10 Masjid Termegah Di Eropa Yang Bikin Nyaman!
10-07-2018
HIS Travel
10 Masjid Termegah Di Eropa Yang Bikin Nyaman!
Tips
Sebarkan Artikel

Berwisata ke Eropa memang menyenangkan. Disana banyak sekali hal unik yang tidak bisa kita temukan di Indonesia, seperti jenis makanan, jajanan, hingga desain bangunan yang amat khas dengan nuansa Eropa. Meskipun begitu, ternyata di Eropa juga terdapat masjid termegah yang ada di Eropa loh!

Tak sekedar berdiri. 10 masjid termegah yang ada di Eropa tersebut ternyata aktif digunakan oleh komunitas muslim setempat. Hal ini apa adanya. Meskipun berdasarkan fakta, benua biru tersebut sejatinya masih didominasi oleh masyarakat non muslim.

Penasaran dengan masjid-masjid tersebut? Simak terus yuk ulasan dari tim H.I.S Travel Indonesia! Selamat menyimak!

 

1. Grande Mosquee de Paris, Masjid Termegah Di Eropa Perancis


Image source : https://www.flickr.com

Prancis merupakan salah satu negara di Eropa yang memiliki masjid yang megah. Masjid yang satu ini bahkan bukanlah sembarang masjid, namun merupakan hadiah penghargaan dari otoritas pemerintah setempat kepada kaum muslim yang berjasa dalam memerangi pasukan Jerman saat zaman perang dunia ke 2.

Masjid yang megah ini dibangun dengan arsitektur yang cukup cantik. Meskipun berada persis di persimpangan jalan, masjid ini tetap tampil cantik lengkap dengan menara setinggi 33 meter. Dan uniknya, secara berkala masjid ini menyajikan hidangan Couscous (nasi khas Maroko) yang disajikan dengan teh panas rasa mint. Ingin kemari? Datang saja yuk ke 2bis Place du Puits de I’Ermite, Prancis, France!

 

2. London Central Mosque, Masjid Termegah Di Eropa Inggris


Image source : https://www.flickr.com

Beralamat di 146 Park Rd, Marylebone, London, UK, menjadikan masjid yang satu ini sering diramaikan oleh berbagai komunitas muslim Inggris. Bila mengingat sejarahnya, masjid ini tidak berbeda dengan masjid yang pertama tadi. Yakni, sama-sama merupakan tanda penghargaan dan ucapan terimakasih dari pemerintah setempat kepada kaum muslimin yang membela inggris di perang dunia ke 2 silam.

Masjid ini tidak hanya memiliki ruang utama yang berfungsi sebagai tempat sholat. Disini juga tersedia tempat layanan konsultasi seputar keagamaan, perpustakaan, yang selalu siap membantu para pengunjung untuk mempelajari islam dengan lebih dalam.

 

3. Akhmad Kadyrov Mosque, Masjid Termegah Di Eropa Rusia


Image source : https://www.flickr.com

Masjid yang satu ini cukup luas. Saking luasnya, bahkan ia mampu menampung hingga 10.000 jemaah ketika waktu sholat tiba. Tak hanya itu, bangunan masjid ini juga masih dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti madrasah, asrama, dan badan kajian agama yang masih berdiri hingga sekarang.

Meskipun demikian, tak banyak turis Indonesia yang menyangka bahwa masjid yang beralamat di Grozny, Chechenskaya Republits, Russia ini dulunya merupakan bekas markas besar sebuah partai komunis. Meskipun begitu, masjid ini telah mengalami serangkaian renovasi hingga memiliki menara setinggi 63 meter dan fasilitas yang telah kami sebutkan tadi. Cukup menakjubkan bukan?

 

4. Centro Islamico Culturale d’Italia Grande Moschea Roma, Masjid Termegah Di Eropa Italia


Image source : https://www.flickr.com

Masjid megah di Roma? Ada kok! Tidak percaya? Datang saja ke Viale della Moschea, 85, Roma RM, Italy. Meskipun faktanya Roma merupakan pusat dari agama Katolik, nyatanya masjid yang mengadopsi gaya arsitektur romawi kuno ini masih tegak berdiri dan terawat loh! Ingin mampir dan sholat berjamaah di masjid ini?

 

5. Moscow Cathedral Mosque, Masjid Termegah Di Eropa Rusia


Image source : https://www.flickr.com/photos

Di Rusia, mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama Kristen-Ortodox yang menyebut gereja besar dengan sebutan “Katedral”. Mungkin itulah yang menginsipirasi penamaan dari masjid yang berdiri di sebelah stadion olimpiade ini. Betapa tidak? Saking besarnya, masjid ini bahkan memiliki perpustakaan, lembaga pendidikan islam, dan lift yang khusus diperuntukan untuk kaum difabel.

Pasti Anda ingin singgah ke masjid yang beralamat di Pereulok Vypolzov, 7, Moskva, Russia ini kan?

