7 Jenis Tiket Kereta Di Jepang Dan Dimana Mencarinya
09-07-2018
HIS Travel
7 Jenis Tiket Kereta Di Jepang Dan Dimana Mencarinya
Jepang
Sebarkan Artikel

Jika kamu berencana untuk menggunakan transportasi umum saat berlibur di Jepang, lebih baik bersiaplah! Berlibur ke Jepang mungkin adalah impian bagi semua orang, tetapi memahami sistem transportasi umum di Jepang adalah tantangan yang cukup sulit. Namun selama di Jepang, kamu akan lebih sering menggunakan kereta api, jadi harus paham mengenai seluk beluk kereta api Jepang mulai dari jenis kereta, jenis tiket, jalur dan stasiun.

 

Sistem kereta api di Jepang sangat berkembang dengan baik, tepat waktu, ekstensif dan beragam sehingga kamu dapat berasumsi bahwa ke mana pun kamu pergi, pasti akan ada kereta yang akan membawa kamu ke sana. Meskipun demikian, hal pertama yang harus diketahui adalah bahwa jalur kereta api di Jepang tidak dioperasikan oleh satu perusahaan. National Japan Railways Group mengelola sekitar 80% rel kereta api, tetapi sisanya adalah perusahaan swasta.

Oleh karena itu, ketika membaca peta visual di atas mesin penjual tiket di Jepang, kamu akan melihat bahwa beberapa jalur yang mengarah ke arah yang sama memiliki harga yang berbeda. Hal tersebut karena setiap perusahaan memiliki daftar harganya sendiri. Tiket untuk perjalanan jarak pendek dijual di vending machine, sedangkan tiket untuk perjalanan jarak jauh dapat dibeli di ticket counter.

 

Bagi kamu yang masih pemula, mungkin bingung dengan mesin tiket khas Jepang yang memiliki banyak sekali tombol sehingga memahami cara membeli tiket memang tidak selalu mudah. Untuk sedikit mengurang kebingungan kamu, lebih baik ketahui dulu jenis-jenis tiket kereta di Jepang dan dimana mencarinya:

 

1. Tiket Reguler

Tiket kereta api ini berlaku untuk semua jenis kereta reguler dari stasiun A menuju ke stasiun B. Harga tiket dihitung berdasarkan jarak antara stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan kamu. Harga perkilometer sekitar 20 yen untuk jarak dekat, dan menjadi 10 yen untuk jarak jaug. Jika ingin membeli tiket kereta reguler, kamu bisa membelinya di loket atau mesin tiket yang ada di setiap stasiun kereta.

Image source : flickr.com

 

2. IC Card

IC Card adalah kartu transportasi isi ulang dengan sistem prabayar, yang dapat digunakan untuk membayar kereta atau bus. Ada banyak IC Card yang bisa kamu beli, tetapi Pasmo dan Suica adalah kartu transportasi yang paling populer di Tokyo. Bahkan sekarang ini IC Card sudah terintegrasi dengan beberapa restoran dan minimarket sehingga kamu bisa melakukan pembayaran secara non tunai.

 

Untuk mendapatkan IC Card, kamu bisa membelinya di loket atau mesin tiket yang ada di setiap stasiun kereta. Biaya awal terdiri dari uang deposit yang dapat dikembalikan, yakni sebesar 500 yen dan ditambah dengan saldo awal sekitar 1500 yen yang telah dibebankan ke kartu.


Image source : wikimedia.org

 

3. Seishun 18 Kippu

Tiket Seishun 18 Kippu adalah tiket kereta api musiman yang memungkinkan kamu untuk melakukan perjalanan ke seluruh Jepang selama lima hari tanpa batas menggunakan kereta lokal JR dan kereta cepat hanya dengan 11.850 yen, atau 2,370 yen per hari. Tiket Seishun 18 Kippu hanya tersedia tiga kali setahun selama musim liburan sekolah. Di mana Tiket Seishun 18 Kippu dijual? Tiket ini dapat kamu beli di sebagian besar stasiun JR di seluruh Jepang.

Image source : kodomonosekaii.blogspot.com

 

4. Japan Rail Pass

Japan Rail Pass adalah induk dari semua tiket kereta yang memungkinkan kamu untuk menggunakan semua jenis kereta JR dari Kagoshima di selatan Jepang hingga ke ujung utara Hokkaido. Kamu dapat menggunakan semua jenis kereta mulai dari Shinkansen hingga kereta komuter lokal, bus dan bahkan feri yang tergabung dalam Japan Rail.

 

Japan Rail Pass sendiri hanya dapat digunakan oleh turis asing yang sedang berlibur di Jepang. Tiket JR dapat kamu beli melalui internet atau agen perjalanan di luar Jepang. Beruntungnya, mulai dari 8 Maret 2017 hingga 31 Maret 2019, kamu bisa membeli membeli Japan Rail Pass dengan biaya tambahan di beberapa stasiun utama dan bandara utama di Jepang, termasuk Bandara Narita, Bandara Haneda dan Bandara Kansai.

Images source : kiminodensha.blogspot.com

 

5. JR Tokyo Wide Pass

JR Tokyo Wide Pass adalah tiket kereta api untuk penggunaan eksklusif bagi pemegang paspor non-Jepang. Tiket kereta yang satu ini menyediakan perjalanan tanpa batas menggunakan kereta JR (termasuk shinkansen dan limited express trains) dan kereta non-JR tertentu di Wilayah Kanto selama tiga hari berturut-turut. Tiket ini sebelumnya dikenal sebagai JR Kanto Area Pass. Jika ingin mebeli tiket ini,  JR Tokyo Wide Pass dijual di Narita Airport, Haneda Airport serta beberapa stasiun seperti Tokyo, Shinagawa, Shinjuku, Shibuya, Ikebukuro, Ueno, Yokohama, dan Mito.

Image source : tania-monogatari.blogspot.com

 

6. Special Pass

Special Pass atau tiket terusan khusus diperuntukan bagi kamu yang sering bolak balik pada area dan periode tertentu menggunakan kereta sehingga harganya akan jauh lebih murah daripada harus mebeli secra berulang kali. Salah satu contoh Special pass yang dapat kamu berli adalah tiket dari stasiun Kichijoji menuju Kamaguchi-ko. Harga special pass tersebut sekitar 4300 yen, sedangkan tiket biasa sekali jalan adalah 3300 yen. Kamu bisa membeli tiket ini di mesin penjual tiket otomatis hampir di semua stasiun.

Image source : blog.halal-navi.com

 

7. Subway Pass

Kereta bawah tanah Tokyo adalah bagian dari sistem transit cepat yang terdiri dari Tokyo Metro dan Toei Subway di wilayah Tokyo, Jepang. Sementara sistem kereta bawah tanah itu sendiri sebagian besar berada di pusat kota, tetapi beberapa jalurnya juga terhubung dengan  jalur kereta api di pinggiran kota. Tiket subway bisa kamu beli di mesin penjual otomatis khusus untuk subway. Jangan beli untuk kereta JR biasa. Loket-loket untuk subway bisa kamu temui sebelum gate di stasiun-stasiun subway mana saja.


Image source : wenibebe-ducklink.blogspot.com

 

Jika kamu berencana untuk berlibur ke Jepang, yuk persiapkan perjalanan wisata kamu bersama H.I.S. Travel Indonesia ! H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Bahkan, kamu juga bisa membeli Japan Rail Pass melalui website H.I.S. Travel Indonesia.

 

Top image source : myoko.tv

Sebarkan Artikel