4 Jenis Sup Mie Khas Vietnam yang Wajib Dicicipi
18-08-2018
HIS Travel
4 Jenis Sup Mie Khas Vietnam yang Wajib Dicicipi
Food
Sebarkan Artikel

Halo travel mates kembali lagi bersama kami HIS Travel Indonesia, nah kalau berlibur ke suatu negara yang tak boleh terlupakan adalah mencicipi makanannya lokal atau khasnya. Kenapa? Karena mungkin kita tak akan bisa menemukan makanan seperti itu di negara asal kita, dan mungkin cita rasa tiap makanan dari berbagai negara di dunia berbeda-beda dan punya keunikan masing-masing. Jika pergi liburan ke Vietnam, salah satu jenis makanan lokal yang harus kita icipi adalah noodle soups atau sup mienya. Salah satu yang terkenal adalah Pho, tahukah travel mates jika ternyata masih banyak noodle soup selain Pho! Kal ini kami akan mengulas informasi mengenai 4  jenis sup mie khas Vietnam yang wajib dicoba. Here we go!

1. Bun Thang

image source : saveur

Salah satu jenis makanan lokal khas Vietnam yang wajib kita coba adalah Pho, Pho adalah sup mie yang berisi mie kuning, sayuran hijau, kemudian daging, yang dimasak menggunakan bumbu khusus dan disiram menggunakan kuah yang segar. Nah selain Pho, ternyata Vietnam masih memiliki makanan lokal mie sup lainnya loh travel mates! Salah satunya adalah Bun Thang, Thang sendiri berarti tangga dalam bahasa Vietnam, namun karena tidak ada kaitannya dengan makanan maka para sejarawan Vietnam memperkirakan jika kata “Thang” tersebut adalah bahasa China yang diejka sebagai Tang. Makanan Bun Thang ini dikenal di Vietnam Utara, dan merupakan salah satu jenis sup mie yang kaya rasa. Kaldunya terbuat dari kombinasi udang, kemudian tulang ayam atau babi, yang ditambahkan bumbu bernama mam tom. Mie berwarna kuning dilengkapi dengan irisan daging ayam, telur julien, ham Vietnam, dan juga daun bawang. Bun Thang ini juga diberi beberapa tetes ca cuong, yang memberikan rasa pedas. Tertarik mencoba?

2. Banh Canh

image source : saveur

Jenis sup mie khas Vietnam yang kedua adalah Banh Canh. Selain Pho dan Bun Thang, Banh Canh ini cukup lezat dan harus travel mates coba ketika berplesiran ke Vietnam. Banh Canh sendiri adalah mie berkuah yang hampir mirip dengan Pho. Hanya saja beda dalam isiannya dan juga bahan mienya. Mie yang ada di dalam Banh Canh ini terbuat dari tepung tapioka yang dibentuk bulat dan besar, setelah itu dimasak bersama kaldu kuah yang terbuat dari daging babi. Biasanya topping dari Banh Canh adala irisan daun bawang, kemudian diberi beberapa udang rebus, dan irisan daging babi rebus. Namun bagi travel mates yang ingin makan Banh Canh yang halal maka bisa mencoba Banh Canh variasi yaitu Banh Canh Cua yang diberi topping kepiting. Ngiler nggak nih?

3. Bun Rieu

image source : saveur

Next, ada Bun Rieu yang siap menggoyang lidah travel mates. Jika berlibur ke Vietnam jangan lupa untuk mencoba makan sup mie Bun Rieu ini ya! Bun Rieu sendiri adalah sup mie bihun yang memiliki rasa yang sangat kuat dan unik. Terbuat dari mie bihun yang dicampur menggunakan kaldu daging (bisa daging babi atau daging sapi) yang dicampur menggunakan kaldu atau pasta tomat. Kemudian diberi tambahan seperti telur, tahu goreng, irisan daging, daging kepiting, dan beberapa jenis sayuran hijau. Terkadang beberapa penjual menambahkan minyak biji annatto atau cabai Thailand untuk menambah rasa segar dan pedas pada Bun Rieu ini. Walau yang terkenal dan standar di Vietnam adalah Bun Rieu dengan daging babi. Namun banyak sekali penjual yang menjual Bun Rieu dengan kombinasi udangm daging kepiting, daging sapi, bahkan siput yang tentunya halal untuk umat muslim.

4. Bun Bo Hue

image source : saveur

Yang terakhir adalah Bun Bo Hue, sup mie yang satu ini mungkin masih sering tidak diketahui oleh travel mates. Padahal Bun Bo Hue memiliki rasa yang sanat menggugah selera dan memiliki aroma yang kuat. Bun Bo Hue ini adalah salah satu jenis sup mie daging sapi yang memiliki kuah berwarna merah tua kecoklatan dan punya aroma yang sangat strong dan khas. Bumbu kuahnya saja terbuat dari rempah-rempah, memiliki rasa asam, manis yang seimbang. Biasanya kuah dibuat dari campuran tulang dan daging sapi rebus, kemudian pasta udang, serai, gula, dan rempah lainnya. Berminat mencoba Bun Bo Hue travelers?

Nah itu tadi beberapa jenis sup mie khas Vietnam. Jika ingin liburan ke Vietnam kenapa tidak mencoba HIS Travel Indonesia saja?

Sebarkan Artikel