Pengalaman Seru Mencicipi Kelezatan Seolleongtang, Sup Tulang Sapi Korea Yang Menggoda
18-12-2018
HIS Travel
Pengalaman Seru Mencicipi Kelezatan Seolleongtang, Sup Tulang Sapi Korea Yang Menggoda
Food
Sebarkan Artikel

Liburan ke luar negeri memang selalu mengasyikan. Terlebih, bila dilakukan di waktu luang dan dilakukan untuk mencari pengalaman baru. Pasti ada saja hal-hal yang terlupakan, meskipun hanya sekedar pengalaman mencicipi kelezata Seolleongtang, sup tulang sapi korea yang cita rasanya menggoda.

Iya, hidangan yang barusan kami sebutkan, baru satu dari sekian jenis banyak hidangan khas Korea Selatan. Saat kamu nanti berlibur kesana bersama H.I.S Travel Indonesia pun, kamu juga bisa kok turut mencoba sensasi kelezatan Seolleongtang yang terkenal lezat itu!

Namun, bilapun kamu ingin tau dan penasaran dengan review menu khas olahan tulang sapi ala Korea tadi, Travel Mates bisa kok menyimak artikel yang mengulas tentang pengalaman seru mencicipi hidangan tersebut! Penasaran? Yuk kita simak!

 

Mencicipi Kelezatan Seolleongtang, Pastilah Salah Satu Hal Yang Harus Dicoba Saat Berwisata Ke Korea Selatan!

image source : https://www.flickr.com/photos/pabo76/2913150097/

Pergi ke Korea Selatan tanpa mencicipi hidangan istimewa yang bisa dijumpai disana? Masa sih? Memangnya kamu tidak penasaran dengan citarasa khas makanan orang sana? Pasti beda loh, dengan yang ada di Indonesia!

Contohnya saja, sup tulang sapi korea yang sering disebut Seolleongtang. Dari pertama kali kamu melihatnya saja, pasti Travel Mates sudah penasaran dan ingin segera merasakan sensasi kelezatannya! Ya kan?

Terlebih, di musim dingin seperti moment liburan akhir tahun ini. Pasti deh ingin mencari menu makanan yang hangat-hangat!

Bila memang sedang mencari menu makanan hangat, mencicipi kelezatan Seolleongtang adalah pilihan yang tepat! Tidak percaya? Coba saja sendiri! Pasti ketagihan!

 

Dahulu Kala, Seolleongtang Bernama Seonnongtang Loh! Dan Ini Masuk Kategori makanan Sakral!

image source : https://www.flickr.com/photos/petermerelis/5698181221/

Bila diurut secara tata Bahasa Korea, nama kuliner ini diserap dari kata Seonnongtang. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, di zaman dulu, makanan lezat ini kerap kali dihidangkan untuk menjamin kelancaran ritual upacara Sangsin yang ditujukan agar doa kelimpahan panen di tahun berikutnya dapat segera dikabulakn.

Jangan salah menerka dulu ya, sup ini bukan dihidangkan kepada dewa kok! Melainkan, untuk dimakan bersama-sama para petani dan penduduk Jeoson yang secara khusus diundang oleh raja.

Seiring berjalan nya waktu, hidangan ini pun berganti nama, dari Seonnongtang menjadi Seollongtang. Dan Hingga kini, nama Seoleongtang inilah yang dirasa paling mudah dilafalkan dan tetap dilestarikan untuk menyebut hidangan lezat berbahan dasar tulangan sapi ini.

Cerita yang menarik ya, Travel Mates!

 

Proses Persiapan Pembuatan Hidangan Yang Memerlukan Waktu Antara 2 Hingga 3 Jam

image source : https://www.flickr.com/photos/mattweibo/5617999897/

Sedari dulu, hidangan sup tulang sapi korea ini tidak banyak mengalami perubahan dalam prosesi memasaknya. Sebelum dapat mencicipi kelezatan Seolleongtang yang konon bumbunya hanya garam saja ini, juru masak harus menyiapkan kuah kaldu selama berjam-jam!

Untuk kuah kaldu sapi tersebut memang masih dibuat secara manual, dan ini dipertahankan secara turun temurun demi kualitas hidangan sup Seolleongtang yang otentik. Prosesnya cukup sederhana, hanya memasukan tulang di air, lalu rebus hingga kuah kaldu terbentuk.

Dan biasanya, ini memerlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam setelah air berhasil didihkan. Meskipun prosesnya masih manual dan memakan waktu yang cukup lama, hasilnya ternyata cukup sepadan kok! Selanjutnya potongan daging dimasukan hingga menjadi lunak. Untuk proses ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing sih. Tapi, biasanya semakin empuk daging, pasti akan lebih lezat!

 

Seolleongtang Cukup Digemari Oleh Penduduk Lokal Dan Para Wisatawan

image source : https://www.flickr.com/photos/roboppy/8927402654/

Setelah menjalani prosesi panjang, biasanya Sup Seolleongtang tetap dijaga kehangatannya oleh si penjual. Bila nanti ada yang memesan, penjual akan menyajikan hidangan lezat ini bersama dengan mie dan beberapa taburan daun bawang. Tak lupa, nasi pun turut dihidangkan sebagai teman pelengkap dalam menikmati sajian istimewa yang masuk ke dalam list menu utama ini.

Meskipun hidangan sup sapi relative mudah dijumpai di negara manapun terlebih di Asia, ternyata sup ini masih cukup digemari oleh wisatawan asing dari benua manapun loh! Tentu dengan catatan bila mereka tidak masalah dengan hidangan berbahan baku daging sapi ya!

Jadi, bilapun nanti kamu mengantri saat ingin mencicipi kelezatan Seolleongtang jangan terkaget-kaget dengan ramainya antrian! Rasa sajian ini lezat sih!
 

Pemeluk Agama Islam Tak Perlu Sungkan Loh Untuk Mencicipi Kelezatan Seolleongtang! Makanan Ini Masuk Kategori halal!

image source : https://www.flickr.com/photos/chemistry-d300/4606566240/

Bagi pemeluk agama islam yang ada di Indonesia, berlibur ke Korea Selatan memiliki tantangan tersendiri. Betapa tidak? Di Korea kan banyak hidangan non halal yang bertebaran!

Beruntung ada hidanganan lezat semisal sup Seolleongtang yang terbuat dari daging sapi dan bahan-bahan halal lain. Dengan begini, kamu yang beragama muslim jadi ada alternative deh bila ingin mencicipi hidangan khas Korea Selatan secara langsung!

Harganya memang tidak semurah sup tulang sapi yang ada di Indonesia. Namun, pengalaman seru mencicipi kelezatan Seolleongtang pasti tidak akan terlupakan! Setelah pesan, langsung habiskan ketika hidangan masih dalam kondisi hangat ya! Pasti rasanya sungguh mantap!

 

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang pengalaman seru mencicipi kelezatan Seolleongtang, Sup tulang sapi Korea yang cita rasanya menggoda. Bagaimana? Sudah mulai tergambar tentang kelezatannya? Bila sudah tidak sabar mencicipinya, segera masukan menu makanan tadi ke list to do kamu yuk!

Selanjutnya, rencanakan lah moment liburanmu ke Korea Selatan bersama H.I.S Travel Indonesia sesegera mungkin! Ajak teman atau kekasih juga boleh! Bersama kami, liburan ke Korea Selatan pasti akan terasa lebih menyenangkan!

Sebarkan Artikel