Keindahan Sakura di Barat Jepang
20-03-2020
HIS Travel
Keindahan Sakura di Barat Jepang
Jepang
Sebarkan Artikel

Hallo, Travel Mates. Tidak terasa sudah mulai memasuki musim semi ya? Bersamaan dengan musim semi datang juga kehidupan, salah satu bentuk kehidupan tersebut adalah bunga. Bicara bunga, salah satu bunga yang menjadi ikon Jepang dan dinantikan banyak orang pastinya adalah Sakura. Travel Mates pasti sudah sering mendengar dan melihat bunga Sakura mungkin tidak hanya di media massa, tapi juga melihat langsung di Jepang. Nah, kalau Travel Mates penasaran untuk melihat bunga Sakura, bagian barat Jepang menyediakan banyak sekali spots yang luar biasa dan bisa membuat Travel Mates mendapat pengalaman yang terkenang indah. Penasaran dimana saja tempatnya? Yuk kita bahas beberapa tempat menarik tersebut!

1. Japan Mint Sakura Passage

Osaka Mint Bureau adalah nama asli dari tempat ini dan merupakan pusat dari Japan Mint, atau agen pemerintah yang mengurus peredaran mata uang koin, lalu  analisis, tes, dan sertifikasi medali di Jepang. Meskipun gedung utama merupakan gedung pemerintahan, tempat ini juga terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihat bunga sakura di Barat Jepang. Ratusan jenis pohon sakura tumbuh di daerah Osaka Mint, dan gerbang untuk masuk ke perkebunan gedung bahkan dibuka untuk umum selama satu minggu di pertengahan bulan April. Selain di dalam daerah pemerintahan, di luar daerah gedung pun terdapat banyak pohon sakura yang juga menghiasi daerah pemerintahan ini, dan tentunya bisa diakses oleh umum.

Akses : Kereta ke St. Temmabashi > Jalan 10 menit

2. Tetsugaku no Michi

Philosopher’s Path atau dikenal juga dengan Testugaku no Michi merupakan sebuah jalan setapak di samping sebuah kanal yang membentang sepanjang 2 kilometer dan menghubungkan Kuil Nanzen-ji dengan Kuil Ginkaku-ji di Kyoto. Penamaan jalan ini diambil dari kisah seorang filsuf (philosopher) terkenal bernama Nishida Kitaro yang selalu berjalan sepanjang jalan ini, sambil melakukan meditasi untuk menuju ke Universitas Kyoto. Banyak tokokecil yang dibuka sepanjang jalan, ada juga beberapa kuil di jalan ini. Selain terkenal untuk melihat bunga sakura, jalan ini pun sangat indah pada saat musim gugur.

Akses : Ginkaku-ji atau Nanzen-ji

3. Kema Sakuranomiya Park

Terletak di sepanjang sungai Ogawa, sebuah jalan dengan jarak lebih dari 4 kilometer ini memiliki taman yang dihias dengan lebih dari 4.000 pohon sakura yang bisa dinikmati oleh siapa pun yang mengunjungi tempat ini. Pengunjung bisa dengan tenang menyusuri jalan ini sambil memandang bunga sakura, atau dengan persiapan yang cukup bisa juga menggelar tikar dan piknik bersama keluarga, sahabat, rekan kerja, atau pasangan masing-masing. Untuk pengalaman yang lebih mengesankan, kamu bisa juga memandang sakura dengan naik kapal penyebrangan yang beroperasi sepanjang kanal di sini. Jika kamu menaiki kapal ini, kamu bisa melihat sakura dari kedua sisi kanal ini karena kedua sisi dihiasi oleh indahnya pohon sakura.

Akses : Kereta ke St. Sakuranomiya atau St. Osakajo-kitazume Station di Jalur JR Tozai

4. Maruyama Park

Maruyama Park adalah taman tertua yang ada di daerah Kyoto, Jepang. Berada bersebelahan dengan Kuil Yasaka-Jinja, di kaki pegunungan daerah timur dari Kyoto dan merupakan salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk melihat bunga sakura ketika berjalan-jalan di daerah barat Jepang. Ikon utama dari tempat ini merupakan sebuah pohon Shidarezakura yang ada tepat di tengah daerah dari taman ini, dan banyak pengunjung yang menikmati pemandangannya dengan sekedar melihat saja, bahkan banyak juga yang piknik di bawah pohon sakura yang luar biasa ini.

Akses : Kereta ke St.Kyoto > Bis Lokal

5. Mount. Yoshino

Rekomendasi tempat lainnya merupakan sebuah gunung yang berubah menjadi warna merah muda saat masuk musim semi di Jepang, yaitu Gunung Yoshino. Alasan mengapa gunung ini berubah warna saat musim semi, jelas disebabkan oleh bermekarannya bunga sakura di seluruh daerah gunung ini. Luasnya daerah gunung ini membuatnya dibagi menjadi 4 daerah, yaitu Shima Senbon, Naka Senbon, Kami Senbon dan Oku Senbon. Sayangnya dengan daerah yang sangat luas ini, akan cukup sulit untuk menyelesaikan tour hanya dalam satu hari. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menginap di salah satu ryokan atau penginapan tradisional Jepang yang tersedia di sekitar kota yang ada di kaki gunung ini. Beberapa ryokan ini bahkan menyediakan rotenburo atau dengan kata lain, outdoor onsen.

Akses : St. Yoshino > Bis Lokal

Jika kamu tertarik untuk datang ke Jepang pas musim semi untuk berburu keindahan bunga sakura, jangan sampai ketinggalan kesempatan untuk mendatangi beberapa tempat yang direkomendasikan di atas, ya. Selain itu, jika kamu ingin lebih praktis untuk mendapatkan akses ke daerah-daerah tersebut, kamu bisa menggunakan JR West Pass, mulai dari Kansai Area Pass ya. Untuk informasi yang lebih detail, kamu juga bisa akses langsung website nya, di sini. Kasih tahu juga di kolom komentar kemana aja kamu mau berkunjung kalau ke daerah barat Jepang, ya. Jalan-jalan ke Barat Jepang, yuk.

Sebarkan Artikel