Mengapa Liburan Itu Penting?
27-05-2019
HIS Travel
Mengapa Liburan Itu Penting?
People & Culture
Sebarkan Artikel

Traveling pastinya adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Apa lagi kalau kamu sedang berselancar di sosial media melihat foto-foto traveling teman-temanmu, atau melihat vlog yang sedang berada di tempat yang indah. Tidak heran dari dua hal tersebut sering menjadi "racun" tersendiri untuk membuat diri kita berkeinginan untuk pergi ke tempat-tempat yang mereka datangin. Namun, tidak sedikit juga banyak orang yang tidak bisa liburan dengan alasan tidak memiliki uang atau tidak memiliki waktu karena sibuk bekerja atau kuliah.


Tapi nyatanya liburan itu sangat penting untuk diri kita. Walaupun traveling sering dikaitkan dengan biaya yang besar serta waktu cuti yang panjang, faktanya Travel Mates juga masih bisa untuk menjelajah atau liburan dengan sedikit uang dan sedikit waktu luang. 
Karena ada saatnya kita sebagai manusia tidak sepenuhnya selalu bekerja atau mengerjakan tugas. Karena liburan adalah sesuatu yang cukup penting dan banyak manfaat dari sebuah liburan itu sendiri.

Lalu mengapa Traveling itu penting? Dan bagaimana cara traveling walaupun tidak memiliki banyak uang dan sedikit waktu? Yuk simak di bawah ini, Travel Mates!

1. Traveling Adalah Ganti Suasana
Kalau Travel Mates selama ini berpikir bahwa traveling itu harus jalan-jalan atau memilih destinasi yang eksotis, ke luar negeri, atau memiliki dana yang besar, mari ubah dulu mindset tersebut. Karena nyatanya traveling itu tidak melulu persoalan Bali, Raja Ampat, Singapur, atau Jepang. 
Makna dari traveling itu sendiri sebenarnya adalah untuk ganti suasana atau mengembalikan suasana seperti semula. Dari kamu yang sepanjang minggu berkutat dengan tugas kuliah atau kerjaan di belakang meja, cobalah untuk melihat pemandangan lain. Berjalanlah keluar dan nikmati suasana yangberbeda. Tidak harus jauh. Bisa seperti pergi ke kota yang letaknya hanya satu atau dua jam dari tempat tinggalmu, kamu sudah bisa melepas kepenatan yang menumpuk selama seminggu kok, Travel Mates.


2. Jangan Menunggu Untuk Traveling
Ingat Travel Mates, masa mudamu tidak datang dua kali. Fokus pada tugas atau pekerjaan yang ada saat ini sama sekali tidak salah. Namun jika terus menerus seperti itu, apakah kamu tidak bisa meluangkan waktu dua hari atau bahkan sehari saja untuk meluangan waktu dan kemas barang-barangmu sejenak untuk memanjakan diri kamu sendiri. Kalau kamu selama ini berpikir traveling hanya untuk orang yang sudah mapan dan punya banyak waktu laung, jangan menyesal ketika kamu sudah bertambah tua baru terasa bahwa masa muda kamu habis begitu saja. 
Justru di waktu muda seperti sekarang lah, selagi tenagamu masih utuh, selagi semangatmu masih penuh, gunakan untuk mencari pengalaman-pengalaman baru yang bisa menambah wawasan dan membentuk diri kamu. Buat rencana perjalananmu, tidak harus selalu sendiri, ajak teman-temanmu, dan diskusi tempat mana yang paling cocok untuk kalian.


3. Manfaat Kesehatan Dari Traveling
Membantu menurunkan depresi, memperpanjang hidup seseorang, meningkatkan kualitas tidur, mencerahkan pikiran, sampai meningkatkan produktivitas kerja adalah manfaat-manfaat dari traveling. Nyatanya banyak orang menyesali tidak traveling di masa muda, lalu stres, dan baru menyadari traveling di masa muda itu selain menambah pengalaman juga banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi mari buat rencana liburanmu bersama teman, keluarga, atau orang tercinta dalam hidupmu dan habiskan waktu bahagia kamu bersama mereka dengan traveling. Terdengar sangat seru bukan?


4. Jauhkan Alasan Waktu
Kalau kamu selama ini selalu beralasan dengan terlalu sibuk maka tidak sempat untuk traveling, maka alasan tersebut harus kamu pikirkan kembali. Masa iya kamu kerja tujuh hari seminggu non-stop? Rasanya kalau iya, bisa jadi manajemen waktu kamu selama ini yang kurang oke, jadi kamu harus bekerja juga di hari libur.
Traveling tidak melulu soal tidak ada waktu, kamu cukup mengalokasikan banyak waktu untuk traveling. Contohnya adalah mengalokasikan waktu kamu sehari hanya dalam beberapa jam saja. Seperti keliling naik sepeda bersama teman atau keluarga, pergi ke pantai, one-day trip ke kota terdekat, atau jelajah kuliner khas di kota kamu sendiri.
Hal-hal di atas mungkin bagi kamu terlihat sepele, tapi nyatanya dengan begitu kamu sudah bisa dikatan traveling lho, Travel Mates. Dari hal tersebut juga kamu bisa mendapatkan pengalaman berharga bahwa banyak tempat disekitar kita yang bagus. Atau kamu bahkan sudah bisa membuat momen indah bersama orang tersayang tanpa menguras banyak waktu atau isi dompetmu. Menarik, bukan?


5. Sesungguhnya Traveling Adalah Hadiah Untuk Diri Sendiri
Travel Mates sudah bekerja keras sepanjang minggu, rasa-rasanya sudah seharusnya kita menikmati kerja keras tersebut dengan memberi hadiah ke diri sendiri. Misal stay vacation di hotel. Dengan menikmati waktu sendiri, kamu sudah sangat menghargai apa yang telah dilakukan selama seminggu. Ingat, Travel Mates. Traveling adalah hadiah yang membuat dirimu semakin kaya. Kaya dalam arti pengalaman atau lainnya itu kembali pada diri masing-masing. 


Sudah seharusnya kita bisa memberi batasan waktu pada saat bekerja dan traveling. Karena dengan cara traveling kamu bisa menikmati hidup dengan berbagai cara. Kalau kamu masih ada alasan lainnya, atau mindset yang masih membuat kamu tidak ingin traveling, mungkin selama ini kamu hanya cuma cari-cari alasan saja. Bukan, begitu?

 

Sebarkan Artikel