Jelajahi Destinasi Wisata Musim Dingin dengan Oykot
28-09-2020
HIS Travel
Jelajahi Destinasi Wisata Musim Dingin dengan Oykot
City Travel
Sebarkan Artikel

Berlibur di musim dingin memang menyenangkan. Selain dapat merasakan suasana kesejukan yang berbeda dengan di Indonesia, kita juga dapat menjumpai hal-hal yang tidak bisa ditemukan saat berlibur di musim lain. Jepang, terkenal akan 4 musimnya yang memiliki ciri khas masing-masing dan memiliki keindahan di tiap musimnya. Salah satu alasan yang membuat Nagano menjadi salah satu top destinasi di musim dingin adalah karena perpaduan antara keindahan alam dengan nuansa putih nya salju di musim dingin selalu bisa membuat para wisatawan berdecak kagum.

Hal ini pula yang membuat East Japan Railway Company atau JR East membuat seri dari Joyful Trains yang disebut Oykot Train. Kereta ini diciptakan agar wisatawan dapat merasakan kembali nuansa pedesaan khas masyarakat Jepang. Kereta ini mengusung tema kampung halaman seseorang (故郷 furusato) sehingga perjalanan kereta api menimbulkan rasa nostalgia dan penyembuhan bagi para penumpang. Travel mates akan dibawa melihat pemandangan alam yang indah seperti pedesaan, pegunungan, sungai dan sawah yang membentang. Sebenarnya nama "Oykot" ditulis dalam hiragana sebagai "Oikotto" (お い こ っ と) merupakan ejaan yang dibalik dari kata "Tokyo", dengan maksud untuk membawa wisatawan bernostalgia ke masa lampau dan untuk menggambarkan kontras dari kota seperti Tokyo.

 

Di dalam kereta Oykot

 

Tidak hanya pemandangan yang indah, travel mates juga bisa melihat desain kereta yang menyesuaikan dengan tema yang dimiliki, lho. Mulai dari interior kereta, desain tempat duduk hingga pakaian para kru di Kereta Oykot memiliki ciri khas seperti rumah tradisional. Bahkan jendela dibentuk seperti pintu kertas di rumah tradisional Jepang. Unik sekali ya.

Oiya, untuk penumpang yang mengikuti kereta wisata jalur Iiyama akan mendapatkan hidangan khusus berupa asinan nozawana (asinan atau acar sayur). Memakan asinan ini dengan ochazuke merupakan kebiasaan di area Shinshu.

Nozawana (asinan atau acar sayur)


Terdapat fakta yang menyenangkan pada musim dingin yaitu, hujan salju tertinggi yang tercatat di jalur JR yaitu tercatat di Iiyama line di Stasiun Morimiyanohara, yang dilewati Oykot. Saat Oykot berhenti di stasiun ini, travel mates dapat berfoto dengan sugeboshi (payung jerami dari masa lalu).

Berfoto dengan menggunakan Sugeboshi di Stasiun Morimiyanohara

 

Kereta Oykot beroperasi antara stasiun Nagano dan stasiun Tokamachi, dan waktu keberangkatan tergantung dengan kalender. Travel mates dapat melihat jadwalnya di sini. Semua kursi di Oykot memerlukan reservasi terlebih dahulu, yang dapat dilakukan secara online di sini, hingga satu bulan sebelumnya. Reservasi kursi juga dapat dilakukan setelah tiba di Jepang, di JR East Ticket Offices (midori-no-madoguchi) atau di JR East Travel Service Centers. Dan reservasi kursi  gratis bagi pemegang JR East pass.

Image source : East Japan Railway Company


Beberapa destinasi yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi ketika menaiki Kereta Oykot di musim dingin adalah Kamakura Snow Dome Villages dan Nabekura Kogen Mori-no-ie.


Kamakura Snow Dome Villages

Kamakura Snow Dome Villages merupakan destinasi wisata khas musim dingin yang berada di Nakasone, Iiyama, Nagano. Kamakura Snow Dome Villages buka dari sekitar akhir Januari hingga awal Maret, disini travel mates dapat merasakan pengalaman unik yaitu menikmati hidangan musim dingin seperti Noroshi nabe, hotpot dari Restoran Kamakura di dalam Igloo (rumah es) selama periode ini. Selain itu ada juga Kamakura Snow Festival, yaitu festival salju yang hanya ada untuk satu akhir pekan di pertengahan Februari, dengan berbagai macam aktivitas, pertunjukan, dan kembang api yang berlangsung di dalam Kamakura Snow Dome Village. Untuk menuju ke sini, kamu bisa menggunakan shuttle bus dari JR Iiyama Station.

Hotpot by Kamakura Restaurant

Igloo (rumah es)

 

Nabekura Kogen Mori-no-ie


Nabekura Kogen Mori-no-ie merupakan tempat yang cocok untuk kamu yang suka aktivitas di luar ruangan. Apalagi ditambah dengan pemandangan alam yang sangat indah ketika musim dingin. Disini kamu bisa melihat snow wall karena dan mencoba tour Snowshoe, yaitu tour mengelilingi desa dan hutan dengan sepatu salju. Tentunya kamu akan ditemani oleh pendamping ketika melakukan tour ini ya, karena kedalaman salju yang cukup dalam, akan cukup sulit berjalan kalau kamu tidak terbiasa.

Snowshoe experience di  Nobekura Kogen Mori-no-Ie


Nobekura Kogen Mori-no-Ie


Ingin tahu lebih jelas mengenai kereta Oykot dan destinasi musim dingin seperti yang disebutkan di atas, travel mates bisa cek di video berikut :

 

 

Dan travel mates juga bisa cek artikel di sini untuk detail kereta Oykot yang lebih lengkap!


Bagaimana Travel Mates? Tertarik ingin mencoba berwisata penuh nostalgia dan merasakan suasana kampung halaman bersama "Oykot" dan mengunjungi berbagai destinasi musim dingin yang sangat indah? Kamu bisa mendapatkan pengalaman seru ini dengan menggunakan JR EAST PASS (Nagano, Niigata area)!

Selamat berwisata~

Sebarkan Artikel