Aneka makanan dan minuman khas musim panas Jepang yang wajib dicicipi
04-07-2018
HIS Travel
Aneka makanan dan minuman khas musim panas Jepang yang wajib dicicipi
Tips
31
Sebarkan Artikel

Wah, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Juli nih! Kalau di jepang sih Juli merupakan pembukaan dari musim panas. Oh ya, Anda ada rencana mau melancong ke jepang di bulan Juli-Septemper? Kalau gitu, Anda sudah menemukan artikel yang tepat! Kali ini H.I.S Travel Indonesia akan merekomendasikan aneka makanan dan minuman khas musim panas Jepang yang wajib dicicipi.

Bila dibandingkan dengan musim-musim lainnya, musim panas memang waktu yang paling banyak dipilih oleh wisatawan untuk liburan ke Jepang. Kenapa begitu? Karena saat musim panas ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan, seperti mengikuti festival kembang api, bermain dan berjemur di pantai, menikmati indahnya pemandangan bunga yang sedang bermekaran dan banyak lagi.

Di samping itu, cuaca panas yang tidak terlalu ekstrem pun juga mendukung.. Nah, ternyata di Jepang pun ada beberapa makanan dan minuman khas musim panas Jepang yang memang direkomendasikan untuk dicicipi loh! Penasaran apa aja? Yuk cek di bawah ini!

 

1. Soumen, Soba Dingin Yang Citarasanya Berbeda


Image source : https://www.pinterest.co.uk

Makanan yang satu ini bentuknya mirip seperti soba ya? Yap, memang benar kok. Hanya saja, beda cara penyajiannya. Berbeda dengan soba bisa dimakan dengan panas dan juga dingin, soumen ini memang khusus disajikan dengan dingin. Bukan kuahnya, tetapi mie nya.

Sebelum disajikan, mie soumen direndam dulu dalam mangkuk berisi es batu. Tentunya ya agar pas dimakan memberi sensasi dingin dan sejuk. Sebagai pelengkap, soumen ini disajikan dengan tsuyu dan taburan wijen.

 

2. Rei shabu, Sejenis Shabu-shabu Yang Juga Makanan Dan Minuman Khas Musim Panas Jepang


Image source : http://jpninfo.com

Rei shabu ini adalah saudara dari shabu-shabu. Sama-sama irisan daging yang disajikan dengan sayuran sebagai pelengkap. Kalau shabu-shabu dagingnya harus dicelupkan ke kuah mendidih agar matang, tapi untuk rei shabu dagingnya memang sudah matang. Untuk memakannya pun tidak dengan kuah, tapi dengan saus tartar atau sejenisnya.

 

3. Yakitori, Hidangan Sate Ala Orang Jepang


Image source : http://jpninfo.com

Yakitori adalah satenya orang Jepang. Hidangan ini banyak dijumpai di stand-stand saat festival musim panas. Meskipun sekilas hanya berupa sate, ternyata yakitori ini banyak jenisnya. Ada yang dalam satu tusuk berisi potongan daging atau jeroan. Ada juga yang dalam satu tusuk berisi potongan jamur atau daun bawang.

Anda suka dengan sayuran? Ada juga loh yang versi satu tusuk lengkap berisi daging dan sayuran. Semuanya enak, dan tinggal piilih mana yang Anda suka!

 

4. Anmitsu, Dessert Manisan Istimewa Dan Salah Satu Makanan Dan Minuman Khas Musim Panas Jepang Yang Banyak Digemari


Image source : https://id.pinterest.com/

Anmitsu merupakan dessert yang terdiri dari berbagai macam manisan. Ada es krim, jelly, buah segar, pasta anko dan shiratama. Sebagai pelengkapnya, anmitsu paling enak jika disiram dengan saus maple. Selain itu, anmitsu tidak hanya tersedia saat musim panas saja. di musim lain pun Anda dapat dengan mudah menemukan anmitsu. Karena dessert yang satu ini enak disantap kapanpun!

 

5. Suika, Buah Semangka Yang Laris Manis Di Negri Sakura


Image source : https://id.pinterest.com/

Buah yang paling laris sepanjang zaman, khususnya saat musim panas, adalah suika alias semangka. Masyarakat jepang paling suka makan semangka sambil duduk-duduk di teras rumah nih. Dari anak kecil hingga dewasa semua suka. Bahkan makan semangka di musim panas sudah jadi hal yang wajib bagi mereka.

