Kebudayaan China yang Cukup Mengejutkan Bagi Orang Asing
25-05-2018
HIS Travel
Kebudayaan China yang Cukup Mengejutkan Bagi Orang Asing
Tips
1
Sebarkan Artikel

Peradaban China telah berkembang selama ribuan tahun, dan terus berkembang hingga sekarang. Maka sudah menjadi hal yang lumrah apabila kamu menemukan beberapa hal yang mengejutkan di sana.

Bersendawa itu dianggap sebagai bentuk penghormatan atau rasa puas

Di China, bersendawa dianggap sebabagai bentuk rasa puas terhadap makanan dan merupakan tanda pujian untuk sang koki. Kalau kamu sedang berwisata di China dan menemukan banyak orang yang bersendawa dengan kencang seusai makan,kamu sudah tidak perlu merasa sungkan atau risih kalau hal ini terjadi ya.

Di Tiongkok, anjing pelacak diganti dengan angsa karena angsa lebih berguna daripada anjing

Rumah-rumah di China tidak mengandalkan anjing untuk menjaga rumah dari pencuri atau perampok. Mereka memilih angsa yang terkenal berisik jika bertemu orang asing. Di beberapa lokasi seperti Provinsi Xinjiang, angsa lokal biasanya digunakan oleh penegak hukum. karena mereka punya penglihatan yang tajam, cukup berisik, dan mereka bisa jadi agresif, karena itu mereka sering menggantikan anjing penjaga. Kalau bertemu dengan angsa penjaga, sebaiknya kamu berhati-hati ya.

Menunjuk-nunjuk orang itu hal yang nggak sopan

Di beberapa tempat seperti Tibet, Jiuzhaiguo, dan beberapa tempat berpopulasi penduduk Tibet, menunjuk-nunjuk adalah sikap yang kasar.

Karena menunjuk orang atau beda dengan jari dianggap kasar, maka hal yang dilakukan biasanya adalah menggunakan semua tangan dengan telapak tangan mengarah ke atas dan jari datar. Hal ini merupakan hal yang sebaiknya kamu ingat ketika berlibur ke China, karena menjaga sopan-santun ketika berwisata adalah hal yang penting.

Mereka makan segala yang bergerak

Kalau kamu sedang berwisata ke China dan melihat barang yang dijual di supermarket dan bazaar, biasanya mereka menawarkan berbagai pilihan satwa liar untuk dimakan. Mulai dari buaya, kura-kura, hiu, katak, anjing, kucing, kecoak, hingga belatung. Masakan lokal sangat beragam, jadi pastikan untuk bertanya pelayan tentang isi hidangan jika memesan makanan di sana. Bahkan belum lama ini mulai muncul makanan dari bayi tikus yang masih hidup, dan mereka memakannya langsung. Hiii...

Apa kamu penasaran dan ingin mencoba seperti apa rasanya?

Celana khusus anak-anak

Orang tua di China biasanya memakaikan celana dengan lubang pada anak-anak usia 2 hingga 3 tahun. Sehingga mereka bisa kencing di manapun dan kapanpun dengan mudah.

Ulang tahun dirayakan 10 tahun sekali

Banyak orang China yang merayakan ulang tahun mereka menurut tradisi lama, yaitu 30 hari setelah kelahiran, kemudian satu tahun setelah kelahiran, di usia 6 tahun, dan setelah itu setiap 10 tahun sekali. Perayaan ulang tahun besar-besaran dirayakan pada usia 60 dan 80 tahun.

Namun ada beberapa usia tertentu yang sengaja dilewati. Kebanyakan wanita tidak merayakan ulang tahun ke-30, ke-33, dan ke-66. Mereka percaya saat di usia-usia tersebut akan mengalami nasib buruk sepanjang tahun. Sementara kaum pria melewatkan ulang tahun mereka yang ke-40 dengan alasan yang sama.

Di China terdapat pabrik nyamuk terbesar

Kamu tahu kan kalau penyakit demam berdarah merupakan salah satu penyebab dari tingginya tingkat kematian. Untuk mengatasi hal tersebut, ilmuwan China menginfeksi nyamuk jantan dengan bakteri khusus yang membuat mereka tidak subur, dan kemudian mereka dibebasliarkan menginfeksi nyamuk betina. Akibatnya nyamuk betina tidak punya keturunan sehingga tidak ada lagi nyamuk penyebar demam berdarah.

Jadi di China ada pabrik nyamuk yang mampu menghasilkan 20 juta ekor setiap minggunya. China mungkin bisa berbangga menjadi penghasil nyamuk terbesar di dunia. Nyamuk-nyamuk ini dikembangbiakkan untuk melawan nyamuk betina pembawa virus demam berdarah.

Makan mie umur panjang

Mie umur panjang adalah hidangan tradisional yang dibuat untuk ulang tahun, pesta pernikahan, dan saat merayakan Imlek. Dengan panjang hingga beberapa meter, mie umur panjang akan mengisi mangkuk sampai penuh. Semakin panjang dan padat mie, semakin panjang umur dan kaya kehidupan seseorang yang memakannya.

Di China, cangkir teh-mu akan selalu diisi

Tradisi ini dikenal sebagai "tea tapping". Tuan rumah akan selalu memastikan kalau cangkir teh mu tak pernah kosong dan sewaktu mereka mengisi cangkirnya sebagai bentuk rasa sopan terhadap tamunya, orang yang gelas cangkirnya diisi akan menepuk meja sebagai bentuk rasa terima kasih.

Meludah adalah hal yang umum

Jangan kaget kalau kamu melihat banyak orang meludah di China. Meski sudah banyak tindakan yang dilakukan untuk mengurangi aktifitas ini, tapi meludah ketika berjalan di jalanan atau di sekitar orang lain, bahkan di transportasi umum maipun di dalam ruangan adalah hal yang wajar bagi masyarakat China.

Orang-orang biasa tidur siang di jalanan

Tidur siang adalah hal yang umum di China, dan kamu bakal sering melihat mereka tertidur di kereta, bus, mobil, atau di tepat paling nggak keren di jalanan.

Aktifitas ini sangat umum, bahkan ada situs website Sleeping Chinese, yang didekasikan khusus untuk menyimpan foto-foto berbagai orang yang tidur ini di tempat yang nggak biasa

1
Sebarkan Artikel