Makanan Khas Musim Dingin di Jepang
06-10-2018
HIS Travel
Makanan Khas Musim Dingin di Jepang
Food
Sebarkan Artikel

Jepang, sebagai salah satu negara di dunia yang memiliki empat musim ini memiliki makanan khas tersendiri di musim dingin. Kalau Travel Mates sedang berada di Jepang dengan cuaca sangat dingin dan salju dimana-mana, makanan yang hangat tentunya bisa menjadi cara untuk menghangatkan badan. Namun ada beberapa makanan khas Jepang di musim dingin tidak hanya sekedar menghangatkan nih, Travel Mates. Tapi juga membuat perut kenyang dan memberikan momen yang berbeda saat mencobanya. Penasaran apa saja makanan khas musim dingin di Jepang? Yuk simak di bawah ini!

1. Oden

Jajanan tradisional Jepang satu ini bisa Travel Mates temukan hampir di semua tempat. Selain karena murah, makanan ini juga menjadi favorit masyarakat Jepang karena rasanya memang sangat enak. Menu ini terdiri dari berbagai jenis makanan. Yaitu seperti sosis, bola ikan, gurita, cumi, tofu, rumput laut, dan makanan laut lainnya yang biasa disajikan dengan kuah kaldu ikan. Makanan hangat, murah, enak, pastinya cocok banget di cuaca yang dingin kan, Travel Mates?

2. Mizutaki

Kalau kamu pecinta ayam dan berkuah seperti Sop Ayam yang ada di Indonesia. Mizutaki akan sangat cocok dan pas di lidah kamu. Karena menu makanan yang berbahan dasar ayam ini juga dilengkapi jenis sayuran seperti jamur dan wortel sebagai pelengkap dan dimasak dengan kaldu. Mizutaki sendiri awalnya merupakan menu hidangan lokal dari Fukuoka, namun sekarang sudah menjadi hidangan di seluruh Jepang karena rasanya sangat lezat dan juga sehat karena kuahnya dibuat dengan sedikit rumput laut yang bernama konbu untuk menambah citara menu tersebut.
Untuk penyajian menu Mizutaki ini biasanya di dalam hot pot atau panci panas sehingga kalau Travel Mates memesan makanan ini tetap panas meskipun sedang musim dingin di Jepang.

3. Ramen

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Jepang satu ini? Makanan ini akan selalu menjadi primadona sepanjang tahun di Jepang, tetapi saat musim dingin ramen bisa membuat badan hangat selepas beraktivitas di luar ruangan tentunya. Semangkuk mie lezat yang disajikan dalam miso atau kaldu lainnya dengan dibubuhi berbagai sayuran, daging, tahu, serta telur. Ada banyak daerah di Jepang yang memiliki ciri khas ramen masing-masing, jadi cobalah mencicipi ramen di setiap daerah sepanjang liburan musim dingin.

4. Mochi

Mochi merupakan salah satu makanan untuk merayakan Tahun Baru di Jepang. Kue beras yang berbentuk bulat ini memiliki tekstur sangat lembut karena terbuat dari nasi Jepang yang dihaluskan. Dengan variasi yang beragam, mochi bisa disajikan dalam bentuk permen atau cemilan khas Jepang yang gurih. Namun, selama Tahun Baru, mochi dibuat menjadi sup yang disebut Zoni. Karena tahun baru selalu bertepatan dengan musim dingin, zoni menjadi pilihan untuk hidangan keluarga karena bisa menghangatkan tubuh. Zoni terbuat dari kue beras, sayuran seperti wortek, talas, dan kamaboko.

5. Tori Zosui

Kalau tadi ada menu yang mirip dengan Sop Ayam, di Jepang juga punya makanan khas musim dingin yang mirip dengan menu Bubur Ayam, yaitu nama menunya Tori Zosui. Makanan ini terbuat dari nasi yang direbus bersama ayam sampai bentuknya mirip seperti bubur. Tidak hanya ayam, tapi Tori Zosui juga biasanya ditambahkan dengan sayuran atau telur. Karena makanan ini khas di musim dingin, jadi sangat cocok untuk Travel Mates konsumsi saat masih panas untuk menghangatkan badan.

6. Yudofu

Suasana Jepang di musim dingin pastinya membuat badan mudah dingin dan lapar. Tentunya makanan hangat berkuah akan sangat pas untuk mengembalikan suhu tubuh kembali hangat. Dan menu Yudofu akan menjadi jawaban yang tepat. Karena makanan Jepang satu ini berbahan dasar tahun yang dijadikan sup. Kuahnya dibuat dari kaldu dan tahunya dikombinasikan dengan sayuran sehingga makanan ini akan benar-benar mengembalikan suhu dan tenaga, Travel Mates. 
Sama seperti menu Mizutani, makanan satu ini juga disajikan di atas panci panas yang diletakkan di atas kompor. Yudofu sendiri biasanya diberikan pilihan tambahan saus yuzu kosho atau ponzu yang terbuat dari campuran garam dan bubuk cabai untuk kamu yang suka pedas.

7. Yakiimo

Yakiimo merupakan ubi bakar yang banyak dijual di pinggir jalan selama musim dingin. Ubi jalar ungu dan kuning menjadi bahan utama pembuatan yakiimo, biasanya disajikan begitu saja tanpa dikemas hanya dengan dibalut kertas pembungkus atau alumunium foil. Yakiimo menjadi makanan ampuh yang bisa membuat telapak tangan hangat selama berada di luar ruangan, rasanya yang manis pun sangat cocok menjadi pengisi perut yang mudah lapar saat musim dingin, selain itu harganya pun sangat murah karena banyak dijual di pinggir jalan dan mudah ditemukan.

Itu dia Travel Mates beberapa makanan khas Jepang yang biasanya dinikmati di musim dingin. Jadi laper pasti, ya? Yuk langsung pesan Winter Package H.I.S di sini biar keinginan kamu menikmati makanan khas Jepang terpenuhi.

Sebarkan Artikel