15 Makanan Halal di Jepang ini Wajib Kamu Coba!
26-03-2018
HIS Travel
15 Makanan Halal di Jepang ini Wajib Kamu Coba!
Jepang
Sebarkan Artikel

Jepang adalah salah satu negara yang cukup indah sehingga banyak sekali wisatawan mancanegara yang mengunjungi negara sakura ini. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Jepang maka mulai sekarang segera menentukan mana saja yang ingin kamu kunjungi ya. Bagi kamu yang beragama muslim, maka mungkin merasa ragu dan khawatir karena makanan di Jepang banyak yang tidak halal. Namun tenang saja, karena sekarang ini mudah sekali untuk menemukan makanan halal di Jepang. Bagi kamu yang akan berangkat ke Jepang sebentar lagi maka kamu bisa mencatat daftar makanan yang halal di bawah ini!

1. Sushi

Hasil gambar untuk halal sushi

image source : http://www.halaljapan.com

Salah satu makanan yang paling terkenal di Jepang adalah sushi, makanan ini mungkin sudah banyak kita temukan di Indonesia. Namun rasanya gak afdol ya kalau ke negara asalnya tidak mengkonsumsinya secara langsung. Kamu bisa konsumsi sushi karena halal ya, yang digunakan di dalam sushi adalah daging ikan laut mentah seperti tuna, salmon, yang dipadukan dengan nasi, telur, cuka, dan juga sayuran. Kamu bisa mencobanya dengan wasahbi hijau yang pedas.

2. Udon

Hasil gambar untuk udon

image source : https://www.justonecookbook.com

Udon adalah mie tebal berkuah yang bisa disajikan panas atau dingin sesuai dengan musimnya. Di dalam semangkuk udon kita bisa menemukan mie gandum, nori, sup dashi yang terbuat dari kaldu ikan dan juga jahe segar. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menikmati udon tempura yang juga cukup terkenal di Jepang ini.

3. Soba

Hasil gambar untuk soba

image source : https://tarasmulticulturaltable.com

Next, ada soba yang bisa kita jadikan sebagai makanan halal. Soba adalah mi yang terbuat dari gandum hitam dan memiliki bentuk yang hampir seperti spageti. Di dalam semangkuk mie Soba kita bisa menemukan mie gandum soba, daun bawang, saus celupan Tsyuyu, dan Wasabi. Menemukan mie soba ini mudah sekali yak arena banyak kedai mie soba di sepanjang jalanan Jepang.

4. Tempura

Hasil gambar untuk tempura

image source : https://www.justonecookbook.com

Makanan halal yang bisa kamu konsumsi selanjutnya adalah tempura, makanan ini terbuat dari berbagai jenis macam seafood yang dilapisi tepung dan digoreng. Selain itu tempura juga bisa dicelupkan ke dalam saus atau mungkin ditambahkan garam sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Tempura ini banyak sekali macamnya ya, ada tempura udang, daun green bell, cumi, terong, kentang, jamur, ubi, shiso atau perilla, dan juga labu jepang. Kamu bisa menemukan tempura di street food yang ada di sana.

5. Shabu

Hasil gambar untuk shabu

image source : http://manissejagad.com

Ada yang sudah pernah tahu wujud dari Shabu? Makanan yang satu ini cocok bagi kamu yang suka makanan berkuah. Shabu ini adalah daging tipis, yang disertai dengan telur dan sayuran lengkap lalu disiram dengan kuah khusus yang merupakan kaldu sapi.

6. Sukiyaki

Hasil gambar untuk sukiyaki

image source : https://www.rotinrice.com

Makanan halal di Jepang yang selanjutnya adalah Sukiyaki, Sukiyaki ini dalah makanan yang berisi daging sapi, berbagai macam sayuran, dan sup sauce. Yang unik dari sukiyaki ini adalah kita bisa memasak sendiri. Sehingga kita bisa mengatur kematangannya sesuai dengan keinginana kita. Namun setiap daerah di Jepang punya cara masak sukiyaki yang berbeda ya.

