Kenapa Sih Orang Jepang Suka Bunga Sakura?
28-02-2020
HIS Travel
Kenapa Sih Orang Jepang Suka Bunga Sakura?
Jepang
Sebarkan Artikel

Jika bicara mengenai SAKURA, pasti kita akan langsung memikirkan Jepang. Erat kaitannya Jepang dengan bunga sakura sehingga setia orang yang membicarakan Jepang pasti yang dibahas pertama adalah bunga sakura. Orang lokal Jepang sangat menyukai Bunga Sakura, kenapa ya? Pada kesempatan kali ini HIS Travel Indonesia akan mengajak travel mates untuk mengetahui alasan kenapa sih orang Jepang suka bunga sakura? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Bunga Sakura yang Hidup Dalam Budaya Jepang

Image result for bunga sakura

image source : Lifestyle - SINDOnews

Salah satu yang menjadi alasan kenapa banyak sekali orang Jepang yang menyukai Bunga Sakura adalah karena Bunga Sakura sendiri sudah banyak muncul di budaya Jepang. Sejak jaman dahulu, bunga Sakura merupakan subjek yang sering ditemui di kebudayaan Jepang. Pada jaman dahulu bunga sakura sering disebut dalam lagu-lagu kuno Jepang salah satunya Ariwara no Narihira, itu menunjukkan bahwa sejak jaman dahulu orang Jepang memang merasa gembira jika sedang melihat bunga Sakura bermekaran.

Selain itu juga lukisan yang di dalamnya terdapat unsur bunga Sakura juga ditemukan sejak jaman dulu. Walaupun mungkin masa mekar bunga Sakura hanya berlangsung selama 10 hari namun bunga sakura ini sangat dicintai oleh masyeakat Jepang, terbukti hampir di tiap lukisan kita menemukan bunga Sakura.

Bunga Sakura dalam Kuliner Jepang

Image result for cherry blossom food

image source : Klook

Alasan kenapa sih orang Jepang suka bunga sakura? Bunga Sakura tidak hanya mudah ditemukan di seni Jepang saja, namun sudah merambah hingga ke dunia kuliner. Terbukti kita dapat dengan mudah menemukan bunga sakura dalam berbagai bentuk kuliner, seperti misalnya gula-gula berbentuk bunga sakura. Tidak hanya diaplikasikan dalam bentuknya saja, kita juga bisa menemukan rasa dan aroma bunga sakura dalam berbagai makanan dan minuman khas Jepang. Banyak sekali snack-snack khas Jepang yang menggunakan rasa bunga Sakura. Dan biasanya snack dengan bunga sakura ini dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa dari Jepang.

Festival Hanami

Image result for hanami festival

image source : AllAbout-Japan.com

Jepang sangat menghargai bunga sakura dan sangat mencintai jenis bunga yang sangat cantik ini. Selain mudah ditemukan di seni dan juga kuliner Jepang, rupanya bunga sakura sangat dihargai dan dihormati karena setiap kali bunga sakura mekar diadakan festival untuk menyambutnya. Festival itu adalah Festival Hanami, Hanami merupakan salah satu tradisi tradisional khas Jepang untuk menyambut musim semi yaitu saat bunga sakura mulai mekar. Biasanya Hanami akan dimulai pada akhir Maret hingga awal bulan Mei.

Hanami Festival ini biasa dilakukan di beberapa tempat yang tersebar di seluruh Jepang, tepatnya dilakukan di taman-taman kota yang bunga sakuranya mekar bersamaan. Saat Festival Hanami, masyarakat Jepang akan piknik bersama keluarga atau orang terkasihnya, mereka akan piknik ramai-ramai di bawah pohon Sakura yang sedang mekar. Menikmati indahnya bunga-bunga sakura yang sedang mekar sambil menyantap makanan piknik. Biasanya juga akan ada beberapa penampilan seni dari artis lokal Jepang.

Sekarang travel mates sudah tahu alasan kenapa sih orang Jepang suka bunga sakura? Jika travel mates ingin pergi liburan Jepang maka travel mates bisa menggunakan jasa HIS Travel Indonesia. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi travel mates semuanya!

 

 

Sebarkan Artikel