Mengenal keunikan makanan dan oleh - oleh khas Swedia
14-07-2020
HIS Travel
Mengenal keunikan makanan dan oleh - oleh khas Swedia
Food
Sebarkan Artikel

Negara Swedia merupakan Negara yang terkenal dengan berbagai produk, salah satunya produk Mobil bermerk Volvo. Negara ini juga memiliki berbagai macam kuliner yang lezat dan juga unik. Mulai dari Smorgasboard, Gravalax, Kottbullar, hingga Lingon berry yang segar untuk dinikmati. Berikut ini makanan - makanan  khas Negara Swedia yang bercita rasa dan juga lezat untuk dinikmati :

Tunna Pannkakor

image source : https://www.haipedia.com/Kuliner-Swedia/

Makanan ini merupakan Crepes yang dibuat tipis, disajikan dengan Whipped cream serta topping buah yang segar. Makanan ini biasanya dijadikan sarapan pagi penduduk Swedia. Makanan ini juga merupakan makanan terbaik di Negara Swedia.


Kaldolmar


image source : http://pernillaelmquist.com/2013/11/02/swedish-cabbage-rolls-kaldolmar/

Makanan tradisional penduduk Swedia Kuno ini merupakan daging cincang  yang telah dibumbui, dan dimasukkan kedalam gulungan Kubis (kol) yang sudah direbus terlebih dahulu. Makanan ini biasananya disajikan dengan potongan kentang rebus dan juga saus lingonberries yang segar.
 

Isterband

image source : https://www.superadventure.co.id/news/19209/temukan-keunikan-swedia-di-8-pilihan-kulinernya-yang-memiliki-kenikmatan-tiada-tara/

Makanan ini berbahan dasar daging sosis yang memiliki rasa sedikit asam. Bahan dasar daging sosis ini berasal dari bagian Selatan Negara Swedia, tetapi banyak juga yang menjual daging sosis ini diberbagai Supermarket yang ada di Swedia. Makanan ini biasanya disajikan dengan kentang yang sudah direbus terlebih dahulu, acar bit, dan disertai dengan mustard manis dan pedas.
 

Rakmacka

image source : https://www.superadventure.co.id/news/19209/temukan-keunikan-swedia-di-8-pilihan-kulinernya-yang-memiliki-kenikmatan-tiada-tara/

​Makanan berupa Sandwich yang diberi topping udang dan memiliki cita rasa sangat unik. Makanan ini biasanya disajikan dengan telur rebus, sayuran, saus mayonaise, dan ditambah dengan irisan buah lemon segar, dan juga. Makanan ini juga sangat terkenal sebagai menu makan siang yang sangat disukai oleh para warga di Swedia.
 

Blodpudding Lingon Med

image source : https://www.jualanmakanan.com/tag/risalamande/

Merupakan makanan khas Swedia yang unik dan lezat. Makanan ini terbuat dari darah babi dan tepung. Makanan ini banyak dijual di berbagai Supermarket yang ada di Swedia. Makanan ini biasanya dipotong dan digoreng menggunakan mentega dan juga disajikan dengan lingonberries.

Negara Swedia merupakan salah satu tempat wisata yang banyak juga dikunjungi oleh wisatawan dunia, salah satunya di kota Stockholm yang termasuk kota terbesar di Swedia. Selain terkenal dengan berbagai tempat - tempat wisata menarik dan terkenalnya, negara Swedia juga dikenal dengan kerajinan tangan penduduknya dalam membuat souvernir yang menarik untuk dijadikan oleh - oleh khas Negara Swedia. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi oleh - oleh khas Swedia yang dapat Travel Mates beli ketika berlibur ke Swedia :

Polkagris 


image source : https://alowisata.com/oleh-oleh-khas-swedia

Polkagris sama dengan permen lolipop pada umumnya, permen ini sangat populer di Negara Swedia. Permen ini berwarna merah dan putih dan memiliki rasa peppermint. Permen ini juga menyediakan berbagai warna dan varian rasa. Polkagris juga suka dijadikan sebagai oleh - oleh khas Negara Swedia oleh para wisatawan yang berkunjung ke Negara Swedia ini.

Dalhast atau Dalecarlian Horse


image source : https://www.scandinavianobjects.com/somaterial/dalahast/dalahast-handicraft-dalarna-sweden.html

Salah satu produk kerajinan tangan tradisional khas Swedia. Dalahäst berupa ukiran berbentuk kuda yang terbuat dari kayu dan diwarnai hingga tampak cantik. Seuvenir ini juga dikenal dengan nama Dalecarlian HorseDala Horsedan juga menjadi Simbol dari mainan anak negara Swedia.  Produk kerajinan tangan tradisional ini dijual dengan harga sekitar 5 - 10 euro. Akan tetapi produk Dalahäst yang benar-benar langsung hasil dari tangan para pengrajin biasanya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi sekitar 30 euroTidak hanya dalam bentuk ukiran langsung, Dalahäst juga dapat dibeli dalam berbagai bentuk ainnya seperti gantungan kunci atau motif khas dari sebuah produk lainnya.

Falsterbotofflor


image source : https://www.facebook.com/Falsterbotofflan/

Mencari produk oleh-oleh khas Swedia yang tidak hanya cantik tapi juga bisa digunakan sehari-hari, kenapa tidak membeli Falsterbotofflor saja. Falsterbotofflor merupakan alas kaki tradisional Swedia yang terbuat dari kayu. Produk ini berasal dari wilayah menawan di selatan negara Swedia, tepatnya di wilayah yang sama dengan lokasi Falsterbo Horse Show diselenggarakan setiap tahun. Berbeda dengan jenis alas kaki lainnya yang biasanya ditemukan di toko suvenir, Falsterbotofflor dibuat dengan tangan langsung oleh pengrajin Negara Swedia, begitu juga pada segi pewarnaan. Sebelum berpindah ke lokasi - lokasi wisata di Swiss, membeli beberapa pasang Falsterbotofflor tentu direkomendasikan. Falsterbotofflor tersedia dalam berbagai ukuran, yakni ukuran untuk dewasa dan juga untuk anak-anak. 

 

 

Sebarkan Artikel