6 Makanan Khas Myanmar Favorit Wisatawan Yang Harus Kamu Cicipi Saat Kesana!
28-10-2018
HIS Travel
6 Makanan Khas Myanmar Favorit Wisatawan Yang Harus Kamu Cicipi Saat Kesana!
Food
8
Sebarkan Artikel

Berwisata ke luar negeri bisa dibilang merupakan sebuah pengalaman yang cukup menyenangkan. Selain dapat merasakan pengalaman baru dengan balutan budaya yang berbeda, kita juga bisa mencicipi beraneka ragam panganan khas yang ada di Negara tersebut. Kamu yang pernah pergi ke Myanmar bersama H.I.S Travel Indonesia juga pernah mencicipi makanan Khas Myanmar saat berada disana kan?

Khusus untuk Negara Myanmar, makanan khas Myanmar bisa dibilang merupakan salah satu yang paling unik di wilayah Asean. Meskipun wilayah negaranya tidak seluas Indonesia tercinta, dunia kuliner di negri tersebut sedikit banyak sudah terpengaruh dengan cita rasa orang tionghoa, Thailand, dan juga India.

Namun, sebenarnya makanan khas Myanmar juga memiliki keunikan nya tersendiri kok! Penasaran dengan keunikannya? Simak terus artikel singkat kami berikut ini yuk! Selamat menyimak ya Travel Mates!

 

1. Laphet Thohk, Salad Yang Berbahan Dasar Daun Teh Fermentasi Dengan Tambahan Sayuran

image source : https://id.pinterest.com/pin/422142165050537182/

Di Negara asalnya, makanan yang satu ini cukup digemari, terutama di kalangan masyarakat vegetarian. Kamu juga seorang vegetarian? Kalau begitu, wajib ya untuk mencicippi makanan khas Myanmar yang satu ini ketika berwisata ke sana nanti!

Bahan-bahan dari menu khas yang satu ini adalah daun teh yang telah difermentasi yang dicampur dengan irisan kubis, bawang, irisan cabai, tomat, dan juga cincangan bawang putih. Meskipun terlihat sederhana, memakan seporsi Laphet thohk sudah cukup mengenyangkan loh! Namun misalpun porsi makanmu agak besar, tak ada salahnya kok untuk memesan piring ke dua!

 

2. Nga Htamin, Nasi Kuning Unik Yang Menjadi Makanan Khas Myanmar

image source : https://livingnomads.com/

Selain Laphet Thohk, Nga Htamin juga cukup digemari bagi mereka yang memang memfavoritkan menu masakan yang ada nasi nya. Nasi ini cukup unik loh! Selain warnanya yang agak ekuningan karena campuran kunyit dan rempah, yang menjadikan makanan ini semakin terasa nikmat adalah taburan ikan dan bawang putihnya yang bercitarasa khas.

Meskipun terlihat biasa, jangan remehkan citarasa menu masakan yang sau ini ya! Rasa bawang putih mentah yang berpadu dengan rasa pedasnya sungguh terasa! Oleh karenanya, bila kamu memiliki pantangan untuk memakan makanan pedas, harap dipertimbangkan terlebih dahulu ya sebelum menyantap makanan yang satu ini!

 

3. Hto-hpu Nwe, Makanan Khas Myanmar Yang Memiliki Beberapa Versi Penyajian

image source : https://livingnomads.com/

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, menu makanan yang bernama Hto-hpu New ini memiliki arti “Tahu Hangat”. Meskipun begitu, nyatanya makanan ini tidak menggunakan tahu sama sekali loh dalam proses penyajiannya!

Malahan, makanan ini dibuat dari chickpea (tepung kacang polong) yang diolah sedemikian rupa menjadi sebuah panganan yang mirip dengan bubur kentang. Bubur kentang ini sendiri warnanya agak kekuningan, dan disajikan diatas bihun.

