6 Larangan Yang Ada di Turki Yang Wajib Diketahui Oleh Para Wisatawan
20-09-2018
HIS Travel
6 Larangan Yang Ada di Turki Yang Wajib Diketahui Oleh Para Wisatawan
Tips
Sebarkan Artikel

Berwisata ke Turki adalah hal yang cukup istimewa. Disana kita dapat merasakan suasana baru yang bernuansa sedikit ke Eropa-an, namun dengan beberapa sentuhan kebudayaan Islam. Tentu hal ini akan menarik sekali, meskipun kita tidak boleh sampai lupa untuk memperhatikan larangan yang ada di Turki, agar aktivitas wisata kita tetap terasa aman dan menyenangkan.

Sebagian larangan yang ada di Turki berikut ini mungkin sudah tidak begitu asing bagi orang Indonesia. Namun, tetap saja, Anda harus mengetahuinya, agar tidak terjadi hal hal yang menyulitkan Anda selama berada disana.

Toh, bila kegiatan berwisata Anda lancer, Anda juga yang akan merasakan keuntungan nya bukan? Oke, kalau begitu, mari kita simak langsung artikel tentang 6 larangan yang ada di Turki yang wajib diketahui oleh para wisatawan yang sudah dirangkum oleh tim H.I.S Travel. Selamat menyimak ya Travelers!

 

1. Jangan Memfoto Orang Lain Tanpa Permisi


Image source : https://www.pexels.com/

Bagi orang Indonesia, mengambil foto seseorang secara candid adalah hal yang sudah lumrah di sebagian wilayah. Namun, hal ini akan berbeda bila Anda sedang di Turki, yang budayanya sedikit berbeda dengan orang-orang kita.

Disana, mengambil foto secara sembunyi-sembunyi dapat membuat Anda dicap sebagai seorang penjahat. Terlebih bila target yang Anda foto merupakan seorang wanita berhijab, ataupun fasilitas militer. Pastilah hal ini akan menimbulkan masalah yang cukup sensitive.

Disamping itu, memfoto orang tua dan orang yang sedang beribadah tanpa seizing mereka juga merupakan salah satu hal yang kurang sopan. Daripada dicap seperti demikian, bukankah lebih baik bila Anda meminta izin terlebih dahulu sebelum mengambil foto dengan menggunakan kamera?

 

2. Bila Sedang Duduk, Ingatlah Larangan Yang Ada di Turki Tentang Jangan Memperlihatkan Telapat Kaki


Image source : https://www.pexels.com/

Anda dipersilahkan masuk ke rumah seseorang selama berada di Turki? Sebisa mungkin, jangan pernah memperlihatkan telapak kaki Anda saat sedang duduk disana ya?

Menurut masyarakat mereka, kebiasaan menunjukan telapak kaki merupakan hal yang kurang sopan, dan cukup mengganggu. Sebenarnya, disana Anda biasanya akan dipersilahkan duduk di atas bantal duduk ataupun karpet. Anda bisa duduk secara bersila, ataupun memposisikan kaki Anda ke satu sisi agar telapak kaki tersebut tidak begitu terlihat oleh orang lain.

Bila Anda sudah mengerti tentang tata cara duduk yang sopan, pasti kenyamanan akan Anda rasakan tanpa menyisakan beban. Ya kan?

 

3. Jangan Mudah Tersinggung Dengan Sesuatu Hal Yang Mungkin Dianggap Umum


Image source : https://www.pexels.com/

Meskipun sempat dicap sebagai negri yang sekuler, nyatanya, masyarakat Turki masa kini sudah mulai kembali menaati aturan berinteraksi yang diajarkan oleh agama islam. Aturan ini sendiri membatasi interaksi antara laki-laki dan perempuan yang tidak terkait dengan ikatan, termasuk untuk hal berbincang di keseharian.

Oleh karenanya, Anda jangan sampai tersinggung ya, bila Anda seperti diacuhkan oleh sebagian orang ketika sedang berbincang disana! Toh, dengan begitu, sebenarnya mereka sedang berusaha untuk menjaga kehormatan Anda, dan juga kehormatan dirinya. Ingat, tak perlu kaget ataupun tersinggung lagi bila sedang berada disana!

 

4. Bila Sedang Berada Di Dekat Orang Shalat, Jangan Melintas Di Depan Orang Shalat


Image source : https://www.pexels.com/

Di luar negri seperti Turki, mungkin Anda akan menemukan orang-orang yang shalat di tepian jalan atau di tempat yang bersih diluar ruangan. Anda tak perlu heran dengan hal tersebut, karena hal ini cukup wajar bagi masyarakat sana.

Namun, Anda juga jangan sampai melintas didepan mereka yang sedang menunaikan ibadahnya! Hal ini cukup beresiko karena selain tidak sopan, tindakan ini juga dinilai sebagai tindakan yang kurang pantas. Tolong diingat baik-baik ya!

 

5. Wajib Mengurangi Interaksi Dengan Tangan Kiri, Dan Perbanyak Interaksi Dengan Tangan Kanan


Image source : https://www.pexels.com/

Berinteraksi merupakan aktivitas keseharian manusia. Dan kebanyakan interaksi tersebut tentu melibatkan peran tangan sebagai sarana untuk menjangkau sesuatu, menunjuk sesuatu, ataupun hal yang lain yang ada keterkaitan nya dengan tangan.

Menurut sebagian orang, kedua bilah tangan, baik kiri ataupun yang kanan mungkin sama saja. Namun, di pandangan orang Turki sendiri, umumnya berinteraksi dengan tangan kanan akan terasa lebih santun ketimbang dengan menggunakan tangan kiri.

Bagi Anda yang belum terbiasa dengan hal ini, harap dibiasakan dari sekarang ya!

 

6. Bagaimanapun Juga, Dilarang Melakukan Hal Yang Melanggar Hukum Selama Disana


Image source : https://www.pexels.com/

Melanggar hukum selama berada di negri orang? Tentu harus dihindari sebisa mungkin ya! Bagaimanapun juga, selain larangan yang ada di Turki yang telah kami sebutkan tadi, ada pula norma-norma hukum yang bunyinya mirip dengan hukum di Indonesia.

Bila ingin cari aman, sebisa mungkin jangan membuang sampah sembarangan, tidak memarkir kendaraan ataupun mengemudi secara sembarangan, serta perhatikan lah lokasi sekitar Anda bila ingin menghisap rokok ketika sedang berwisata disana.

Selain itu, jangan sampai pula Anda merusak fasilitas umum yang ada disana. Bilapun sampai kedapatan melanggar norma hukum yang berlaku disana, sudah pasti Anda akan berurusan dengan pihak yang berwajib, yang pada akhirnya akan merusak aktivitas liburan Anda selama di Turki. Ingin liburan yang menyenangkan bukan?

 

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang 6 larangan yang ada di Turki yang wajib diketahui oleh para wisatawan. Sebagai seseorang yang ingin berwisata ke Turki, Anda harus mengingat-ingat larangan tadi ya!

Lalu, bilamana ada pertanyaan, atau ingin melakukan reservasi perjalanan wisata ke Turki, jangan sungkan untuk menghubungi tim H.I.S Travel ya! Bersama kami, liburan akan lebih terasa menyenangkan! Sampai jumpa di lain waktu!

Top image source : https://www.pexels.com/

Sebarkan Artikel