15 Makanan Khas Spanyol Yang Menarik Untuk Dicoba
23-09-2018
HIS Travel
15 Makanan Khas Spanyol Yang Menarik Untuk Dicoba
Food
Sebarkan Artikel

Hai Travelers, kamu seorang madridista? Atau barcelonista? Kalo kamu fans dari klub sepak bola tersebut, pasti kamu tau kan mereka berasal dari Negara apa? Yap! Spanyol, negara yang merajai sepak bola Eropa.  Selain klub sepak bolanya, apa kamu juga tau tentang makanan khas Spanyol yang menarik untuk dicoba?

Setidaknya, terdapat 15 makanan khas Spanyol yang bisa dicicipi selama Anda berada disana. Sebenarnya masih ada lagi beberapa sih. Namun, untuk kali ini, kita simak dulu yuk artikel dari tim H.I.S Travel berikut ini! Ada apa aja ya? Yuk simak!

 

1. Croquettes, Makanan Khas Spanyol Yang tidak Asing Lagi Bagi Orang Indonesia


Image source : http://www.flickr.com/

Croquettes atau biasa disebut Kroket ini makanan yang berukuran kecil, biasanya kroket ini dijadikan sebagai cemilan atau jadi makanan pembuka. Di negara asal nya, makanan khas spanyol ini akan selalu melengkapi meja makan yang Anda tempati di hampir setiap restoran yang ada disana.

Di Indonesia kroket juga ada loh travelers, di Indonesia kroket terbuat dari kentang yang ditumbuk halus dan diisi dengan daging cincang halus lalu dicampur dengan sayuran biasanya wortel atau buncis. Nah ga jauh beda sih sama buatan Indonesia, kalo di kroket di Spanyol bisa dari kentang, bisa juga dari ubi, dan topping didalamnya ga cuma daging tapi juga diisi ikan cod.

 

2. Tortilla Espanola, Telor Dadar Ala Spanyol


Image source : http://www.flickr.com/

Makanan ini bentuknya seperti omlette yang ada di Indonesia nih travelers, jika di Indonesia omlette berbahan dasar mie dan telur,  berbeda dengan Tortilla Espalona yang berbahan dasar kentang dan telur. Tetap bentuk dan cara penyajiannya sama dengan omlette Indonesia. Makanan ini bisa disantap sebagai menu sarapan, makan siang atau makan malam.

 

3. Gazpacho, Sup Tomat Musim Panas Orang Spanyol


Image source : http://www.flickr.com/

Gazpacho ini adalah sup tomat sebagai hidangan khas saat musim panas, karena sup ini disajikan dalam keadaan dingin nih travelers.  Bahan bahan utamanya air, roti, cabai, tomat, bawang putih, mentimun, garam, minyak zaitun, dan vinegar atau cuka anggur.

Nah, warna merah dalam sup itu dihasilkan dari tomat dan cabe merah nih travelers, singkatnya Gazpacho ini bisa disebut dengan salad cair.

 

4. Albondigas, Bakso Asal Spanyol Yang Mantab Jiwa


Image source : http://www.flickr.com/

Buat kamu pecinta bakso, di Spanyol juga ada nih travelers! Namanya, Albondigas. Cara pembuatannya sama seperti bakso bakso pada umumnya, dan berbahan dasar daging, bawang merah, mentega, telur, dan berbagai macam bumbu lainnya.

 

5. Pulpo a la Gallega, Makanan Khas Spanyol Dari Dunia Laut


Image source : http://www.flickr.com/

Kalo yang ini penyebutannya cukup sulit ya travelers. Tapi, makanannya menggiurkan banget! Apalagi buat travelers pecinta seafood harus banget cobain makanan yang satu ini. Pulo a la Gallega ini berbahan dasar gurita, kentang, bubuk cabai dan minyak zaitun. Emm bikin ngiler ya travelers!

 

6. Pan Con Tomate, Roti Spanyol Yang Lezat!


Image source : http://www.flickr.com/

Nah yang satu ini travelers bisa buat sendiri dirumah. Mudah kok, hanya butuh roti, saus tomat, dan panggangan. Rasanya? Hmm renyah seperti pinggiran pizza. Kalo travelers mau lebih nikmat lagi, kamu bisa tambahin topping apapun sesuai selera. Penasaran? Yuk coba sendiri!

