7 Makanan Khas Turki Selama Bulan Ramadhan
24-05-2018
HIS Travel
7 Makanan Khas Turki Selama Bulan Ramadhan
Food
Sebarkan Artikel

Bagi Umat Muslim, ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu-tunggu. Jika Anda beragama muslim tentu saja Anda akan menjalani ibadah puasa. Nah karena puasa itu mungkin hanya kita alami selama sekali setahun saja, tentunya untuk menu berbuka dan juga sahur Anda harus menyiapkan yang spesial ya. Jika Anda mungkin saja masih bingung ingin berbuka menu apa, atau mungkin saat ini sedang di Turki dan bingung ingin buka puasa pakai makanan apa maka kali ini kami HIS Travel Indonesia akan memeberikan infromasi penting mengenai makanan khas Turki selama bulan Ramdhan. Tak usah menunggu lama, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa Anda coba selama bulan puasa :

1. Patlican Tava

image source : https://www.lezzetustasi.com.tr

Apakah Anda sudah pernah mencicipi makanan yang satu ini? Mungkin setelah melihat fotonya di atas, tentu saja Anda merasa jika makanan ini ada kemiripan dengan salah satu makanan asal Indonesia yaitu balado terong. Ya, Anda memang benar! Makanan khas Turki bernama Patlican Tava ini merupakan salah satu makanan yang terbuat dari terong dan juga cabai sama seperti terong balado yang biasa kita konsumsi di Indonesia. Lalu apa yang membedakan makanan ini? Bedanya dengan balado terong adalah di Patlican Tava ini kita tidak hanya menemukan terong saja namun juga bisa menemukan irisan daging. Dimakan dengan nasi hangat untuk berbuka kelihatannya enak!

2. Sup Mecimek

image source : http://cooklogs.com

Makanan khas Turki kedua yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Sup Mercimek. Sup halal khas Turki ini terbuat dari bahan kacang lentil yang masih segar dan fresh. Sup ini selain memiliki cita rasa yang unikd dan sedap juga mengandung serat yang cukup tinggi karena terbuat dari bahan kacang-kacangan. Jika masih bingung ingin buka puasa dengan apa tak ada salahnya mencoba Sup Mecimek ini. Kami sarankan untuk mengkonsumsinya selagi hangat karena rasanya akan lebih enak!

3. Hummus

image source : https://www.simplyrecipes.com

Next, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi hummus pada saat buka puasa. Jika Anda berada di Tukri ketika bulan puasa maka Anda akan dengan mudahnya menemukan makanan yang satu ini. Hummus adalah makanan khas Timur Tengah yang mana terbuat dari kacang arab yang diolah menggunakan jus lemon, lada, garam, dan juga minyak zaitun. Tekstur dari Hummus sendiri menyerupai selai atau krim dan biasanya dijadikan cocolan untuk roti pita. Anda tidak boleh melupakan untuk mencicipi Hummus ketika sedang berada di Turki karena selain lezat rasanya makanan ini juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan baik untuk menjaga kesehatan.

4. Roti pita

image source : http://eatwithyourbrain.weebly.com

Makanan khas Turki selama bulan Ramdhan yang keempat adalah Roti Pita. Jika Anda sedang berlibur ke Turki entah itu saat bulan ramadhan atau tidak maka kami sarankan agar Anda mencoba untuk mengkonusmsi roti pita. Roti tipis yang bisa dibilang mirip dengan kulit kebab namun memiliki ketebalan yang lebih tebal ini biasanya banyak disajikan selama bulan puasa. Karena rasanya yang gurih dan agak tawar, roti pita ini biasanya dikonsumsi bersama hummus, sayuran, daging, atau mungkin salad. Anda bisa memilih secara bebas dengan apa Anda makan roti pita ini.

5. Baklava

image source : https://www.simplyrecipes.com

Membahas mengenai kuliner khas Tukri sebenarnya banyak sekali yang bisa kita bicarakan, karena makanan khas Turki sendiri jumlahnya sangat banyak. Nah salah satu jenis makanan yang mungkin hanya bisa Anda temui di Turki dan dijual banyak ketika bulan puasa datang adalah Baklava. Bisa dibilang makanan yang satu ini menjadi makanan favorit para masyarakat Turki. Bagi Anda yang mungkin saja belum tahu mengenai Baklava maka Anda harus mengtahuinya terlebih dahulu sebelum mencicipinya. Baklava terbuat dari roti tipis yang mungkin hampir mirip seperti kulit kebab atau roti maryam hanya saja kulit ini sangatlah tipis. Di dalam Baklava ini kita bisa menemukan isian yaitu pistasio dan juga walnut yang telah dicincang halus dan lembut kemudian dimasak menggunakan gula dan madu. Rasa dari Baklava ini manis sehingga cocok sebagai hidangan pembuka bagi Anda yang sedang berpuasa di kala buka puasa.

6. Shawrma

image source : https://www.recipetineats.com

Kalau makanan yang satu ini mungki sudah tidak asing lagi di telinga kita. Nama makanan ini adalah Shawrma, di Indonesia sendiri  mungkin kita bisa menemukan Shwarma dengan mudah karena sudah banyak penjual makanan yang menjual makanan satu ini. Namun ketika berada di negara Turki, tidak ada salahnya untuk mencicipi Shawrma karena tentu saja rasanya akan berbeda dan lebih enak ketimbang Shawrma yang kita temukan di Indonesia. Nah mungkin banyak yang  bertanya apa bedanya kebab dengan Shwarma? Jika kebab berisi daging ayam atau sapi yang dipadu dengan sayuran. Namun Shwarma ini berisi dagin kambing yang sebelumnya telah diolah dengan olive oil.

7. Gullak

image source : https://www.istanbul.net.tr

Makanan terakhir yang bisa Anda coba ketika berada di Turki selama bulan Ramadhan adalah Gullak. Makanan ini merupakan dessert khas Turki yang sangat cocok untuk dikonsumsi selama buka puasa. Jadi ketika Anda berkunjung ke Turki ketika bulan puasa maka jangan sampai melupakan Gullak karena Gullak mungkin saja akan sangat sulit dicari ketika sedang tidak bulan ramadhan ya.

Nah itu dia beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai makanan khas Turki selama bulan Ramdhan. Jika ingin berlibur ke Turki maka gunakanlah jasa travel yang terpercaya HIS Travel. Semoga artikel ini bisa membantu Anda!

Sebarkan Artikel