Liburan ke Makassar? Wajib Coba Kuliner Khas Makassar ini!
25-03-2020
HIS Travel
Liburan ke Makassar? Wajib Coba Kuliner Khas Makassar ini!
Food
Sebarkan Artikel

Makassar memiliki daya tarik dan pesonanya tersendiri. Selain memiliki panorama yang indah, Makassar juga memiliki beberapa jenis kuliner yang sangat menggoda dan wajib untuk travel mates cicipi. Ketika travel mates liburan ke Makassar maka travel mates wajib mencicipi beberapa kulinernya. Kali ini HIS Travel Indonesia mengajak travel mates untuk pergi ke Makassar. Sedang liburan ke Makassar? Wajib coba kuliner khas Makassar ini yah travel mates!

1. Cotto Makassar

Resep Mudah Membuat Coto Makassar, Rasanya Gurih dan Segar

image source : IDN Times

Makanan pertama yang harus travel mates coba saat berkunjung ke Makassar tak lain tak bukan adalah Cotto Makassar. Tentu travel mates sudah tak asing lagi dengan makanan yang satu ini kan? Hidangan berkuah yang satu ini sangat kaya rempah sehingga menjadikan rasa dari hidangan ini renyah dan akan membuat siapapun yang mencicipinya jadi ketagihan. Di Makassar, kuliner yang satu ini disajikan dengan kuah yang kental kemudian ditambah potongan daging besar, ditambah dengan ekstrak daun bawang dan bawang goreng. Sangat cocok jika disantap saat sedang hangat. Apakah travel mates tertarik untuk mencobanya saat liburan ke Makassar?

2. Pisang Epe

Resep Pisang Epe Khas Makassar Super Lezat dan Nikmat - Lifestyle ...

image source : Fimela.com

Jika tadi yang gurih, maka sekarang travel mates harus mencoba makan yang manis-manis. Jika travel mates suka makan pisang maka travel mates harus mencicipi Pisang Epe khas Makassar ini. Pisang Epe merupakan olahan pisang kepok setengah matang yang dibakar menggunakan bara api harum, kemudian dibelah dan ditekan hingga pisang menjadi pipih. Setelah diangkat, pisang akan disiram menggunakan topping dari gula merah dan air daun pandan serta garam. Biasanya akan ditambahkan juga durian. Wah, bisa bayangkan bagaimana lezatnya dan manisnya pisang Epe khas Makassar ini?

3. Es Palu Butung

Resep Es Pisang Ijo Asli Khas Makassar Yang Lembut Sampai Besok

image source : Doyan Resep

Liburan ke Makassar? Wajib coba kuliner khas Makassar ini yaitu Es Palung Butung atau yang kita kenal dengan es pisang ijo. Siapa sih yang bisa tahan dengan enaknya rasa es pisang ijo? Apalagi jika menyantap es pisang ijo di siang hari saat terik-teriknya, pasti akan sangat menyegarkan. Es pisang ijo atau es palu butung ini berisi dari potongan pisang manis yang dibalut dengan tepung berwarna hijau, kemudian ditambahkan bubur sumsum, susu kental manis, sirup merah, dan juga es serut. Sudah bayangkan betapa enaknya es palu butung?

4. Pallumara

Gurih dan Segar, Ini Resep Pallu Mara Khas Makassar | Timur Indonesia

image source : Timur Indonesia

Next makanan yang bisa travel mates cicipi ketika liburan ke Makassar adalah Pallumara. Mungkin travel mates masih asing dan jarang mendengar nama makanan ini. Makanan ini pada dasarnya berisi ikan dan disiram menggunakan kuah dari bumbu kuning yang rasanya mirip dengan ikan asam manis. Biasanya yang dijadikan sebagai bahan utama adalah kepala ikan kakap merah, atau jika tidak ada maka biasa digunakan ikan bandeng atau ikan tongkol. Rasanya menyegarkan, sangat cocok disantap bersama nasi hangat! Buat travel mates yang lapar dan sedang ingin makan ikan maka bisa mencoba makanan yang satu ini!

5. Konro

Resep Sup Konro

image source :ResepAsia

Makanan kelimat yang bisa travel mates cicipi yaitu adalah Konro. Apa itu Konro? Konro berisi iga dari sapi yang dimasak bersama kayu manis, air asam jawa, kluwak dan bahan yang lainnya. Konro ini memiliki rasa gurih dari iga sapi dan juga rasanya kaya akan rempah. Akan sangat nikmat jika makan bersama nasi yang masih hangat. Jangan lupa untuk mencicipi sepiring Konro sebelum travel mates pulang dari Makassar!

Liburan ke Makassar? Wajib coba kuliner khas Makassar ini! Sebenarnya masih banyak jenis makanan khas Makassar yang tak kalah lezatnya dari yang sudah kami sebutkan di atas tadi. Jika ingin pergi ke Makassar maka travel mates bisa menggunakan jasa HIS Travel Indonesia. Semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan berguna bagi travel mates ya~

Sebarkan Artikel