 

7. Mallorcan Tumbet, Sejenis Sambalnya Orang Spanyol


Image source : http://www.flickr.com/

Mallorcan tumbet, ini salah satu makanan tradisional spanyol loh travelers. Makanan ini penggabungan antara cabai, tomat dan minyak zaitun yang memberi kelezatan pada setiap gigitannya. Mau coba?

 

8. Tigres, Cincangan Seafood Yang Nyummy!


Image source : http://www.flickr.com/

Tigres ini makanan cemilan khas spanyol, berbahan dasar kumpulan seafood yang dicincang halus ditambah dengan bumbu bumbu pilihan. Ini salah satu makanan yang diincar wisatawan spanyol loh travelers!

 

9. Pisto, Makanan Yang Ekstra Lezat!


Image source : http://www.flickr.com/

Yang ini makanan khas spanyol yang dicari  vegetarian di Spanyol. Pisto menggunakan bahan dasar tomat, lada, timun jepang, bawang putih, bawang merah, dan minyak zaitun. Kalo travelers cari pisto yang masih murni cita rasanya, travelers bisa dapetin di sebelah Selatan Madrid, Spanyol.

 

10. Jamon, Olahan Kaki Babi Yang Tak Biasa!


Image source : http://www.flickr.com/

Yang ini makanan non halal ya travelers, karena bahan dasar nya terbuat dari kaki babi. Kalo kamu ke restaurant spanyol kamu lihat kaki babi digantung seperti ayam panggang, bisa dipastikan restoran tersebut menyediakan menu Jamon.

Cara penyajiannya daging kaki babi diiris tipis tipis, bisa langsung disantap atau bisa juga dipanggang terlebih dahulu. Kemudian daging ini biasanya dijadikan sebagai isian roti. Hm berani coba?

 

11. Churros Con Chocolate, Cemilan Yang Lezat Banget Nih!


Image source : http://www.flickr.com/

Churros Con Chocolate, makanan ini termasuk cemilan khas Spanyol. Bahannya terbuat dari adonan tepung yang digoreng dan dibaluri gula nah ditambah coklat kental sebagai pelengkap. Ini yang membuat churros con chocolate menjadi jajanan favorit di spanyol.

 

12. Patatas Bravas, Cemilan Mantap Asal Spanyol!


Image source : http://www.flickr.com/

Makanan yang satu ini sejenis dengan kentang goreng yang ada di Indonesia. Bedanya, kalo Patatas Bravas ini kentangnya dipotong dadu, lalu diberi saus dan mayonais sebagai pelengkap rasa. Ummmm travelers bisa buat sendiri cemilan ini dirumah. Yuk buat! Tak ingin ribet? Cicipi di negara asalnya langsung juga boleh!

 

13. Empanadas, Pastel Lezat Yang Rasanya Dahsyat


Image source : http://www.flickr.com/

Nah makanan yang satu ini dari segi bentuk mirip dengan pastel yang ada di Indonesia. Kalo pastel isinya ada sayuran kentang dan wortel, berbeda dengan empanadas yang berisi potongan daging, telur dan kentang. Dari segi rasa, empanadas bisa ngalahin rasanya kroket nih travelers.

 

14. Cream Catallina, Makanan Lembut Yang Wajib Dicoba!


Image source : http://www.flickr.com/

Nah yang ini salah satu makanan penutup khas Spanyol, Cream Catallina. Dessert ini berbahan dasar susu, telur, tepung maizena, gula, kulit jeruk, kayu manis. Cream Catallina sejenis dengan Cream Crulle sama sama menggugah selera.

 

15. Fabada Asturiana, Olahan Sosis Babi Yang Kaya Akan Rasa


Image source : http://www.flickr.com/

Nah ini yang terakhir! Makanan khas Spanyol yang satu ini disajikan seperti masakan rumahan buatan ibu ya! Tapi makanan ini non halal ya travelers karna bahan dasarnya menggunakan chorizo atau yang kita tau itu sosis babi. Bahan dasar lainnya ada kacang, lemak babi, kunyit. Makanan ini biasanya disantap saat makan siang travelers. kamu juga bisa dapetin fabada disupermarket dan sudah disajikan siap santap dalam kotak.

 

Nah itu dia 15 makanan Khas Spanyol. Kalo travelers berkunjung ke Spanyol, jangan lupa untuk cicipi semua kuliner khas diatas ya travelers! Sampai jumpa lagi di moment liburan bersama H.I.S Travel!

Top image source : https://www.flickr.com/photos/

Sebarkan Artikel