Mencicipi Nikmatnya Yakitori
11-12-2018
HIS Travel
Mencicipi Nikmatnya Yakitori
Food
Sebarkan Artikel

Ketika kita berlibur ke luar negeri maka yang tidak boleh dilupakan adalah mencicipi makanan khasnya. Karena seperti yang travel mates ketahui jika makanan di setiap daerah tentu saja memiliki ciri khas yang berbeda dan mungkin di negara sendiri kita tak bisa menemuinya. Oleh karena itu jika travel mates sedang berlibur ke luar negeri maka jangan lupa untuk mencoba makanan setempat. Jika travel mates sedang berlibur ke Jepang, maka kami menyarankan supaya travel mates mencoba untuk makan Yakitori. Yuk mencicipi nikmatnya yakitori! Bagaimana rasanya? Simak ulasannya di bawah ini!

Apa itu yakitori?

Hasil gambar untuk yakitori

image source : HuffPost

 Sebagai masyarakat Indonesia tentu saja travel mates sudah mengenal yang namanya sate bukan? Sate adalah makanan yang terbuat dari daging biasanya ayam atau kambing yang ditusuk menggunakan bambu dan kemudian dibakar. Jika di Indonesia kita mengenal sate, maka di Jepang juga ada makanan yang bernama sama yaitu Yakitori. Yakitori adalah salah satu makanan khas Jepang yang modelnya hampir sama seperti sate yang sering kita makan di Indonesia. Hanya saja ukuran potongan daging Yakitori ini lebih besar daripada sate yang umumnya kita makan di Indonesia.

Yakitori adalah sate khas Jepang yang biasanya menggunakan daging ayam. Selain menggunakan daging ayam biasanya Yakitori juga dicampir dengan potongan kulit, hatu, ampela, dan juga jantung ayam yang nantinya ditusuk menggunakan bambu dan dibakar di atas tepan atau arang. Biasanya satu tusuk Yakitori berisi 3 hingga 5 tusuk daging sate.

Tahukah travel mates jika selain daging ayam, ternyata yakitori di Jepang ini juga memiliki varian lainnya. Seperti misalnya saja ada yakitori dari daging babi, kemudian dari burung gereja, dan juga yakitori bentuk utuh tanpa dipotong kotak-kotak. Sudahkan travel mates tahu bagaimana rasa yakitori?

Macam-macam yakitori menurut daerahnya

Sekarang travel mates sudah mengetahui kan bagaimana yakitori itu. Walaupun begitu, yakitori di tiap daerah Jepang ternyata memiliki beberapa perbedaan lho. Tidak semua yakitori terbuat daari daging ayam dan bahkan cara penyajian atau pengolahannya pun juga berebeda. Berikut ini adalah beberapa infromasi yang bisa kami sampaikan kepada travel mates mengenai macam-macam yakitori menurut daerahnya masing-masing. Berikut adalah jenis-jenisnya :

  • Kota Hakodate dan Muroran

Hasil gambar untuk pork yakitori

image source : Top 40 Recipes

Di Prefektur Hokkaido tepatnya di kota Muroran dan juga Hakodate, biasanya daging yang digunakan untuk membuat yakitori bukanlah daging ayam melainkan daging babi. Selain itu dikota Muroran, biasanya lebih sering menggunakan bawang bombay yang nantinya dimakan bersamaan dengan mustard.

  • Kota Bibai

Hasil gambar untuk bibai yakitori

image source : TripAdvisor

Selanjutnya di kota Bibai yang merupakan bagian tengah dari Hokkaido. Yakitori ini sebelum dibakar tidak dicelupkan ke dalam bumbu saus saja. Namun hanya ditaburi garam saja, dan tusuk dari yakitori ini bisa merupakan campuran dari kulit, daging ayam, serta tulang muda atau yang lebih dikenal dengan monsu.

  • Kota Imabari

Hasil gambar untuk tepan yakitori

image source :  SAVOR JAPAN

Selanjutnya untuk di kota Imabari di Ehime merupakan satu kota yang memiliki tukang pembuat yakitori terbanyak di Jepang. Selain itu cara memasak Yakitori di kota ini tidaklah menggunakan arang maupun gas, namun masih menggunakan tepan atau hot plate.

Itu tadi beberapa infromasi yang bisa kami sampaikan kepada travel mates mengenai mencicipi nikmatanya yakitori. Jika ingin menajajal lebih nikmat, yuk liburan bareng HIS Travel Indonesia!

 

Sebarkan Artikel