Mengenal BALUT Makanan Khas Filipina yang Ekstrim
03-12-2018
HIS Travel
Mengenal BALUT Makanan Khas Filipina yang Ekstrim
Food
Sebarkan Artikel

Salah satu hal yang harus kita lakukan ketika sedang berlibur ke negara lain adalah tentu saja dengan mencoba makanan khas dari negara tersebut. Karena makanan dari tiap negara yang ada di dunia ini tentu saja berbeda-beda dan tiap negara memiliki keunikan masing-masing mengenai kulinernya. Memang mungkin ada beberapa jenis makanan dari beberapa negara yang tidak cocok dengan lidah kita, namun tetap saja jika ada kesempatan untuk mencobanya kita harus mencobanya sehingga mengerti dan memahami bagaimana rasanya. Nah pada kesempatan kali ini HIS Travel Indonesia akan mengajak travel mates untuk mengenal BALUT makanan khas Filipina yang esktrim. Kenapa bisa disebut ekstrim? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Apa itu BALUT?

Hasil gambar untuk balut food

image source : CNN.com

Jika travel mates pergi ke Filipina maka wajib sekali untuk mencoba makanan khasnya bernama BALUT. Namun ketika mendengar kata ini jangan berharap muncul makanan yang terlihat enak dan membuat kita menjadi ingin tambah lagi. Mungkin ketika melihat wujudnya banyak dari travel mates yang langsung tidak nafsu makan. Seperti yang travel mates, balut sendiri terlihat sangat menjijikan dan mungkin membuat travel mates ingin muntah. Balut semndiri adalah makanan khas Filipina yaitu telur rebus yang isinya adalah embrio dari ayam atau bebek. Jadi Balut adalah telur yang berisi embrio dari bebek atau ayam yang sudah agak berwujud bebek atau ayam yang direbus.

Namun kita akan lebih banyak menemukan balut yang berisi embrio bebek. Karena masyarakat Filipina lebih menyukai balut bebek karena dianggap balu bebek memiliki rasa yang lebih gurih daripada balut ayam. Jika ingin membeli balut, maka biasanya kita bisa menemukannya di pinggiran jalan atau di rumah makan dengan harga yang murah. Untuk mendapatkan balut kita hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 2 peso atau jika dirupiahkan sekitar 6 ribu saja. Murah kan? Tapi tega makannya?

Bagaimana proses pembuatan BALUT?

Hasil gambar untuk balut food

image source : Food & Wine Magazine

Jika travel mates ingin mengenal BALUT makanan khas Filipina yang esktrim maka tentu saja selain harus mencoba makanannya, travel mates harus tahu bagaimana prosesnya. Biasanya telur bebek atau telur ayam akan dierami selama kurang lebih 14 hingga 21 hari sampai muncul janin bebek ataupun ayam. Jika sudah mencapai waktu yang telah ditentukan maka bisa langsung direbus hingga menjadi matang dan bisa disantap secara langsung dari cangkangnya. Mungkin banyak yang belum mengetahui, namun semakin lama proses inkubasi maka embrio bebek akan terlihat semakin jelas menyerupai anak bebek. Biasanya ketika masa pengeraman telur diatas 18 hari sudah ada yang muncul bulu. Geli ya!

Tradisi makan BALUT di Filipina

Hasil gambar untuk balut food

image source : Business Insider

Walau mungkin terlihat sangat menjijikkan faktanya banyak orang Filipina yang menyukai makan BALUT INI. Karena makan balut merupakan salah satu tradisi di Filipina yang sudah turun temurun sejak jaman nenek moyang. Walaupun bentuknya sangatlah menjijikan dan mungkin membuat travel mates ingin muntah namun rasanya sangat enak. Banyak orang yang telah mencobanya ketagihan karena rasanya seperti sup ayam atau bebek yang gurih. Jadi apakah travel mates berani untuk mencoba makan BALUT ketika nanti berlibur ke Filipina? Jika iya maka travel mates bisa langsung membelinya di sepanjang jalan kota di Filipina.

Sekarang travel mates sudah mengenal BALUT makanan khas Filipina yang ekstrim bukan? Jika travel mates ingin pergi ke Filipina dan mencoba balut maka jangan sampai lupa untuk menggunakan jasa HS Travel Indonesia ya. Semoga artikel yang kami berikan berguna dan bermanfaat bagi travel mates!

Sebarkan Artikel