Makanan Nikmat di Musim Dingin, Oden
01-12-2015
HIS Travel
Makanan Nikmat di Musim Dingin, Oden
Food
Sebarkan Artikel

Cuaca yang semakin dingin di Jepang, pasti kamu membutuhkan makanan yang dapat dengan cepat membuatmu hangat. Nah, bagaimana kalau kamu mencoba Oden? Oden adalah salah satu makanan Jepang yang sangat cocok disantap ketika musim dingin tiba. Karena cara makan oden ini lebih enak dinikmati ketika masih panas, tubuh kamu akan langsung merasa hangat ketika memakannya.

Oden adalah makanan khas Jepang yang biasanya dinikmati malam hari ketika udara sedang dingin. Sebenarnya makanan ini lebih merupakan jajanan atau sebagai teman minum sake. Dengan berbagai jenis makanan dimasukkan ke dalam panci/mangkok oden, kemudian direbus bersama dengan kuah (dashi). 

Bahan untuk kuah (dashi) dan isi oden bisa beraneka macam, tergantung pada daerah dan selera orang yang membuat. Oden di daerah Kansai direbus dengan kuah yang umumnya lebih pekat dan lebih asin dibandingkan oden di daerah Kanto yang tidak begitu asin. Di daerah Kansai, oden yang berkuah kental disebut Kanto-ni (rebusan ala Kanto).

Rata-rata isi Oden adalah daikon (lobak), sumire (baso ikan), konnyaku, telur rebus, chikuwa, daging sapi, ikan, aburaage tofu (tahu goreng), cumi, gurita, sosis, kentang, rumpu laut, dan lain sebagainya. Bahan dari kaldu itu sendiri dibuat dari katsuoboshi, kombu, dan kecap asin. 

Tetapi kalau kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah dan tidak ingin repot, ada juga kok yang menjual bahan-bahan oden dalam bentuk set yang terdiri dari berbagai macam bentuk dan rasa. Tetapi ada juga yang bisa kamu beli satu-satu sesuai kesukaanmu, meski harganya jadi lebih mahal daripada membeli yang satu set. Bahkan saat ini ada lho yang menjual oden kalengan. Ingin mencoba? 

Kalau kamu ingin membeli oden, kamu tidak perlu tahu nama dari setiap makanan di dalam oden. Kamu hanya tinggal menunjuk saja makanan yang ingin kamu makan, selanjutnya penjual akan menaruhnya di piring kecil beserta dengan kuah oden. Kalau sudah begitu, kamu hanya tinggal menyantapnya. Oden biasanya dimakan dengan mustard, dengan pengecualian beberapa daerah di Jepang yang memakannya dengan saus manis dari miso.

Meskipun Oden sangat cocok dimakan di musim dingin, bukan berarti kamu tidak bisa memakannya di musim lainnya, ya. Kamu bisa menemukan banyak penjual oden di pinggir jalan di Jepang, kok.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

 

Sebarkan Artikel