 

6. Mezquita de Cordoba, Masjid Termegah Di Eropa Spanyol


Image source : https://www.flickr.com

Seperti yang kita tau bersama, masjid ini telah diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia di tahun 1994 lalu. Penyebabnya tak lain adalah bangunan ini merupakan saksi bisu dari puncak kekuasaan islam di Spanyol pada masa pemerintahan Dinasti Umayyah.

Masjid ini tetap berdiri kokoh dan terawat dengan baik hingga sekarang. Meskipun begitu, mungkin Anda tak akan menyangka bukan, bahwa masjid ini sempat menjadi sebuah katedral seiring dengan adanya kristenisasi di abad 16?

Tapi tenang saja kok, bangunan yang beralamat di Calle Cardenal Herrero, 1, Cordoba, Spain ini sekarang sudah kembali menjadi masjid kok! Penasaran dengan era keemasan dinasti Umayyah? Mampir ke masjid megah yang satu ini yuk!

 

7. Cologne Central Mosque, Masjid Termegah Di Eropa Jerman


Image source : https://www.flickr.com

Pernah mampir ke sekitaran Venloer Str. 160, Koln, Germany? Bila iya, Anda pasti sudah pernah melihat uniknya bangunan masjid ini dari luar.

Tidak seperti masjid pada umumnya, masjid yang satu ini berbentuk seperti sebuah globe dengan dinding transparan yang berdiri kokoh. Meskipun bentuknya out of the box, kapasitasnya yang mampu menampung hingga 10.000 jamaah ini tentu tidak dapat dipandang sebelah mata ya!

Meskipun pada awal mulanya masjid ini mendapat banyak respon penolakan dari warga sekitar, berkat ikhtiar positif yang dilakukan secara serius, pembangunan masjid terbesar di Jerman inipun akhirnya sukses dilakukan. Dan kini, masjid ini dapat menjadi salah satu pilihan utama saat Anda ingin shalat berjamaah di negri Jerman suatu hari nanti.

 

8. Sultan Ahmed Mosque, Masjid Termegah Di Eropa Turki


Image source : https://www.flickr.com

Masjid biru ini merupakan pusat kekuasaan Konstantinopel dimasa lalu, yang masih kokoh berdiri hingga sekarang. Meskipun warnanya sudah tidak sebiru dulu, bangunan yang memiliki 2 pintu masuk dan keluar ini masih cukup nyaman untuk melaksanakan shalat dan berbagai kegiatan keagamaan.

Ingin mampir ke masjid yang beralamat di Sultan Ahmet Mahallesi, Atmeudani Cd, No 7 Fatih/Istanbul, Turkey ini? Jangan sampai salah masuk pintu ya! Disini turis muslim disarankan untuk memasuki masjid dari pintu sebelah barat. Dan untuk Anda yang non-muslim, sebaiknya langsung menuju ke pintu utara saja ya. Alasannya, di pintu barat, Anda akan langsung menjumpai tempat untuk melakukan Shalat yang memang sengaja dirawat hingga hari ini oleh pemerintah setempat.

 

9. Saint Petersburg Mosque, Masjid Termegah Di Eropa Rusia


Image source : https://www.flickr.com

Sebagian orang menganggap bahwa masjid yang diarsiteki oleh Nikolay Vasilyew di 1910 ini terinspirasi dari masjid biru di Turki. Meskipun begitu, masjid yang sama-sama bernuansa biru di banyak sudut bangunannya ini, memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri semisal dengan hadirnya menara setinggi 39 meter dan menara kembar setinggi 49 meter.

Ingin mampir kesini? Mampir saja ke Kronverkskiy Prospekt, 7, Sankt-Petersburg, Russia. Catat baik-baik alamatnya ya!

 

10. Islamisches Zentrum Wien, Masjid Termegah Di Eropa Austria


Image source : https://www.flickr.com

Anda sedang berwisata di Wina? Mampir saja ke rumah ibadat yang juga merupakan islamic center di ibukota Austria ini! Disini, Anda dapat sholat di masjid yang dapat menampung hingga 2.000 jamaah di 3 lantai gedung nya, dan melihat keindahan menara berdiameter 20 meter dan berdiri kokoh dengan ketinggian 32 meter dari permukaan tanah.

Berkunjung ke masjid ini saat bulan ramadhan? Jangan kaget dengan pelaksanaan tarawih yang mengadaptasi 2 mahdzab sekaligus ya! Disini, lantai atas digunakan untuk mereka yang bermahdzab tarawih 11 rakaat termasuk dengan witir, dan bagian bawah yang terbiasa tarawih dan witir sebanyak 23 rakaat. Toleransi mahdzab yang unik bukan?

 

Oke, itulah tadi artikel kami tentang 10 masjid termegah di Eropa yang bikin nyaman. Anda ingin mencoba sensasi kenyamanan beribadah di masjid-masjid tadi? Rencanakan liburan Anda bersama H.I.S Travel Indonesia sesegera mungkin yuk! Terimakasih telah menyimak, sampai jumpa lagi di moment berikutnya ya!

 

Top image source : https://www.flickr.com

Sebarkan Artikel