Makanan Khas Hiroshima Yang Wajib Kamu Coba!
07-06-2018
HIS Travel
Makanan Khas Hiroshima Yang Wajib Kamu Coba!
Food
Sebarkan Artikel

Ketika berlibur ke Jepang, pastinya kamu ingin mencicipi sushi, mochi, sashimi, tempura, dan ramen secara langsung di negara asalnya. Namun perlu kamu ketahui, setiap kota di Jepang memiliki makanan khas yang berbeda-beda, seperti misalnya Hakata ramen dari Fukuoka, green tea pudding dari Kyoto, dan takoyaki dari Osaka. Tapi bagaimana dengan makanan khas dari Hiroshima?

Hiroshima sendiri dikenal sebagai kota pertama dalam sejarah dunia yang porak-poranda akibat serangan bom atom saat Perang Dunia II berlangsung. Kota ini terletak di wilayah Chugoku, bagian barat Kyoto dan Osaka, yang menjadi salah satu tujuan wisata populer bagi turis asing dan penduduk lokal Jepang.

Hiroshima memiliki pemandangan yang sangat indah, bahkan salah satu pulau di sana, pulau Miyajima, menyajikan pemandangan alam dan kuil tradisional yang menawan. Selain itu, Hiroshima juga merupakan rumah bagi Peace Memorial Park, sebuah tempat untuk mengenang sejarah pilu ledakan bom atom, tapi mampu menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya.

 

Terlepas dari sejarahnya yang kelam, Hiroshima menawarkan beragam kuliner yang menggugah. Karena memiliki garis pantai yang panjang, Hiroshima menjadi surga bagi para pecinta seafood. Yang pasti, kamu dapat berpesta sambil menikmati beragam makanan khas setempat. Akan tetapi, yang paling terkenal dari Hirsohima adalah okonomiyaki versi Hiroshima. Jika kamu merencanakan perjalanan ke Hiroshima, berikut beberapa makanan khas Hiroshima yang wajib kamu coba:

 

1. Okonomiyaki

Jika kamu pernah mencoba okonomiyaki, telur dadar yang gurih dari Osaka, maka versi Hiroshima juga tidak jauh bebeda. Kenapa disebut sebagai okonomiyaki, karena tampilannya mirip dengan versi Osaka yang berisi irisan kol, daging babi, telur, seafood, dan adonan khusus, yang kemudian dimasak di atas wajan teppan besi, serta disajikan dengan bumbu seperti saus barbeque khas Jepang, mayonnaise, fish flakes, acar jahe, dan bubuk rumput laut.

 

Image source : tsunagujapan.com

Namun, okonomiyaki Hiroshima menggunakan tambahan mi yakisoba, dan digoreng secara berlapis-lapis, bukan mencampur semua bahan menjadi satu adonan seperti pada okonomiyaki versi Osaka. Jika kamu bertanya mengenai okonomiyaki mana yang lebih enak, hal ini masih menjadi topik perdebatan sengit antara orang-orang dari Hiroshima dan Osaka. Yang pasti, saat kamu berada di Hiroshima, hidangan yang satu ini sangat layak untuk dicicipi.

 

2. Mojimi Manju

Mojimi Manju adalah kue yang dipanggang dalam bentuk daun maple dengan isian pasta kacang merah yang manis. Makanan penutup khas Miyajima ini mulai diperkenalkan pada awal 1900-an untuk mewakili Momijidani, tempat melihat daun maple yang populer. Mojimi Manju dulunya dibuat satu per satu menggunakan tangan, tetapi sekarang sudah ada mesin pembuat momiji manju.

 

Isian momiji manju juga sudah lebih bervariasi seperti matcha, keju, puding dan cokelat. Tertarik ingin mencicipinya? Momiji manju banyak dijual toko-toko kue di Miyajima dan Hiroshima.

 

Image source : japan-brand.jnto.go.jp

 

3. Anago Meshi

Selain okonomiyaki, Anago merupakan seafood khas dari Hiroshima yang tidak boleh kamu lewatkan. Unagi, atau belut sungai, mungkin lebih sering kamu dengar dan memang lebih disukai oleh penduduk lokal karena dagingnya yang berlemak, tetapi Anago, atau belut air asin, juga patut dicoba karena tekstur dagingnya yang sangat lembut walapun kandungan lemak didalamnya lebih sedikit.

 

 

Untuk hidangan Anago terbaik, kamu harus mengunjungi restoran tradisional yang dikelola keluarga - Ueno di Miyajima. Ueno telah menyajika hidangan Anago sejak 1901, lebih dari satu abad yang lalu. Menu andalannya adalah Anago-Meshi (belut panggang di atas nasi) yang akan membuat kamu jatuh cinta dengan belut laut yang bergizi. Jika ingin menikmati kelezatannya, bersiaplah untuk mengantri hingga satu jam, terutama saat musim panas atau akhir pekan!

Saat kamu berada di Jepang dan menyempatkan diri ke Hiroshima, jangan lupa untuk mencoba tiga makanan khas tersebut. Namun, jangan terpaku pada satu makanan saja, cobalah kuliner khas dari berbagai kota di Jepang. Tidak hanya cita rasa saja yang kamu dapat, tetapi kamu juga akan belajar banyak tentang budaya dari masing-masing kota.

 

Jika kamu tertarik untuk mencicipi makanan khas Hiroshima, yuk persiapkan perjalanan wisata kamu bersama H.I.S. Travel Indonesia ! H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Bahkan, kamu juga bisa membeli Japan Rail Pass melalui website H.I.S. Travel Indonesia.

Informasi mengenai JR Pass Klik disini

Beli JR West Pass Online disini

Top image source : dishelinguide.com

Sebarkan Artikel