 

6. Kakigori, Menu Makanan Dan Minuman Khas Musim Panas Jepang Yang Melegenda


Image source : https://id.pinterest.com/

Ini dia salah satu minuman musim panas Jepang yang sudah melegenda sejak abad ke 11! Yakitori sendiri adalah es serut yang disiram dengan sirup aneka rasa. Yakitori yang berwarna hijau berasal dari sirup melon, merah dari sirup stroberi dan sebagainya. Anda bisa menikmati yakitori polos dan juga dengan tambahan toping seperti mocha, kacang merah dan juga jelly loh!

 

7. , Sajian Mie Dingin Yang Citarasanya Unik Banget!


Image source : https://id.pinterest.com/

Setelah kakigori ternyata ada makanan khas musim panas yang berwarna-warni juga loh! Yap, apalagi kalau bukan hiyashi chukka! Hiyashi chuka merupakan mie dingin yang dilengkapi dengan irisan daging, telur, mentimun dan juga tomat dengan saus wijen dan shoyu. Gabungan dari kesemuanya menghasilkan warna-warni yang menarik dan tentunya lezat! 

 

8. Ayu, Jajanan Bakar Yang Cukup Populer Di Jepang


Image source : http://www.wikiwand.com/

Anda pasti jarang lihat jajanan seperti ini kan di Indonesia? Di Jepang, makan ikan bakar sambil jalan-jalan adalah yang biasa. Ayu merupakan jenis ikan air tawar yang biasanya dimasak langsung, baik dengan cara dibakar atau dipanggang. Memiliki rasa yang ringan, gurih dan sedikit manis menjadikan ayu camilan yang pas untuk dinikmati.

 

9. Tokoroten, Dessert Kenyal Yang Unik Dari Menu Makanan Dan Minuman Khas Musim Panas Jepang


Image source : http://jpnfood.com/

Tokoroten bukanlah jenis mie maupun bihun. Meski demikian, tokoroten merupakan salah satu dessert jelly yang terbuat dari rumput laut. Tokoroten ini disajikan dingin dengan campuran shoyu. Tertarik mencoba?

 

10. Mizu Manju, Manju Bening Idaman Di Menu Makanan Dan Minuman Khas Musim Panas Jepang


Image source : https://id.pinterest.com/

Mizu manju merupakan manju versi bening. Walaupun sama-sama diisi selai kacang merah, tapi mizu manju ini memiliki bahan dasar yang berbeda. Bukan menggunakan tepung terigu, tetapi tepung kuzu. Nah, tepung kuzu inilah yang kemudian menghasilkan warna bening layaknya jelly.

 

11. Ramune, Minuman Pelengkap Legendaris Di Menu Makanan Dan Minuman Khas Musim Panas Jepang


Image source : https://no.pinterest.com/

Ramune ialah salah satu jenis minuman ringan berkarbonasi yang legendaris di jepang. Meskipun banyak minuman berkarbonasi di luar sana, eksistensi ramune ternyata tidak bisa dihilangkan. Pasalnya, minuman ini dikemas dalam botol unik yang berisi kelereng pengganjal. Jadi, untuk dapat meminum ramune dengan benar dibutuhkan suatu teknik khusus. Wah unik ya!

 

12. Pop slice


Image source : http://normalcooking.com/

Cuaca panas paling mantap ya makan yang segar-segar seperti es krim. Es krim memang banyak jenisnya. Diantaranya ya pop slice ini. Dengan adanya stick sebagai pegangan, Anda tidak perlu takut tumpah saat sedang menikmatinya sambil berjalan-jalan.

Hayo, gimana? Anda penasaran kan ingin segera bisa mencicipi segarnya makanan dan minuman khas musim panas Jepang? Bila iya, jangan lupa untuk mencatat maenu yang kami rekomendasikan tad ya!

 

Tentunya kesemua makanan dan minuman khas musim panas Jepang tadi akan menemani waktu liburan Anda selama musim panas, dan semakin membuat memon liburan menjadi tak terlupakan. Oh ya, Anda bisa menikmati banyak kegiatan seru lainnya saat liburan bareng H.I.S Travel Indonesia lho! Mau coba? Yuk ikutan!

31
Sebarkan Artikel