Liburan ke Jepang? Sudahkah Mencoba 6 Jenis Masakan “Yaki” yang Siap Menggoyang Lidah?
18-04-2019
HIS Travel
Liburan ke Jepang? Sudahkah Mencoba 6 Jenis Masakan “Yaki” yang Siap Menggoyang Lidah?
Food
Sebarkan Artikel

Membahas mengenai Negeri Sakura Jepang mungkin tak akan pernah ada habisnya ya. Banyak sekali yang bisa kita ulas mengenai negeri ini. Nah, kali ini HIS Travel Indonesia akan mengajak travel mates untuk mencoba makanan khas Jepang. Seringkali setiap kita makan di restaurant Jepang pasti mendapati kata “yaki (焼き)”. Mungkin banyak travel mates yang belum mengetahui arti kata yaki ini, yaki berarti bakar, disate, digoreng, dan dipanggang. Apabila ada makanan yang disertai dengan kata yaki berarti makanan itu diolah menggunakan metode yang tadi telah disebutkan. Travel mates, sudag mencoba beberapa jenis masakan Yaki? Yuk nikmati kelezatannya!

1. Okonomiyaki

Gambar terkait

image source : Just One Cookbook

Jenis yaki yang pertama adalah Okonomiyaki (お好み焼き). Yaki ini salah satu yang paling populer di Kansai dan disukai banyak masyarakat lokal. Okonomiyaki merupakan salah satu pancake lezat khas Jepang yang terbuat dari adonan seperti telur, terigu, air, dan lain-lain yang dicampur bersama irisan kubis, dan beberapa macam jenis daging. Biasanya jenis daging yang digunakan dalam Okonomiyaki adalah daging babi, scallop, cumi-cumi, gurita, mentaiko, keju, bacon, dan bahkan mie. Kata “okonomi” dalam bahasa Jepang memiliki arti sebagai pilihan, dan Okonomiyaki ini akan dipanggang sesuai dengan pilihan atau keinginan kita sebagai penikmat. Sudahkah travel mates mencoba Okonomiyaki yang siap menggoyang lidah ini?

2. Monjayaki

Gambar terkait

image source : zojirushi.com

Mungkin jika Okonomiyaki travel mates sudah sering mendengarnya ya? Namun bagaimana dengan Monjayaki? Mungkin beberapa travel mates masih asing dengan makanan bernama Monjayaki. Monjayaki ini adalah Okonomiyaki versi Tokyo. Hampir sama seperti Okonomiyaki, namun Monjayaki ini menggunakan adonan yang lebih cair daripada Okonimyaki sehingga ia lebih tipis dan sedikit empuk dibandingkan adonan dari Kansai. Jika travel mates ingin mencoba untuk makan Monjayaki, maka kami sarankan untuk mengunjungi Tsukishima (月島) di Tokyo, tempat ini merupakan salah satu restaurant terkenal yang menyajikan Monjayaki yang lezat. Di tempat kita juga bisa memesan Okonomiyaki sehingga bagi travel mates yang ingin mencicipi Okonomiyaki dan Monjayaki akan dimudahkan.

3. Teppanyaki

Hasil gambar untuk teppanyaki

image source : Creative Tourist

Sudah pernah mendengar atau mencicipi Teppanyaki? Teppanyaki (鉄板焼き) adalah salah satu jenis metode memanggang masakan di atas wajan ceper yang terbuat dari besi atau yang biasa disebut sebagai teppan. Biasanya masakan yang dipanggang di atas Teppan ini daging sapi khas Jepang, Okonomiyaki, Yakisoba, Yaki Udon, dan beberapa jenis masakan panggang lainnya seperti daging ayam, steak, udang, scallops yang telah dibumbui menggunakan bumbu khusus.

4. Dorayaki

Hasil gambar untuk dorayaki japanese

image source : Just One Cookbook

Pasti travel mates tidak asing lagi dengan Dorayaki, Dorayaki merupakan salah satu jenis kudapan asal Jepang yang sangat populer. Mungkin bagi travel mates yang suka menonton serial kartun Doraemon pasti tahu bagaimana bentuk makanan ini. Dorayaki (どら焼き) merupakan salah dessert yang berupa dua pancake yang berukuran kecil dan disatukan seperti sandwich dimana biasanya diberi isian pasta kacang merah atau azuki manis. Bentuk dari dorayaki ini identik dengan gong atau yang dalam bahasa Jepang disebut sebagai dora. Selain diisi menggunakan selai azuki manis atau pasta kacang merah, sekarang Dorayaki makin bervariasi seperti menggunakan filling populer matcha atau green tea, keju, coklat, dan juga custard. Ketika ke Jepang jangan sampai lupa mencicipi Dorayaki!

5. Taiyaki

Hasil gambar untuk taiyaki

image source : TokyoTreat

Yaki kelima yang harus dicoba selama berkunjung ke Jepang adalah Taiyaki (鯛焼き). Taiyaki merupakan salah satu dessert khas Jepang selain Dorayaki yang juga terkenal, Taiyaki ini merupakan waffle berbentuk seperti ikan yang memiliki isian manis. Hampir sama seperti Dorayaki yang tadi kita bahas di atas, biasanya Taiyaki ini diisi menggunakan azuki, custard cream, coklat, dan selai matcha atau green tea. Di Jepang, dessert bernama Taiyaki ini sangat cocok untuk dinikmati dalam berbagai kondisi cuaca karena rasasnya yang manis dan lezat, terutama dimakan ketika masih hangat. Yuk jangan sampai kelewatan mencoba Taiyaki!

6. Yakitori

Hasil gambar untuk yakitori

image source : Manu's Menu

Jenis masakan Yaki yang selanjutnya adalah Yakitori atau jika di Indinonesia disebut sebagai sate. Yakitori (焼き鳥) adalah daging ayam yang dipanggang, biasanya bagian-bagian dari daging ayam itu seperti bagian dada, hati ayam, dan juga beberapa bagian lainnya. Setelah ditusuk menggunkan bambu seperti sate pada umumnya, Yakitori ini diberi tare sauce yang memiliki rasa manis atau shio (garam) dan dipanggang di atas arang. Yakitori ini sangat cocok dinikmati bersama beer!

Nah itu tadi 6 jenis yaki yang bisa travel mates nikmati selama berlibur ke Jepang. Jika ingin mencicipi semua jenis Yaki maka kunjungilah Jepang bersama HIS Travel Indonesia. Dapatkan harga tiket murah ke Jepang hanya di website HIS Travel!

Sebarkan Artikel