5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ketika Musim Gugur di Jepang
23-09-2018
HIS Travel
5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ketika Musim Gugur di Jepang
Food
Sebarkan Artikel

Jika berbicara mengenai Jepang, maka salah satu yang akan terlintas di benak kita adalah mungkin autmn seasons-nya atau musim gugurnya. Jepang adalah salah satu negara yang menawarkan musim gugur terbaik di dunia. Tak heran mengapa banyak sekali wisatawan dari berbagai belahan dunia yang melancong ke Jepang ketika musim gugur. Karena pemandangan menawan dari alam Jepang dan juga jajaran pepohonan yang berubah warna menjadi coklat, kuning, kemerah-merahan cantik ini mungkin tidak bisa ditemukan di negara mereka. Travel mates ingin berlibur ke Jepang saat musim gugur? Jangan lupa untuk mencoba makanan yang wajib dikonsumsi ketika musim gugur di Jepang. Apa saja ya? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Matsutake Mushroom Soup

image source : Japan National Tourism Organization

Ketika musim gugur Jepang, biasanya orang-orang akan memilih mengkonsumsi makanan hangat yang menyehatakan. Salah satu makanan yang wajib kita coba cicipi ketika musim gugur tiba di Jepang adalah Matsutake Mushroom Soup. Sup ini adalah salah satu makanan yang akan kita jumpai ketika musim gugur dan biasa disebut juga sebagai Matsutake Dobin Mushi. Sup ini selain istimewa rasanya, juga unik penyajiannya karena disajikan pada teko yang terbuat dari clay yang disebut dobin. Bentuknya sama seperti teko teh yang biasa kita jumpai. Isian dari sup matsutake mushroom ini ada bonito atau ikan asap, berbagai macam sayuran, ikan atau udang, dan juga dengan bumbu bakae yang unik, dengan tambahan jamur pinus. Biasanya untuk membuat rasa matsuke mushroom soup menjadi lebih segar diberi tamabahan perasan jeruk-jerukan.

2. Kroket pumpkin

image source : Udon Cafe

Makanan yang wajib dikonsumsi ketika musim gugur di Jepang yang kedua adalah kroket pumpkin. Setelah makan-makanan yang berat atau makanan utama, kita bisa membersihkan gigi dengan makan kroket pumpkin. Walaupun kroket bukan makanan khas Jepang, namun kroket pumpkin ini mampu mengintrepetasikan musim gugur. Pumpkun manis yang lembut akan dibalut dengan tepung panir, dibuat seperti kroket pada umumnya kemudian digoreng dan disiram saus manis. Travel mates bisa menemukan kroket pumpkin ini di Tokyu Foodshow yang berada di Shibuya.

3. Salt-grilled Sanma

image source : Fox's coffee time - WordPress.com

Jika travel mates merupakan pecinta kuliner ikan laut, maka wajib menciba salt-grilled Sanma ketika musim gugur di Jepang. Sajian ikan berwarna silver yang dipanggang bersama garam khusus yang disebut shama no shioyaki. Biasanya akan disajikan ebrsamaan dengan nasi hangat, juga sup. Kulit ikan akan terasa lebih renyah dengan daging ikan yang lembut, biasanya diberi perasan jeruk lemon untuk lebih menyegarkan rasa, dan juga daging ikan bisa dicocol kecap jika kita suka. Tertarik mencobanya travel mates?

4. Ubi manis

image source : Bokksu

Selain di Indonesia, ubi ternya juga memiliki banyak penggemar di Jepang. Salah satu kudapan yang harus ada selama musim gugur di Jepang adalah ubi manis, ketika musim gugur tiba biasanya orang Jepang akan mencari ubi manis untuk dimakan. Biasanya banyak di jalanan Jepang yang menjual ubi bakar yang sering disebut juga sebagai satsuma imo. Atau biasanya ubi ini diubah menjadi ubi manis, ubi yang dimasak dengan gula hingga menjadi empuk seperti di gambar. Manisnya dan hangatnya ubi ini akan melengkapi musim gugur kita di Jepang!

5. Steamed Shinmai Rice with Gingko Nuts

image source : Recipes for Tom

Yang terakhir ada Steamed Rice with Gingko Nuts. Makanan yang satu ini merupakan salah satu yang ada di setiap musim gugur di Jepang. Biasanya nasi ini disebut juga sebagai shinmai atau nasi baru karena rasanya yang berbeda daripa nasi biasanya. Orang Jepang berkata jika nasi ini lebih manis, lebih autentik, dan lebih empuk atau lembut ketimabng nasi yang biasanya dimakan. Biasanya yang menjadi oping nasi ini bisa ubi, atau jamur, namun yang lebih sering dipakai adalah kacang gingko.

Itu tadi travel mates makanan yang wajib dikonsumsi ketika musim gugur di Jepang. Ketika pergi ke Jepang jangan lupa cicipi dan jangan lupa gunakan jasa HIS Travel Indonesia ya. Makin sering main makin sering dapat promo!

Sebarkan Artikel