8 Rekomendasi Makanan Khas Belanda Yang Harus Anda Coba
05-07-2018
HIS Travel
8 Rekomendasi Makanan Khas Belanda Yang Harus Anda Coba
Tips
16
Sebarkan Artikel

Belanda adalah salah satu negri yang menarik di Eropa. Meskipun di masa lalu nenek moyang bangsa Indonesia pernah dijajah oleh Belanda, bukan berarti menjadikan kita harus membenci segala hal tentang Belanda, dan tidak mencicipi makanan khas Belanda ketika sedang berada disana.

Anda belum pernah berlibur ke Belanda? Bila belum, mungkin Anda harus merencanakan liburan kesana bersama H.I.S Travel Indonesia. Selain bisa mendapatkan berbagai kejutan promo dan potongan harga, berlibur kesana bersama kami juga dapat menjadikan liburan Anda menjadi lebih terencana.

Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di Belanda, serta mencoba makanan khas Belanda yang kami rekomendasikan kepada Anda. Namun sebelum membuat perencanaan, mungkin Anda harus terlebih dahulu berkenalan dengan makanan khas Belanda yang kami rekomendasikan berikut ini. Penasaran? Simak terus artikel kami yang berikut ini yuk! Selamat menyimak!

 

1. Keju Edam, Keju Rendah Lemak Khas Belanda


Image source : http://serbiserbainfo.blogspot.com/

Keju Edam merupakan salah satu keju terbaik yang ada di dunia. Dan seperti yang kita ketahui bersama, keju ini berasal dari negri kincir angin yang terkenal ahli membuat keju yang enak dan lezat. Meskipun sama-sama terbuat dari susu sapi, keju ini dikenal lebih lezat dari keju lain bahkan di lidah para chef sekalipun.

Selain terkenal lezat, keju ini juga dikenal rendah lemak. Selain itu kadar protein keju edam juga mencapai 25 persen. Dan yang tak kalah penting adalah kadar kalsium dari keju ini yang cukup tinggi.

Di tempat asalnya, keju Edam biasanya diberi lapisan parafin merah yang merupakan keju jenis lain yang berasal dari negara lain. Rasanya memang sedikit lebih asin dan agak menyerupai kacang, namun percayalah, tekstur dari keju yang satu ini amat lembut loh! Tertarik untuk mencobanya?

 

2. Waterzooi Dan Kippenwaterzoi, Makanan Favorit Warga Belanda Ketika Sedang Musim Dingin


Image source : http://serbiserbainfo.blogspot.com/

Musim dingin di Belanda sangatlah dingin. Untuk itu, kita perlu memakan hidangan soup seperti Waterzooi dan Kippenwaterzoi yang juga merupakan makanan khas orang Belanda. Dahulu kala orang Belanda memang hanya mengenal Waterzooi yang merupakan soup ikan. Namun semenjak terjadi pergeseran selera, sebagian orang lebih memilih untuk memasak soup ayam yang kemudian dinamakan kippenwaterzoi.


Image source : http://serbiserbainfo.blogspot.com/

Meskipun berbeda bahan baku utama, bahan pendukung nya tetap sama kok! Terdapat sayur mayur seperti kentang, wortel, daun bawang, hingga rempah yang berpadu dengan telur, krim dan mentega. Di negri asalnya, kedua menu ini disajikan bersama roti tawar Baguette yang juga merupakan makanan khas Belanda. Rasanya? Nikmat banget deh!

 

3. Stamppot, Makanan Penghangat Badan Yang Nikmat


Image source : http://serbiserbainfo.blogspot.com/

Selain sajian soup, Belanda juga masih memiliki Stamppot yang sama-sama dapat menghangatkan badan. Meskipun khasiatnya tidak jauh berbeda dengan soup tadi, nyatanya sajian ini lebih populer di kalangan wisatawan internasional loh!

Betapa tidak? Makanan yang dibuat dari kentang mashed potatoes yang dicampurkan dengan wortel dan sayuran hijau lainnya ini amat lezat sih! Ingin menikmati hidangan ini? Makanlah selagi panas bersama sosis Rookworst yang berukuran jumbo ya! Lezatnya nikmat!

