Mau Liburan ke Jepang? Yuk Belajar Cara Makan Shabu-Shabu!
31-07-2019
HIS Travel
Mau Liburan ke Jepang? Yuk Belajar Cara Makan Shabu-Shabu!
Food
Sebarkan Artikel

Apakah travel mates sebentar lagi akan pergi ke Jepang? Sebelum berangkat ke Jepang, apakah travel mates mengenal yang namanya Shabu-Shabu? Shabu-Shabu bukanlah jenis narkoba sabu-sabu ya travel mates, melainkan salah satu jenis makanan khas Jepang yang wajib sekali untuk dicoba. Nah jika travel mates ingin menikmati Shabu-Shabu ketika nanti berada di Jepang, tentu saja harus tahu ya bagaimana cara makannya. Pada kesempatan kali ini, kami HIS Travel Indonesia akan memberikan tips mengenai cara makan shabu-shabu yang benar. Bagaimana sih? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Apa sih Shabu-Shabu itu?

Gambar terkait

images source : pinterest

Sebelum memgetahui bagaimana cara makan dari Shabu-Shabu, kali ini kami akan memberikan informasi kepada travel mates apa itu Shabu-Shabu terlebih dulu. Shabu-Shabu adalah salah satu jenis makanan khas Jepang, yaitu merupakan daging yang diiris tipis-tipis kemudian cara makannya adalah daging sapi yang mentah itu dilelupkan berkali-kali ke dalam panci yang berisi kaldu hingga daging itu matang dan disantap bersama dengan saus tare.

Untuk daging yang digunakan dalam Shabu-Shabu sendiri beraneka ragam ya, namun yang paling sering dan umum digunakan adalah daging sapi. Sedangkan selain daging sapi beberapa jenis daging lainnya juga sering digunakan seperti daging babi, daging ayam, berbagai macam ikan seperti ikan buntak, ikan tai, gurita, hingga snow crab. Daging dari Shabu-Shabu itu nantinya akan dimakan bersama berbagai jenis sayuran seperti misalnya bawang, sawi putih, wortel yang diiris tipis, jamur 9jamur shitake, enoki), tahu, dan masih banyak lagi varian sayuran lainnya.

Cara makan Shabu-Shabu

Nah setelah mengetahui ap itu Shabu-Shabu, sekarang kami akan mengajak travel mates untuk makan Shabu-Shabu ya. Let’s eat together!

1. Menunggu kuahnya mendidih

Hasil gambar untuk shabu shabu japan

images source : Experience JAPAN with YUKA

Nah biasanya di kebanyakan restaurant Jepang, kuah yang digunakan untuk memasak Shabu-Shabu adalah dashi jiru yang berisi kaldu, dan juga kombu atau jenis ganggang laut. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan mencelupkan dagin ke dalam kuah mendidihnya. Dan cara mencelupkannya pun dengan sedikit diayun-ayunkan sehingga dikenal sebagai shabu-shabu.

2. Dicelupkan ke dalam saus

Hasil gambar untuk shabu shabu japan

images source : Just One Cookbook

Cara makan dari shabu-shabu yang kedua adalah dengan mencelupkan daging yang tadi sudah dicelupkan ke dalam kuah kaldu yang mendidih dan sudah setengah matang atau matang, kemudian dicelupkan ke saus yaitu saus tare dan yakumi. Dengan mencelupkan daging ke dalamnya maka akan membuat cita rasanya menjadi semakin unik dan juga menambah kelezatan.

3. Makan makanan penutup – Shime

Hasil gambar untuk shabu shabu jepang shime

images source : pinterest

Nah mungkin masih banyak dari travel mates yang tidak mengetahuinya, ketika mencoba makan shabu-shabu maka travel mates juga bisa makan-makanan penutup. Nah biasanya shabu-shabu ini dimakan menggunakan nasi juga yaitu dimana ketika dashi jiru masih tersisa. Maka nasi dimasukkan ke dalam dashi jiru dan kemudian direbus hingga nasi menjadi lunak. Mungkin bagi travel mates yang menyukai bubur maka akan suka dengan shime karena teksturnya menyerupai bubur.

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan kepada travel mates mengenai bagaimana makan shabu-shabu. Jika ingin mengkonsumsi shabu-shabu dan makanan Jepang lainnya maka kami sarankan supaya travel mates menggunakan jasa HIS Travel Indonesia ya!

Sebarkan Artikel