Mengenal Sejarah, Dan Kelezatan Oden. Menu Makanan Khas Musim Dingin Jepang
14-12-2018
HIS Travel
Mengenal Sejarah, Dan Kelezatan Oden. Menu Makanan Khas Musim Dingin Jepang
Food
Sebarkan Artikel

Berlibur ke Jepang saat moment liburan musim dingin? Mengapa tidak? Disana, ada banyak hal seru loh yang menanti! Dan lagi, suasana Jepang di moment musim dingin pastilah berbeda dengan situasi saat musim panas ataupun di musim gugurnya. Meskipun dingin, ada oden kok, si menu makanan khas musim dingin Jepang yang mampu menggoyang lidah.

Travel Mates pernah mencicipi Oden saat pergi berlibur ke Jepang? Bila sudah pernah, pasti tau tentang cita rasanya yang sederhana namun menghangatkan! Tapi, bilapun masih belum tau, Travel Mates tidak perlu merasa minder kok! Toh tidak semua orang tau tentang menu makanan khas musim dingin Jepang yang satu ini. Terlebih bagi mereka yang masih asing dengan hal-hal yang berbau Jepang.

Penasaran dengan citarasa Oden? Cicipi saja langsung di negara asalnya! Namun bila ingin terlebih dahulu mengenal sejarah dan kelezatan Oden, Travel Mates bisa kok menyimak artikel dari tim H.I.S Travel Indonesia ini terlebih dahulu! Langsung saja disimak yuk! Selamat menyimak ya!

 

Semua Ini Berawal Dari “Dengaku”, Sate Tahu Si Cikal Bakal Oden

image source : https://www.fun-japan.jp/

Jepang memang memiliki banyak hal. Dari masa ke masa, Dengaku dikenal sebagai tarian dan nyanyian yang dilakukan dengan paduan ritme drum taiko dan nada seruling yang didendangkan di moment musim tanam demi mengharap panen yang melimpah.

Konon, menurut sebagian masyarakat di masa lalu, wujud tarian ini amat mirip dengan tahu yang disate kemudian dibakar. Seiring dengan waktu, guna mempermudah penyebutan, makanan yang satu inipun disebut Oden, yang asal kata mulanya De-n-ga-ku tadi diberi imbuhan O di awal kata nya.

Setelah itu, masyarakat jepang pun perlahan mengenal cara pembuatan dengaku yag dipadukan dengan bumbu miso hasil fermentasi kedelai, dan terus bertambah sedari zaman edo (sekitar 1603-1867). Hasilnya, isian Oden inipun tidak hanya sekedar tahu saja. Melainkan juga ada terong, talas, varian olahan tahu, bakso, olahan ikan, serta umbi konyaku yang kesemuanya lezat-lezat!

 

Oden, Si Menu Maknan Khas Musim Dingin Jepang Yang Kelahiran Oden Rebusnya Sejalan Dengan Kepopuleran Pembuatan Kecap Shoyu

image source : https://www.fun-japan.jp/

Di zaman awal perkembangan makanan khas Jepang yang satu ini, Oden mengalami beberapa penyesuaian disana-sini. Tentu ini mengikuti kebiasaan masyarakat setempat dan selera masing-masing orang yang membuat menu panganan ini.

Meskipun begitu, nyatanya semuanya memiliki pola yang hampir mirip. Banyak yang beranggapan bahwa Dengaku yang awalnya merupakan sate tahu bakar ini, akhirnya dimasak secara berkuah karena banyaknya produsen kecap shoyu di kota Chosi dan kota Nado di prefektur Chiba. Konon, masyarakat setempat lebih suka memasak Oden dengan cara direbus sehingga menyisakan kuah yang juga diberi bumbu kecap shoyu.

Bila menilik sejarah lebih jauh lagi, pemberian kuah ini sendiri sudah berlangsung sejak zaman Meiji (1868-1912). Dan kuah ini pun semakin diwajibkan kehadirannya sejak zaman Taisho (1912-1926), terlebih di wilayah Kansai.

Uniknya, orang Kansai sendiri pada masa itu tidak begitu mengenal Oden. Penyebabnya, hidangan hangat yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan “Kato-ni” yang dalam artian berarti masakan rebusan dari daerah Kanto Jepang. Orang Kanto ternyata berani beda ya Travel Mates?

 

Sebelum Menjadi Masakan Rumahan, Menu Makanan Khas Musim Dingin Jepang Ini Hanya Dianggap Sebagai Masakan Warung Saja Loh!

image source : https://www.fun-japan.jp/

Bukan hal yang aneh bila ada menu makanan tertentu yang memang dianggap menu makanan warung oleh masyarakat. Seperti halnya Oden, yang pada masa awal mula kemunculannya, menu masakan ini sudah mendapat label menu masakan warung.

Terlebih bila mengingat fakta bahwa pusat perbelanjaan di masa lalu belum menjual bumbu kuah oden dan bahan isiannya. Menyantap Oden dulu terasa lebih spesial dari era sekarang.

Meskipun begitu, nyatanya Oden yang dibuat di warung tetap memiliki keistimewaan yang tersendiri kok! Bagi para turis seperti kita, pembuat Oden yang juga kerap menjual ramen di pinggiran jalan ini merupakan penyelamat rasa penasaran akan citarasanya yang konon sudah terkenal! Harganya pun tidak begitu mahal, hanya berkisar 90 hingga 150 yen saja kok per isiannya!

Namun, bilapun Travel Mates memang memiliki kenalan di Jepang dan ingin membuat Oden, bisa kok membuatnya sendiri. Tenang, seperti yang kami bilang tadi, bahan dan bumbu sudah tersedia lengkap di minimarket tertentu!

 

Cara Membuat Oden Dan Menikmati Menu Makanan Khas Musim Dingin Jepang Yang Satu Ini

image source : https://www.fun-japan.jp/

Pembuatan Oden ternyata sesederhana cara menikmatinya. Anda tinggal membuat kaldu dari bahan rumput laut dan ikan cakalang, kemudian masukan bahan-bahan isian oden ke dalam kuah rebusan. Namun tentunya, memasukan bahan isian ini tidak bisa sembarangan ya!

Lebih baik Travel Mates memasukan terlebih dahulu bahan-bahan yang memerlukan waktu lama untuk matang semisal lobak, telur, dan lain sebagainya ke dalam panik. Baru setelah itu, kamu bisa menambahkan makanan yang mudah hancur seperti tahu ikan, tahu isi, dan sebagainya sebelum melanjutkan proses memasak dengan api kecil.

Ingin bumbu kaldu dari kuah oden cepat meresap ke bahan isian? Buat saja guratan kecil di bahan isian Oden yang kamu masukan! Cara ini terbukti ampuh loh!

 

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang mengenal sejarah, dan kelezatan Oden. Menu makanan khas musim dingin Jepang. Bagaimana? Kamu tertarik untuk mencicipi hidangan lezat yang satu ini secara langsung di Jepang? Bila Travel Mates tertarik, segera rencanakan liburan ke jepang bersama H.I.S Travel Indonesia yuk! Sampai jumpa di moment selanjutnya, terimakasih sudah menyimak ya!

Sebarkan Artikel