Kimono Sebagai Warisan Budaya Jepang
13-02-2020
HIS Travel
Kimono Sebagai Warisan Budaya Jepang
Jepang
Sebarkan Artikel

Kimono lahir dan dikembangkan di sepanjang sejarah Jepang dari dulu hingga sekarang. Zaman sekarang, penggunaan Kimono adalah sebagai pakaian resmi pada saat acara-acara penting, seperti pada saat Festival Kedewasaan (Seijinshiki), atau upacara Pernikahan, dan yang lainnya. Selain itu, banyak juga orang yang memakai Yukata pada saat menikmati acara festival pada musim panas. Pakaian Jepang juga merupakan salah satu barang yang penting untuk dikenakan baik pada saat acara kebudayaan seperti Chadou (acara minum teh) dan Shodou (penulisan kaligrafi Jepang), maupun pada acara seni seperti Kabuki (acara tairan dan drama Jepang)  dan Noh (drama Jepang). Meskipun begitu, penggunaan Kimono sebagai pakaian sehari-hari merupakan hal yang jarang. Adapun beberapa pihak yang hanya berkata pada awalnya, “Saya memang tertarik terhadap Kimono, tapi sering malu untuk memulai karena tak punya ilmunya.”.

Mendalami ilmu tentang Kimono berarti juga mendalami ilmu tentang Jepang. Sebagai contoh, kain yang digunakan dalam pembuatan Kimono merupakan hasil pemanfaatan alam Jepang, dan desain yang diukirkan pada Kimono terinspirasi dari karakteristik masing-masing musim yang terjadi di Jepang. Layaknya Kimono dengan jenis Tomesode atau Houmongi, masing-masing dibuat dengan mempertimbangkan sudut pandang dari pemakai, dan efek yang ditimbulkan kepada lawan bicara. Bahkan bisa dikatakan bahwa Kimono merupakan salah satu barang dimana orang Jepang bisa mengekspresikan budaya dan semangat Jepang.

Tujuannya adalah menghubungkan budaya dengan hati dari warga Jepang melalui Kimono, terlebih lagi dengan adanya keinginan untuk mendaftarkan Kimono sebagai warisan budaya melalui UNESCO layaknya Washoku (makanan khas Jepang) dan Washi (kertas Jepang).

Kami berharap anda pun semakin tertarik untuk mempelajari Kimono sebagai budaya, dan salah satu pakaian yang penting bagi masyarakat Jepang.

【☆HIS Spesial Promo☆】

Untuk Anda yang datang ke toko kami setelah melihat artikel ini, cukup bilang pada staff

kami maka Anda bisa mendapatkan sesi foto dan langsung dicetak di tempat!! Kami dari Nice Kimono Rental sangat menantikan kedatangan Anda.

Alamat : 1-7-19 Nishi Asakusa, Taito-ku, Tokyo 111-0035 Hanashi Building B1 Jam kerja : 9: 30-18: 00

Libur reguler : Kamis

Akses : 8 menit berjalan kaki dari Stasiun Asakusa di Tokyo Metro / Toei Asakusa Line / 5 menit berjalan kaki dari Kuil Sensoji Kaminarimon / 2 menit berjalan kaki dari Stasiun Tawaramachi di Jalur Ginza.

Sebarkan Artikel