Setelah itu, terdapat dua versi penambahan toping daging. Ada yang menggunakan irisan daging ayam tumis, dan ada pula penjual yang menaburkan daging babi diatas masakannya. Baru setelah itu, makanan ini akan ditambahkan minyak cabai, kaldu, dan juga potongan sayur secukupnya.

 

4. Mohinga, Makanan Khas Myanmar Yang Bisa Ditemukan Dimana-mana

image source : https://www.sbs.com.au/

Bila berbicara tentang makanan khas dari Negara Myanmar, mungkin menu santapan yang satu ini adalah hidangan yang sering menjadi bahan perbincangan. Betapa tidak? Di Negara asalnya saja, menu masakan ini bisa dijumpai dimana-mana!

Selain mudah untuk dijumpai, menu makanan ini juga lumayan mantap! Bahan dasarnya saja tepung beras yang dicampurkan kaldu, ikan, dan juga bawang. Agar makin nikmat, makanan khas yang satu ini juga diberi tambahan irisan telur rebus, pelepah pisang, dan juga air perasan jeruk yang menyegarkan.

Karena rasanya yang nikmat dan mantap, menu ini layak dijadikan sebagai menu sarapan pagi, menu makan siang, hingga menu makan malam. Travel Mates tertarik kan untuk mencicipi masakan yang satu ini?

 

5. Sanwin Makin, Makanan Khas Myanmar Yang Cocok Untuk Dijadikan Hidangan Penutup

image source : https://www.pinterest.fr/pin/334251603585350837/

Selain makanan berat, ada juga nih hidangan penutup yang layak untuk Travel Mates cicipi! Makanan penutup yang kami maksud adalah Sanwin Makin, yang berbahan dasar gandum, yang diberi campuran gula, kelapa, dan juga mentega.

Rasa dari hidangan penutup yang satu ini gurih-gurih manis. Meskipun kamu baru mencicipi makanan penutup yang satu ini untuk pertama kalinya, kamu bisa langsung ketagihan dengan mantapnya sensasi gurih manisnya loh! Tapi, sebenarnya makanan ini pun juga ada yang jual sih di Indonesia. Meskipun begitu, rasa Sanwin Makin di tempat aslinya, bisa dibilang tidak ada duanya deh!

 

6. Mont Di, Makanan Cepat Saji Kesukaan Orang Myanmar

image source : https://asiatravelpackages.info/

Iya, menu yang satu ini merupakan makanan yang tergolong mudah untuk disajikan. Oleh karenanya, banyak turis yang mengira bahwa masakan ini adalah makanan cepat saji. Padahal mah, makanan ini masih termasuk makanan khas Myanmar loh!

Ingin tau cara penyajiannya? Masak saja dulu bihun sejenak dalam jumlah yang cukup, kemudian disiramkan dengan kuah sup pasta ikan khas nga-pi yang jarang ditemukan di luar Myanmar. Tapi, bila Travel Mates lebih menyukai yang versi tanpa kuah sup, boleh pesan langsung ke pembuatnya kok!

Selain itu, ada juga ikan goreng tepung yang biasa dijadikan sebagai lauk pelengkap. Ikan nya sendiri merupakan sejenis belut, yang biasa disebut Nga-shwe ya! Jadi bukan ikan laut ataupun ikan yang biasa disantap saat berada di Indonesia! Penasaran dengan rasanya? Wajib dicoba kalau begitu!

 

Oke Travel Mates, itulah tadi artikel singkat kami tentang 6 makanan khas Myanmar yang difavoritkan para wisatawan. Saat berwisata ke Myanmar bersama H.I.S Travel Indonesia nanti, jangan lupa untuk mencicipi menu makanan yang telah kami rangkumkan tadi ya! Namun bilapun ada menu yang kurang kamu sukai, tak harus dipaksakan kok! Toh, menu makanan nya juga cukup banyak kan?

Terimakasih telah menyimak artikel singkat kami, sampai jumpa lagi di moment yang selanjutnya!

8
Sebarkan Artikel