Kuliner Khas Perancis Yang Pas Untuk Musim Dingin
24-01-2018
HIS Travel
Kuliner Khas Perancis Yang Pas Untuk Musim Dingin
Food
Sebarkan Artikel

Di beberapa negara,  musim panas adalah musim terbaik untuk menyantap beragam kuliner, yakni saat tomat dan zucchini siap untuk dipanen. Beberapa negara lainnya, musim terbaik adalah musim gugur, saat puncak musim panen dan semua wine terbaik siap dikeluarkan dari penyimpanannya.

Sedangkan Perancis, musim terbaik untuk mecicipi beragam kuliner adalah musim dingin. Makanan musim dingin Prancis biasanya disajikan saat masih hangat dan asapnya masih mengepul di atas piring. Mereka juga menyukai segala sesuatu yang dimasak menggunakan slow cooker, direbus atau dipanggang. Rasanya tidak hanya lezat, tapi juga bagus untuk menghangatkan tubuh kamu pada hari yang dingin. Apalagi kalau kamu habis bermain ski seharian di lereng gunung bersalju! 

Kamu bisa mencicipi beragam kuliner khas Perancis yang cocok disantap saat musim dingin, mulai dari berbagai jenis sup, hingga lelehan keju yang menggoda. Kebanyakan kuliner tersebut berasal dari daerah pegunungan, yang sangat cocok menjadi penghangat saat suhu udara turun drastis. Namun, sekarang kamu bisa menikmatinya diberbagai penjuru Perancis, atau saat perayaan festival dan saat kamu merasa bahwa suhu udara di luar cukup membuat kamu kedinginan.

Jadi, apa saja kuliner musim dingin yang harus kamu coba saat berwisata ke Perancis?

Boeuf Bourguignon
Salah satu kuliner Prancis yang paling terkenal, boeuf bourguignon merupakan sup daging sapi yang dimasak di dalam panci atau pot selama berjam-jam. Kuliner ini cukup mudah untuk dimasak tapi butuh waktu lama hingga benar-benar matang. 

Pada intinya, boeuf bourguignon adalah hidangan lezat yang terdiri dari daging sapi dan anggur merah yang akan selalu menghangatkan malam musim dingin kamu. Sama seperti masakan daging sapi lainnya, misalnya rendang, selalu terasa lebih enak jika dimasak selama berjam-jam, atau saat daging sapi telah menyerap semua rasa dari bumbunya.

 kuliner perancis
Image source : pinterest.com

Onion soup
Onion soup atau sup bawang mungkin akan memiliki cita rasa yang berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya, tapi selalu menggunakan bahan utama yang sama, yakni bawang bombay, yang dimasak dengan bahan pendukung lainnya. Kamu cukup tambahkan keju dan crouton supaya onion soup kamu makin menggoda. Meskipun mengandung kalori yang cukup banyak tapi rasanya sangat lezat dan mudah ditemukan pada daftar menu musim dingin di berbagai restoran Prancis.

kuliner perancis
Image source : nutrisystem.com

Fondue savoyarde
Terbuat dari roti yang dicelupkan ke dalam lelehan keju, "fondue savoyarde", atau biasa disebut "fondue", tidak bisa disamakan dengan "fondue bourguignonne", yang terbuat dari daging yang digoreng dalam minyak mendidih. Seperti namanya, fondue savoyarde juga berasal dari Savoie dan merupakan kuliner Prancis yang sebenarnya berasal dari Swiss. 

Celupan fondue Prancis terbuat dari campuran tiga keju yakni Comté, Beaufort, dan Reblochon dengan anggur putih. Namun, kamu juga bisa menggunakan campuran keju lokal lainnya. Campuran tersebut dimasukkan ke dalam pot atau panci kecil di atas bakaran lilin atau kompor agar tetap meleleh dan panas. Masing-masing dari penikmat fondue akan diberikan garpu panjang untuk mencelupkan roti ke dalam keju.

 kuliner perancis
Top image source : shutterstock.com

Aligot
Jika Anda penggemar mashed potato maka Anda akan menyukai aligot, terutama aligot dari wilayah Aubrac. Untuk membuatnya, campurkan kentang tumbuk yang masih panas dengan krim, keju, mentega dan bawang putih. Campuran bahan tersebut harus terus menerus diaduk sampai mendapatkan tekstur yang sempurna. Biasanya, keju yang digunakan adalah keju lokal, seperti Tomme d'Auvergne atau Tomme de Laguiole. Namun, kamu juga bisa menggunakan keju mozzarella atau cheddar karena rasanya tidak akan jauh berbeda.

 kuliner perancis
Image source : thekitchn.com

Raclette
Meskipun berasal dari Swiss, raclette adalah hidangan musim dingin yang paling populer di Prancis. Kuliner ini terbuat dari lelehan keju raclette yang diletakkan di atas kentang rebus dan disertai dengan banyak pilihan daging kering, serta acar bawang dan mentimun. 

Keju yang digunakan biasanya dilelehkan menggunakan cerobong, tapi sekarang kamu bisa menggunakan tungku khusus dengan beberapa penggorengan kecil di atasnya. Tungku tersebut diletakkan di tengah meja dan digunakan oleh semua tamu untuk melelehkan keju mereka. Cara penyajiannya yang unik membuat kuliner ini terkesan interaktif dan sangat menyenangkan! Sepanjang musim dingin, seluruh supermarket di Prancis menjual peralatan untuk raclette dan piring charcuterie yang dibuat khusus untuk penyajiannya.

 kuliner perancis
Image source : piccantino.com

Pot-au-feu
Pot-au-feu adalah rebusan atau soup yang terdiri dari berbagai jenis daging, tulang sumsum dan sayuran. Cara memasaknya sangat mudah tapi perlu dimasak dengan api kecil selama berjam-jam. Daging, sayuran, dan kaldu disajikan dalam piring terpisah, ditemani dengan lobak, mustard Dijon yang pedas dan acar gherkins. Cara menikmatinya, sumsum tulang dioleskan ke potongan roti panggang, tapi setiap orang pasti punya caranya sendiri-sendiri untuk menikmati pot au feu.

 kuliner perancis
Image source : nytimes.com

Tartiflette
Hidangan musim dingin yang lezat lainnya juga berasal dari daerah Savoie, yakni tartiflette, kentang panggang dengan bawang dan daging asap yang dilapisi dengan lelehan keju Reblochon. Pastikan perut kamu kosong sebelum mencicipi hidangan ini atau kamu akan kenyang setelah beberapa suap saja. Rasanya sangat cheesy dan creamy. Sangat cocok disajikan saat masih panas, terutama setelah bermain ski di luar.

 kuliner perancis
Image source : lavenderandlovage.com

Jika kamu tertarik untuk mencicipi semua kuliner di atas, yuk persiapkan perjalanan wisata Eropa kamu bersama HIS. H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Perancis pada H.I.S!

Top image source : timeout.com

Sebarkan Artikel