 

4. Hutspot, Menu Makanan Khas Yang Direkomendasikan Untuk Para Pecinta Menu Daging Sapi


Image source : http://serbiserbainfo.blogspot.com/

Rasa yang lezat dari daging yang didukung dengan perpaduan apik dari campuran sayuran wortel, buncis, kentang, dan bawang bombay yang dihaluskan ini amat sulit untuk dilupakan. Lebih-lebih bila Anda menikmatinya sambil meneguk Jenever (Bir Belanda), duh, badan jadi langsung hangat deh! Namun bagi Anda yang tidak terbiasa minum Bir, memakan Hutspot nya saja juga sudah cukup lezat kok!

 

5. Suka Dengan Makanan Lunak? Kalau Begitu, Anda Harus Mencoba Soup Ercis!


Image source : http://serbiserbainfo.blogspot.com/

Ercis adalah soup Belanda yang teksturnya mirip dengan bubur. Meskipun terlihat agak berlendir dari foto, bahan yang digunakan sangat sehat kok! Disini Anda dapat menemukan prei, kentang, daging sapi ataupun ayam, serta wortel yang sudah diolah sedemikian rupa hingga menjadi sebuah makanan khas Belanda yang nikmat.

Agar lebih lezat dan nikmat, biasanya hidangan ini diberikan tambahan kacang tanah dan kacang merah serta perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Rasanya yang segar dan hangat pasti akan mengembalikan semangat Anda lagi dengan cepat!

 

6. Ontbijtkoek, Menu Sarapan Sehat Ala Negri Kincir Angin


Image source : http://serbiserbainfo.blogspot.com/

Dalam bahasa Indonesia, “Ontbijtkoek” berarti “Kue Sarapan Pagi”. Sesuai namanya, makanan ini sering dikonsumsi di pagi hari. Makanan sejenis kue bolu ini cukup sehat. Karena mengandung rempah jahe alami yang menyehatkan. Selain itu, ia juga memiliki campuran cengkih, pala, dan kayu manis. Ingin lebih nikmat lagi dalam memakan makanan ini? Makan nya sambil minum teh Belanda dong! Pasti mantap!

Meskipun rasanya sudah nikmat, di daerah Belanda utara, makanan ini diberi tambahan madas manis loh! Seperti komposisinya yang berbeda, namanya pun dibedakan menjadi Oudewijvenkoek. Meskipun begitu, keduanya sama-sama nikmat bila diberi olesan mentega lebih banyak kok!

 

7. Boerenkoolstamppot, Makanan Khas Belanda Yang Resepnya Sudah Ada Sejak 1661


Image source : http://serbiserbainfo.blogspot.com/

Ingin memakan sajian makanan khas Belanda yang disajikan secara simple? Coba yuk cari Boerenkoolstamppot! Menu makanan yang satu ini amat nikmat bila disajikan dengan tambahan mustard, saus, dan sosis Rookworst loh!

Bahan-bahannya juga cukup menyehatkan. Ada kubis Kale Belanda, dan kentang yang dicampurkan lalu ditumbuk. Di negri asalnya makanan ini amat populer. Bahkan tak jarang disajikan dalam menu sehari-hari di rumah mereka.

 

8. Herring, Sajian Makanan Khas Belanda Yang Selalu Hadir Di Musim Panas


Image source : http://serbiserbainfo.blogspot.com/

Sashimi khas Belanda? Ya menu makanan ini lah perwujudannya! Setiap musim panas, lautan Belanda dilalui oleh ikan Herring. Oleh karenanya tak heran bila ikan-ikan tersebu ditangkap, dan dijadikan makanan penyegar mulut saat musim panas.

Meskipun begitu, sashimi ini cara penyajiannya berbeda ya! Setelah ikan dibersihkan dan dipotong, kepala ikan akan dibekukan selama 24 jam. Meskipun pernah dibekukan, tejstur makanan ini tetap lembut loh! Rasanya memang sedikit asin. Namun, jangan ragukan sensasi kesegarannya ya!

 

Oke, bagaimana? 8 makanan khas Belanda yang kami rekomendasikan kepada Anda cukup menggiurkan bukan? Tertarik untuk mencobanya secara langsung di negri Kincir Angin tersebut? Berwisata saja ke Belanda bersama H.I.S Travel Indonesia! Proses registerasinya yang mudah, pasti akan membuat liburan Anda ke Belanda akan semakin menyenangkan. Sampai jumpa lagi!

16
Sebarkan Artikel