadiran jadwal ini sendiri akan membuat mereka lebih bermawas diri, terhadap sampah-sampah rumah tangga, serta barang bekas yang ingin mereka singkirkan dari lemari gudangnya.

 

Sebelum Sampah Dibuang Sesuai Dengan Jadwal Buang Sampah Di Jepang, Warga Jepang Biasa Melakukan Penataan Terhadap Sampah Rumah Tangga Yang Mereka Miliki! Keren Kan?

image source : https://www.jalan2kejepang.com/

Lagi-lagi dari hal yang sederhana pun, kita dapat melihat perbedaan antara masyarakat Jepang dan orang Indonesia kebanyakan. Di Jepang, masyarakat yang hendak membuang sampah biasanya akan melakukan penataan sedemikian rupa sebelum meletakan sampah yang akan dibuang di tempat penjemputan pembuangan sampah.

Bila kebiasaan tersebut dideskripsikan, kurang lebih mereka akan melakukan pembungkusan sampah dengan plastic transparan. Untuk sampah kertas akan dibuang dalam wadah kertas semisal kantungkertas bekas barang belanjaan. Sementara itu, buku bekas dan koran akan diikat rapih, sebelum ditumpuk di wadah penjemputan pembuangan sampah.

Selanjutnya, sampah-sampah tadi masih akan diurutkan menjadi sampah sisa rumah tangga, sampah plastic, sampah botol kaleng, sampah alat rumah tangga bekas, dan lain sebagainya. Dan ketika ditumpuk, masyarakat jepang akan membagi lagi berdasarkan urutan besar kecilnya sampah yang akan dibuang.

Bagaimana? Amatlah teratur bukan? Pernah melihat yang seperti itu di Indonesia tidak Travel Mates?

 

Jadwal Buang Sampah Di Jepang Tidak Sulit Untuk Dihafalkan Kok! Ini Dia Jadwalnya!

image source : http://timnulis.com/

Setiap minggunya, petugas akan bergiliran mengambil sampah sesuai jadwal yang ada. Misal, untuk sampah rumah tangga, biasanya akan diangkut setiap Selasa, Kamis, dan hari Sabtu. Kemudian Untuk hari Senin, biasanya adalah waktu untuk membuang sampah-sampah yang berbahan dasar kertas.

Lalu untuk hari rab, biasanya dimanfaatkan untuk membuang sampah botol pelastik, botol kaleng, hingga botol kaca. Dan tentunya, botol-botol tersebut dikelompokan berdasarkan jenisnya masing-masing ya!

Untuk hari Jumat di minggu ke 2 dan minggu ke 4 setiap bulan nya, masyarakat jepang biasa membuang alat-alat rumah tangga yang sudah tidak terpakai. Dan untuk hari minggu, biasanya tempat penampungan sementara akan dibiarkan kosong, karena memang sudah begitu jadwalnya.

Biasanya aka nada tulisan yang berisikan himbauan agar semua sampah yang ada ditaruh di tempat pembuangan sampah sementara, antara pukul 8 hingga 9 pagi, agar bisa diangkut oleh truk sampah yang melintas. Bila sudah begitu, jangan coba-coba untuk membuang sampah ke tempat penampungan saat hari sudah malam ya Travel Mates! Nanti bisa dianggap merusak ketertiban umum loh!

 

Setelah Mengetahui Jadwal Buang Sampah Di Jepang, Apa Saja Sih Faedah Yang Bisa Kita Ambil Setelah Mengetahuinya?

image source : http://timnulis.com/

Setelah mengetahui tentang jadwal buang sampah di Jepang, alangkah baiknya kita membuat catatan kecil untuk memudahkan kita dalam mengingat hal detail tadi selama berwisata di Jepang. Terlebih bila hendak menyewa penginapan pribadi yang berbentuk rumah keluarga.

Bilapun Travel Mates lebih memilih menginap di Hotel, mungkin tidak akan terlalu dipusingkan dengan jadwal tadi. Meskipun begitu, tetap saja ya, senantiasalah untuk membiasakan diri melakukan penyortiran sampah, sebelum membuangnya ke tempat sampah.

Selain dapat mempermudah pekerjaan petugas kebersihan, kebiasaan baik ini juga boleh dilanjutkan saat nanti pulang ke Indonesia loh! Meskipun di awal-awal akan terasa berat, tapi apa iya, Anda akan membuang kebiasaan baik begitu saja? Tentu tidak kan?

 

Oke Travel Mates, itulah tadi artikel singkat kami tentang jadwal buang sampah di Jepang. Info yang kami berikan di artikel kami kali ini memang terbilang sederhana. Meskipun begitu, semoga artikel ini dapat membantu Anda saat pergi berwisata ke negri sakura ya!

Mengetahui jadwal buang sampah di Jepang sudah, lantas, kapan nih Travel Mates akan berwisata ke Jepang bersama H.I.S Travel Indonesia? Bila memerlukan bantuan, jangan ragu untuk berkonsultasi ke tim kami ya! Terimakasih, sampai jumpa lagi lain waktu Travel Mates!

Sebarkan Artikel