Ke Jepang Saat Akhir Tahun? Jangan Lewatkan Kuliner Khas Musim Dingin Ini!
11-12-2018
HIS Travel
Ke Jepang Saat Akhir Tahun? Jangan Lewatkan Kuliner Khas Musim Dingin Ini!
Food
Sebarkan Artikel

Traveling adalah salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan untuk melepas penat dan ajang untuk melakukan quality time bersama keluarga. Jika sebentar lagi travel mates ingin berlibur bersama keluarga untuk menyambut Natal dan tahun baru maka kami sarankan supaya travel mates berlibur ke Jepang saja karena saat ini sedang musim dingin dan turun salju. Jika travel mates ke Jepang Saat Akhir Tahun? Jangan Lewatkan Kuliner Khas Musim Dingin Ini karena mungkin saja hanya bisa ditemukan di Jepang saat musim dingin. Hmm, apa saja ya kulinernya? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Tori Zosui

Gambar terkait

image source :thedailymeal.com

Makanan khas musim dingin yang pertama adalah Tori Zosui. Jika di Indonesia mungkin makanan ini disebut sebagai bubur ayam. Tori Zosui ini adalah bubur dari beras yang dicampur menggunakan daging ayam, sama seperti bubur ayam yang biasa kita makan di Indonesia. Namun tentu saja memiliki cita rasa yang berbeda ya. Biasnaya Tori Zosui ini dicampur dengan telur dan juga udang, Tori Sozui ini bisa kita temukan di kedai makanan yang berada di pinggir jalanan kota. Dan bisa kita temukan dengan mudah ketika musim dingin tiba. Jadi jika travel mates sedang berlibur ke Jepang dan mungkin kurang menyukai makanan Jepang yang aneh-aneh maka cobalah Tori Zosui karena rasanya yang tak jauh beda dari bubur ayam di Indonesia.

2. Yudofu

Hasil gambar untuk yudofu

image source : favy

Selain mencoba Tori Zosui, selama berada di Jepang wajib untuk mencba Yudofu atau yang lebih dikenal sebagao Hot Tofu. Dari namanya saja “tofu” sudah ketahuan jika di dalam makanan ini pasti ada tahunya. Yudofu ini bisa kita temukan di Jepang ketika musim dingin tiba atau ketika hari Thanksgiving. Yudofu merupakan tahu yang sebelumnya telah dimasak khusus bersama kaldu kemudian bisa dimakan menggunakan soy sauce atau saus khusus lainnya. Kami menyarankan supaya travel mates mencoba Yudofu ketika sedang berlibur ke Jepang.

3. Oden

Hasil gambar untuk oden

image source :favy

Ke Jepang saat akhir tahun? Jangan lewatkan kuliner khas musim dingin ini yaitu salah satunya adalah Oden. Oden sendiri adalah salah satu masakan KhAS Jepang yang di dalamnya terdapat berbagai macam bahan seperti tempura yang direbus bersamaan dengan kuah bernama Dashi yang terbuat dari katsuobushi, kecap asin, dan juga kombu. Biasanya yang dimasukkan ke dalam kuah Dashi adalah lobak, konnyaku, tempura, telur rebus, chikuwabu, dan chikuwa. Untuk bisa mencicipi Oden, kita bisa membelinya di street food sepanjang jalanan kota.

4. Mizutaki

Hasil gambar untuk mizutaki

image source : Zojirushi

Next, ada makanan Mizutaki yang wajib sekali untuk travel mates coba. Mituzaki ini adalah chikcen hot pot yaitu dagin ayam yang direbus bersama sayuran seperti misalnya saja sawi putih, jamur, wortel, dan sayur tambahan lainnya yang direbus bersama kaldu ayam dan di hotpot. Mizutaki ini sangat cocok untuk dikonsumsi ketika musim dingin datang. Oleh karena itu jika travel mates sedang berlibur ke Jepang ketika musim dingin tiba maka kami sarankan supaya travel mates mencoba Mizutaki ini ya.

5. Ankake Udon

Hasil gambar untuk ankake udon

image source : Airfrov

Yang selanjutnya adalah Ankake Udon. Mungkin travel mates sudah  mengenal Udon, yaitu merupakan mie khas Jepang. Nah sekarang apa itu Akake Udon? Ankake Udon ini merupakan sup kental yang biasanya dibuat dari kaldu ikan yang ditambahkan dengan saus kedelai. Yang kemudian dituangkan ke dalam semangkuk mie yang baru saja dimasak, biasanya diatasnya diberi tambahan toping yaitu jamur shitake, telur gulung datemaki, dan juga bisa disajikan bersama telur rebus. Ankake Udon ini merupakan salah satu jenis makanan musim dingin yang wajib dicicipi ketika berada di Negeri Sakura Jepang.

6. Yosenabe

Hasil gambar untuk yosenabe

image source : HIS Travel

Tak lengkap rasanya jika tak juga mencoba yosenabe. Yosenabe sendiri merupakan salah satu jenis makanan khas Jepang yang disajikan pada musim dingin. Makanan berkuah ini disajikan dalam bentuk hot pot dan didalamnya bisa kita temukan berbagai jenis seafood, kemudian daging, sayuran seperti jamur dan lain-lain, hingga tahu. Jadi bagi travel mates yang ingin makan yang hangat-hangat dan menyehatkan selama liburan di Jepang jangan lupa mencoba Yosenabe!

7. Sukiyaki

Hasil gambar untuk sukiyaki

image source : favy

Kemudian makanan terakhir yang tak boleh dilupakan oleh travel mates ketika berplesiran ke Jepang adalah Sukiyaki. Sukiyaki sendiri adalah irisan daging sapi yang diiris tipis-tipis, kemudian dicampur bersama sayuran seperti jamur, dan juga ditambah tahu yang dimasak di panci besi. Biasanya sayuran yang dimasukkan ke dalam sukiyaki seperti bawang bombay, daun bawang, sawi putih, jamur enoki, jamur shitake, dan dialamnya juga ditambahkan kocokan telur ayam. Sukiyaki ini dimasak menggunakan kuah khusus seperti kaldu ikan.

Nah itu tadi infromasi yang bisa kami sampaikan kepada travel mates. Jika ke Jepang Saat Akhir Tahun? Jangan Lewatkan Kuliner Khas Musim Dingin Ini! Jangan lupa untuk menggunakan jasa HIS Travel Indonesia ya. Semoga artikel yang kami bagikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat!

Sebarkan Artikel