Mau Liburan Hemat di Turki? Yuk, Coba Tips Berikut!
03-10-2018
HIS Travel
Mau Liburan Hemat di Turki? Yuk, Coba Tips Berikut!
Tips
Sebarkan Artikel

Akir tahun segera tiba, saatnya menyusun rencana traveling! Pengen jalan-jalan, tapi bingung mau ke mana? Turki bisa jadi pilihan, nih traveler! Negara ini terkenal dengan sejarahnya yang penting bagi peradaban dunia. Pembagian wilayah Turki yang masuk ke Eropa dan Asia membuatnya dijuluki sebagai Jembatan Antara Dua Peradaban. Keren, kan?

Turki menawarkan perpaduan budaya Asia dan Eropa yang dapat menambah pengetahuan para pengunjung. Akan tetapi, tingginya minat para pelancong yang ingin mengunjungi Turki tidak diimbangi dengan banyaknya promo perjalanan. Selain itu keperluan di Turki tidak bisa dibilang murah karena kehidupan ekonomi yang bersinggungan dengan Eropa. Tapi, jangan khawatir! Ada banyak siasat untuk menghemat perjalanan Anda di Turki. Penasaran? Yuk, simak Tips Liburan Hemat di Turki dari H.I.S Travel berikut ini!

 

1. Kenali Waktu Penerbangan Termurah Agar Dapat Menikmati Liburan Hemat Di Turki Dengan Lebih Indah


Image source : https://www.pexels.com/

Tips pertama Liburan Hemat di Turki adalah cermat melihat peluang pada penerbangan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa promo perjalanan ke Turki jarang ditemukan.

Tapi, jangan khawatir! Ada siasat  yang dapat diterapkan yakni memantau waktu penerbangan termurah ketika low season alias minat turis untuk berkunjung ke sana sedikit. Situasi tersebut terjadi di Turki pada musim dingin yakni Desember hingga Maret.

Selain penerbangan, harga hotel juga turun selama musim dingin. Pas banget, nih mau akhir tahun lebih baik rencanakan liburan Anda ke Turki! Negara besar di kawasan Eurasia itu akan membuat Anda berdecak kagum.

Jika Anda bosan bertemu salju, maka datanglah saat musim semi dan gugur. Namun, harga penerbangan dan hotelnya juga berbeda. April hingga pertengahan September merupakan high season di mana harga akan kembali normal. Semua tergantung pilihan Anda. Jika ingin Liburan yang hemat, maka penerbangan low season cocok untuk Anda.

 

2. Tekan Biaya Visa Untuk Menghemat Pengeluaran


Image source : https://www.exploreistanbul.co.uk/

Visa jadi material penting ketika ingin masuk ke negara Turki dan pastinya memakan biaya. Tapi, tahukah Anda bahwa mengurus visa dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat? Melalui e-visa Anda dapat mengurus visa secara online serta lebih murah, yakni USD 25 Plus.

Kalau dihitung, bisa lebih irit 10 Dollar loh, dibandingkan bilaAnda mengurusnya dengan antre di bandara Turki. Selain hemat uang, Anda juga dapat menghemat tenaga Anda!

Teknologi memudahkan kehidupan, begitu pula pada pembuatan e-visa. Anda cukup masuk ke website resmi evisa.gov.tr/en/ dan mengisi formulirnya. Setelah itu Anda dapat membayarnya dengan kartu kredit mastercard/ visa/ union pay. Tidak punya kartu kredit? Jangan khawatir, pinjam dulu punya teman juga bisa! Yuk, Liburan Hemat di Turki!

 

3. Gunakan Mata Uang Lira Demi Liburan Hemat Di Turki


Image source : https://forbes.com/

Turki menyediakan banyak tempat penukaran uang Dollar Amerika ataupun Euro. Tetapi, kurs yang digunakan biasanya lebih tinggi dibandingkan kurs resmi, sehingga H.I.S Travel menyarankan Anda untuk memakai mata uang lokal, yakni Lira.

Apalagi, Turki sedang berusaha bangkit dari keterpurukan Lira terhadap Dollar dengan melakukan boikot. Khawatirnya terjadi sentimen diluar dugaan jika Anda menggunakan Dollar daripada Lira.

Liburan Hemat di Turki menjadi idaman bagi setiap pelancong yang ingin mendapatkan kesegaran atas perpaduan budaya Asia dan Eropa. Persiapkan segalanya dengan sebaik mungkin agar perjalanan aman dan lancar. Supaya lebih siap, yuk simak tips-tips lainnya!

 

4. Pintar-pintarlah Memilih Restoran Khas Turki!


Image source : https://www.flickr.com/photos/melissamaples/43120236915/

Tips Liburan Hemat di Turki belum selesai, nih traveler. Berkunjung ke suatu negara rasanya tidak pas jika tidak mencicipi makanan khas. Mau coba masakan khas Turki dengan biaya murah? Caranya adalah cari rumah makan yang didatangi oleh banyak masyarakat lokal, bukan tempat wisata yang sering dikunjungi turis.

Beda tempat, maka beda harga, seperti kebab di tempat wisata dapat mencapai 6 hingga 10 Lira, sementara jika membeli di tempat yang ramai pengunjung lokal maka harganya hanya sekitar 4 Lira.

 

5. Manfaatkan Istanbul Musium Pass Untuk Menikmati Liburan Hemat di Turki


Image source : https://walksinistanbul.com/

Turki adalah negara yang sarat dengan peradaban sejarahnya. Jika Anda berkunjung ke Istanbul, maka pergi ke musium adalah suatu kewajiban. Banyak sekali tempat bersejarah di Istanbul seperti Hagia Shopia, Istana Topkapi, Archeological Museum, Istanbul Mozaic Museum, Museum of Turkish and Islamic Art, dan Museum Chora. Sebelum menikmati perjalanan sejarah, ada baiknya beli musium pass terlebih dahulu supaya kantong aman.

Istanbul Musium Pass bisa dikatakan sebagai kartu sakti. Pasalnya, hanya dengan membeli kartu ini Anda bisa menikmati berbagai macam museum secara irit. Kartu resmi buatan Departemen Pariwisata itu dapat dibeli di sebuah mobil van bertulis Muzekart atau Istanbul Museum Pass, dekat pintu masuk Hagia Sophia.

Harga kartunya yakni 85 Lira dengan masa berlaku selama 3 hari. Pengeluaran Anda bisa hemat hingga 23 Lira jika menggunakan kartu pass tersebut, selain itu Anda tidak perlu ribet antre masuk musium.

Nah, itu dia beberapa Tips Liburan Hemat di Turki. Meskipun tidak ada diskon, tetapi semuanya dapat diakali demi mencegah pengeluaran yang berlebihan. Lakukan 5 tips di atas, maka perjalanan dan dompet Anda akan sejahtera. Sampai di sini dulu artikel dari H.I.S Travel. Nantikan tips-tips lainnya di kesempatan yang akan datang!

Top image source : https://www.flickr.com/photos/melissamaples/43120236915/

Sebarkan Artikel