7. Onigiri

Hasil gambar untuk onigiri

image source : http://www.taste.com.au

Makanan halal yang bisa kamu konsumsi selama berada di Jepang adalah onigiri, makanan ini adalah nasi kepal yang berbentuk segitiga dan bisa ditaburi garam supaya rasanya gurih. Onigiri ini berisi salmon, umeboshi yang mana juga dibungkus oleh nori atau rumput laut. Kalau onigiri ini bisa kita beli di supermarket ya.

8. Nizakana

Hasil gambar untuk nizakana

image source : https://participatorycookbook.wordpress.com

Ada makanan tradisional Jepang yang harus dicoba, namanya adalah Nizakana. Makanan ini terbuat dari ikan yang direbus dan dicampur dengan kuah sup bumbu Jepang atau tsuyu. Makanan ini bisa dengan mudah kita temukan di restaurant.

9. Chanko Nabe

Hasil gambar untuk chanko nabe

image source : https://www.justonecookbook.com

Selanjutnya ada Chanko Nabe yang akan disajikan dengan porsi yang cukup besar. Makanan ini adalah makanan favorit para pegulat atau sumo Jepang untuk membesarkan badan mereka. Dalam seporsi Chanko Nabe raksasa ini kita bisa menemukan bakso ikan, tahu, sayuran, yang disiram dengan sup dashi. Kalau kamu ingin mengeemukkan badan bisa nih makan Chnako Nabe!

10. Tendon

Hasil gambar untuk tendon japan food

image source : https://www.japancentre.com

Tendon adalah makanan lengkap yang bisa kita makan ketika liburan ke Jepang. Makanan ini halal karena di dalam satu porsi Tendon kita akan menemukan nasi, tempura atau daging, sayur mayur lengkap, telur dan juga daging ayaam. Tendon ini adalah makanan favorit karena harganya yang cukup terjangkau dan porsinya yang lumayan banyak.

11. Teriyaki Chicken

Hasil gambar untuk teriyaki chicken japan

image source :  https://www.thespruce.com

Teriyaki Chicken adalah daging ayam pilihan yang direndam dalam saus soy manis kemudian digoreng. Akan sangat cocok jika dikonsumsi bersama nasi hangat, selain itu biasanya ayam goreng itu akan dilengkapi dengan saus teriyaki yang akan membuat kita jadi lebih ketagihan!

12. Yakiniku

Hasil gambar untuk yakiniku

image source : https://travelwithnanob.com

Makanan halal yang bisa kamu konsumsi selanjutnya adalah Yakiniku. Bagi kamu yang belum tahu apa itu Yakiniku maka kami akan menjelaskannya. Yakiniku adalah daging sapi panggang. Kamu bisa meminta daging sapi diganti menjadi daging ayam dan Yakiniku juga disertai dengan sayuran.

13. Yakizakana

Hasil gambar untuk yakizakana

image source : https://commons.wikimedia.org

Yakizakana adalah ikan yang dipanggang dan dibumbui saus shioyaki, saus teriyaki manis, dan juga kushiyaki. Makanan ini wajib sekali untuk dicoba bagi para penggemar ikan. Halal dan cocok sekali untuk disantap di berbagai musim.

14. Yakitori

Hasil gambar untuk yakitori

image source : https://www.justonecookbook.com

Yakitori adalah makanan yang bentuknya seperti sate di Indonesia. Yakitori ini dibuat dari daging ayam yang dikombinasikan dengan sayuran. Cocok bagi kamu yang suka ngemil, Yakitori ini bisa kamu makan sambil berjalan mengelilingu kota di Jepang.

15. Shojin Ryouri

Hasil gambar untuk shojin ryori

image source : https://www.japan-experience.com/

Makanan terakhir yang bisa kamu konsumsi selama di Jepang dan halal adalah Shiujun Ryouri. Makanan ini cocok bagi yang suka vegetarian karena isinya hanya kacang-kacangan dipadukan dengan berbagai macam jenis buah.

Nah itu dia beberapa makanan halal di Jepang yang bisa kamu nikmati. Kalau ingin liburan ke Jepang yang berkualitas maka pilihlah jasa traveling H.I.S Travel Indonesia. Semoga artikel ini bisa membantu Anda!

Sebarkan Artikel